Berita Entertainment Jepang – Tanah air kembali dibuat bangga setelah gitaris asal Yogyakarta berhasil memborong gelar di sebuah ajang seni yang bernama Japan International Ensemble Guitar Festival ke-30. Prestasi ini tidak hanya diraih oleh satu atau dua orang saja namun diraih oleh delapan gitaris muda Indonesia yang berbakat. Japan International Ensemble Guitar Festival sendiri merupakan sebuah program tahunan yang diselenggarakan oleh asosiasi Japan Guitar Ensemble dalam bentuk sebuah Lokakarya, kompetisi dan juga festival dengan mengundang beberapa grup gitar ensemble dari beberapa negara dan salah satunya adalah Indonesia.

Gitaris Klasik Asal Jogja Raih Prestasi Di Jepang

image : goodnewsfromindonesia.id

Simak Juga : Makita Mashiro Akan Rilis Single Keduanya Bulan Juli

Gitaris Klasik Asal Jogja Raih Prestasi Di Jepang

image : twitter.com/kbritokyo

Para pemenang tersebut adalah Duo Rocky yang berhasil menjadi juara pertama sekaligus meraih gelar Best Duo, kemudian ada Nocturnal Quartet yang berhasil meraih juara tiga dan memenangkan Harumi Award yang merupakan penghargaan untuk Best Performance of a Modern Guitar Piece, kemudian terakhir adalah Nabita Guitar Duo yang berhasil mendapatkan penghargaan Best Student Award.

Japan International Ensemble Guitar Festival memang merupakan tolak ukur bagi perkembangan dunia musik gitar klasik yang khususnya daerah Asia, terdapat 4 grub ensemble gitar dari Indonesia yang menghadiri ajang tersebut yaitu Nocturnal Guitar Quartet, Duo Nabita, Duo Rocky dan Duo Anantara. Perwakilan mereka ini menjadi pertama kalinya sejak 30 tahun acara yang disingkat menjadi JIEGF ini diselenggarakan.

Gitaris Klasik Asal Jogja Raih Prestasi Di Jepang

image : liputan6.com

Menurut informasi yang didapatkan oleh pihak jurnalis dari Liputan6, setelah kompetisi berakhir para pemenang akan menggelar sebuah konser kebudayaan dalam rangka 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS) di Tokyo tanggal 27 Juni mendatang. Selain itu, sebuah konser kepulangan akan digelar di Yogyakarta pada tanggal 18 Juli 2018 mendatang.

Kesuksesan ini juga membawa negara Indonesia masuk kedalam peta gitar klasik Asia, membuat Indonesia diakui memiliki bakat-bakat seni gitar klasik yang berkualitas tinggi. Selamat bagi para pemenang! semoga semakin banyak para pemuda-pemuda Indonesia yang dapat berprestasi di negeri sakura.

Source : Liputan6

%d bloggers like this: