9

Seni Budaya Jepang –  Satsuma Kiriko (薩摩切子) adalah sejenis kerajinan kaca potong Jepang yang berasal dari pertengahan 1800-an. Awalnya diproduksi oleh klan Satsuma tetapi kerajinan tersebut hampir sepenuhnya musnah setelah perang yang menghancurkan wilayah tersebut. Saat ini ada beberapa studio dan pengrajin yang dengan setia membuat reproduksi dan salah satunya adalah Satsuma Vidro. Studio yang berbasis di Kagoshima baru-baru ini bermitra dengan desainer Shizuka Tatsuno pada merek baru peralatan makan kontemporer yang disebut GRAD, anggukan pada gradien yang dihasilkan dari kerajinan tersebut.

spoon-tamago.com
Simak Juga : Seniman Jepang Membuat “Children Of The Stars” Lampu Imut Yang Misterius

Karakteristik yang membedakan dari deretan grad ini adalah setiap bagian dibuat dari beberapa lapisan tebal kaca berwarna ringan. Potongan tebal kemudian dibuat menjadi kaca dengan kedalaman dan lebar yang secara alami menciptakan gradasi warna yang kaya.

spoon-tamago.com

Saat saya melihat kaca potong Satsuma Kiriko, saya terpesona oleh kedalaman gradasi yang dipantulkan di dalam dan melalui kaca,” kata desainer Shizuka Tatsuno. “Nuansa warna yang kontras di bagian potongan ditekankan sebagai filter cahaya melalui kaca, dan berkilau elegan saat diisi dengan air.”

spoon-tamago.com
spoon-tamago.com
spoon-tamago.com

Dengan harga masing-masing 30.800 yen ($ 290 usd), kerajinan kaca ini tidaklah murah, akan tetapi masing-masing dibuat dengan cermat dan profesional secara individual oleh seorang pengrajin dan desain serbaguna mereka membuatnya menjadi sempurna.

spoon-tamago.com

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

9
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: