DIY&Craft – Lipatan Origami memang sebuah kesenian tangan yang dapat membentuk banyak bentuk objek dengan sangat indah, produk-produk hasil dari kesenian ini juga bisa dipadukan atau dijadikan sebuah hiasan yang sangat unik dan berbeda. Seperti yang akan Artforia bagikan informasinya mengenai pembuatan hiasan dinding dari lipatan Origami dari Grace Bonney, lihatlah panduan intruksi pembuatannya dibawah ini.

Simak Juga : Panduan Membuat Penghapus Berbentuk Kawaii

Hiasan Dinding Dari Lipatan OrigamiAlat yang dipersiapkan dalam membuatnya.

  • Kertas Origami atau kertas lainnya yang bertexture cukup keras dipotong menjadi persegi. (Saya suka menggunakan rentang berat kertas antara 120 dan 150gsm yang lebih tebal dari kertas origami standar. Menggunakan kertas yang lebih tebal tentu lebih mempermudah pembuatan dan juga texturenya lebih kuat. Dalam tutorial ini, pembuat menggunakan sekitar 100 lembar, tapi anda bisa dimulai dengan jumlah yang lebih kecil.
  • Lem PVA
  • Clear tape
  • Kardus / Karton
  • Pisau atau pisau bedah
  • Sebuah alas khusus memotong (Cuttingmad)
  • Paper Creaser
  • Wadah kecil
  • Sebuah lem oles
  • Frame photo sesuai selera anda

Hiasan Dinding Dari Lipatan OrigamiCara dalam membuatnya.

1. Potong karton / kardus ke dalam ukuran yang sesuai untuk bingkai yang telah anda persiapkan dan dengan pensil secara halus tandai area yang ingin anda isi dengan origami.

Hiasan Dinding Dari Lipatan Origami2. Lipat kertas origami secara modular. Untuk instruksi lipat selangkah demi selangkah, silakan tonton video yang tersedia di bawah ini. Terdapat sekitar 100 lembar kertas yang dilipat dalam tutorial ini, tapi tentunya anda bisa membuat kurang atau lebih, sesukanya.

3. Setelah selesai melakukan proses langkah kedua sekarang mari kita mulai perakitan. Pertama anda harus menyambungkan tiga buah lipatan yang disiapkan untuk membuat sebuah piramida. Dari situ, anda bisa mengaitkan masing-masing potongan membentuk bentuk segi enam yang dibentuk dengan enam piramida. Ulangi prosesnya sampai anda mengisi permukaan karton / kardus yang tadinya telah ditandakan. Selama proses ini, Anda dapat bereksperimen dengan kombinasi warna sesuai dengan imajinasi dan selera anda. Lihatlah video dibawah ini untuk lebih jelasnya.

4. Sekarang saatnya anda dengan hati-hati mengubah keseluruhan struktur secara terbalik. Bagian belakang dari struktur piramid yang telah disambungkan menghadap kearah anda. Gunakan plester bening untuk memperkuat setiap ujungnya, lalu oleskan lem PVA. Balikkan semuanya terbalik lagi. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkannya tergelincir saat membalikannya, Jika dalam proses memberikan lem terjadi kesalahan usap lem berlebih atau tumpah dengan lap basah yang bersih, lalu biarkan lem PVA kering dan struktur menempel dengan kuat pada bingkai. Lihatlah video lagi untuk lebih jelasnya dibawah ini.

5. Waktu pengeringan biasanya 1-2 jam dan anda bisa melakukan apa saja sambil menunggu hiasan dinding hasil karya anda sendiri siap untuk dipajangkan!.

%d bloggers like this: