Berita Lifestyle Jepang – Banyak orang yang mencari sebuah gaya hidup sehat dan juga bahagia dalam menjalani kehidupannya, mengikuti sebuah kebudayaan negara lain bukanlah menjadi hal yang sulit. Salah satunya adalah gaya hidup yang dilakukan oleh masyarakat Jepang dapat mengajarkan anda tentang cara hidup sehat dan juga bahagia. Berikut ini Artforia akan berbagi mengenai 7 hal gaya hidup orang Jepang yang dapat mengajarkan anda menikmati hidup dengan cara yang sehat.

Simak Juga : Cara Mencari Dan Mendapatkan Taxi Di Jepang

 

Diet Seafood

7 Gaya Hidup Jepang Yang Dapat Mengajarkan Anda Hidup Sehat Dan Bahagia

image : prezi.com

Orang Jepang sangat mencintai makanan seafood mereka. Menurut Dinas Perikanan Laut Nasional, konsumsi makanan laut di Jepang adalah 55,7 kilogram per kapita pada beberapa tahun terakhir ini pada data yang tersedia. Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat misalnya yang hanya tercatat 24,2 kilogram per tahun tentu angka tersebut menempatkan Jepang dalam urutan terbesar diantara negara-negara lain dalam hal konsumsi makanan laut. Yang lebih penting memakan ikan atau seafood lainnya memang memberikan banyak asupan protein dan juga omega 3 sehingga baik untuk pertumbuhan dan juga kinerja otak.

Manfaat makan ikan juga sangat banyak selain memberikan omega 3, mengkonsumsi ikan juga menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen. Lebih mencengangkan lagi, orang-orang tua yang memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi memiliki umur rata-rata 2,2 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi ikan. Diet dengan daing ikan juga terbukti meningkatkan mood dan mencegah beberapa jenis kanker.

Sistem Go Green

Gaya Hidup Jepang Yang Dapat Mengajarkan Anda Hidup Sehat Dan Bahagia

image : huffingtonpost.com

Mungkin sebagian dari anda berpikir bila Jepang merupakan negara yang modern dan metropolitan sehingga daerahnya dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi dan asap-asap pabrik, tentunya hal tersebut sangat salah besar. Jepang memang memiliki banyak gedung-gedung dan juga pabrik besar terutama pada perkotaannya seperti di Tokyo dan Osaka namun diluar itu banyak area-area digunakan untuk lahan-lahan hijau seperti taman besar, taman hutan dan masih banyak lagi. Jepang juga dikenal sebagai negara yang sangat peduli terhadap lingkungan salah satunya seperti dalam ajaran Zen buddha Jepang.

Bahkan sebagai bentuk kecintaannya dengan alam, pemerintah Jepang telah meresmikan sebuah hari libur nasional yang bernama Hari Gunung “Mountain Day”, hari libur ini di apresiasikan untuk mendaking gunung dan menikmati suasana alam lainnya. Meluangkan waktu anda dengan alam dipercaya memberikan manfaat kesehatan yang besar.Hampir setiap organ di tubuh anda membutuhkan asupan vitamin D dan tidak cukup mendapatkan asupan nutrisi karena kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kanker.

Mandi Air Hangat

Gaya Hidup Jepang Yang Dapat Mengajarkan Anda Hidup Sehat Dan Bahagia

image : offbeatjapan.org

Pemandian merupakan bisnis yang serius di Jepang. Setiap orang yang pernah pergi ke sebuah sentō atau onsen (pemandian umum dan sumber air panas) pasti akan merasakan sebuah manfaat yang luar biasa untuk tubuhnya, suasana santai pada sebuah Osen juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan mental dan juga tubuh. Sekitar 85 persen orang Jepang mengakhiri hari-hari mereka yang sibuk dengan berendam di Onsen, budaya berendam di air panas memang telah dikenal sejak lama di Jepang hal itu diperkuat setelah adanya sebuah tulisan medis dari abad ke-17 yang menyatakan berendam air panas dapat menangkal beberapa penyakit.

Tentu sebuah budaya tradisional ini berkembang serta terus diteliti oleh sejumlah ilmuan di Jepang dan berhasil mengkonfirmasi bahwa mandi di air panas yang kaya akan mineral dapat mengobati rematik, gangguan kulit dan neuralgia. Dan beberapa ilmu medis juga mengatakan bermeditasi dan meluang waktu untuk berendam air hangat dapat menyehatkan kulit serta melancarkan tekanan darah.

Minum Teh

Gaya Hidup Jepang Yang Dapat Mengajarkan Anda Hidup Sehat Dan Bahagia

image : npr.org

Teh menjadi sebuah minuman yang paling sering disajikan oleh masyarakat Jepang, bahkan sebuah upacara minum teh adalah ritual yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat negeri sakura ini. Meski dalam sebuah upacara minum teh ritualnya sangat spesial namun dibalik ritual kebudayaan tersebut, sebuah teh memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan Jepang menjadi salah satu negara yang paling banyak mengkonsumsi teh sama seperti tetangganya yaitu negara China, teh yang banyak dikonsumsi oleh Jepang adalah teh hijau meskipun begitu kata “teh” sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti hijau.

Teh hijau tidak hanya lezat dan memiliki cita rasa yang unik, tapi juga sangat bermanfaat. Sejumlah studi kesehatan menyatakan bila mengkonsumsi teh hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker serta meningkatkan potensi intelektual. Dengan masyarakat Jepang yang meminum lima cangkir teh hijau setiap hari memiliki tingkat kematian 26 persen lebih rendah.

Itulah beberapa gaya hidup masyarakat Jepang yang dapat memberikan anda kesehatan dan juga kebahagiaan dalam mejalani hidup.

%d bloggers like this: