A password will be e-mailed to you.

Cerita Hantu Jepang – Sebagai negara yang kaya akan tradisi dan juga sejarah Jepang memiliki banyak cerita-cerita mitos atau legenda didalamnya. Tentunya cerita-cerita mitos tersebut tidak hanya sebuah mitos yang menyenangkan tetapi juga terdapat mitos yang menyeramkan seperti kisah-kisah hantu yang cukup banyak di Jepang. Bisa anda lihat sendiri bagaimana reputasi film horror Jepang didunia perfilman yang begitu terkenal karena memang negara matahari terbit ini memiliki kisah-kisah hantu yang sangat seram.

Seperti salah satunya kisah mitos futakuchi-onna (二 口 女,”wanita bermulut dua”) adalah sejenis yōkai atau monster Jepang. Mereka dipercaya memiliki wujud wanita yang memiliki dua mulut, yang normal terletak di wajahnya dan yang kedua di belakang kepala di balik rambut-rambutnya yang panjang!. Jadi tengkorak kepalanya tersebut dapat terbuka membentuk bibir, gigi dan lidah menciptakan mulut yang lebih besar dari biasanya.

Futakuchi Onna Sosok Wanita Dengan Mulut DikepalaDalam mitologi dan cerita rakyat Jepang, futakuchi-onna termasuk dalam kelas cerita yang sama dengan rokurokubi, kuchisake-onna dan yama-uba, wanita yang menderita penyakit kutukan atau supranatural yang mengubahnya menjadi yōkai. Dalam kisah-kisah nya futakuchi-onna tidak akan sembarangan menampakan mulut keduanya kepada orang-orang dan hanya akan menampakan bila dalam keadaan terdesak ataupun jati dirinya telah ketahuan terlebih dahulu.

Simak Juga : Kehadiran Kitsune Dalam Cerita Rakyat Jepang

Dalam beberapa kisah asal mula futakuchi-onna sering dikaitkan dengan betapa sedikitnya seorang wanita makan. Terbentuknya futakuchi-onna adalah seorang istri yang pelit dan jarang makan. Untuk mengatasi hal ini, mulut kedua secara misterius muncul di bagian belakang kepala wanita tersebut. Mulut kedua sering menggumamkan hal-hal yang dengki dan mengancam wanita tersebut dan menuntut makanan. Jika tidak diberi makan, itu bisa menjerit menjijikkan dan menyebabkan wanita itu sangat sakit. Akhirnya, rambut wanita itu mulai bergerak seperti sepasang ular, membiarkan mulut membantu makanan wanita itu. Sementara tidak ada makanan yang melewati bibirnya yang normal, mulut di bagian belakang kepalanya menghabiskan dua kali lipat makanan daripada mulut aslit wanita tersebut.

Dalam cerita lain, mulut menyeramkan ini terbentuk saat seorang wanita pelit terkena pukulan kapak suaminya saat dia sedang memotong kayu, dan lukanya tidak pernah sembuh. Lalu cerita lainnya mengkisahkan seorang wanita sebagai ibu yang membiarkan anak tirinya meninggal karena kelaparan sambil menjaga agar keturunannya tetap sehat, diyakini anak yang diabaikan tersebut menuntut balas kepada ibunya yang telah membuat dirinya meninggal karena kelaparan.

utakuchi Onna Sosok Wanita Dengan Mulut DikepalaKisah lainnya juga ada yang menceritakan bila seorang pria tua tinggal di desa kecil, dirinya tidak pernah menikah karena dia benci membuang-buang uang, dalam pikirannya dirinya harus mengeluarkan uang untuk membiayai istrinya hidup seperti makanan. Karena itu dia tidak ingin hartanya dibuang begitu saja, namun suatu saat dia menemui seorang wanita yang dikabarkan tidak pernah memakan apapun setiap hari, pria tersebut pun langsung melamar dan mengajaknya menikah. Karena melihat wanita tersebut adalah pekerja keras dan tidak pernah makan pria kikir tersebut sangat gembira, namun setelah beberapa hari dirinya mulai merasa aneh mengapa gudang penyimpanan beras miliknya mengalami pengurangan.

Suatu hari pria kikir tersebut memutuskan untuk tidak bekerja dan melakukan pengintaian terhadap istrinya tersebut, dari belakang dirinya melihat kepala istrinya terbuka dan muncul sebuah mulut besar dan aneh, rambut-rambutnya bergerak seperti sebuah ular mengambil beras-beras dan makanan lain yang ada disekitarnya. Saat itu istrinya tersadar bila suaminya mengetahui identitasnya dan langsung menyerang namun pria kikir tersebut berhasil kabur dan sembunyi di gunung, beberapa hari menjelang setelah memiliki keberanian dirinya memutuskan untuk kembali melihat rumahnya namun ternyata wanita tersebut telah hilang dengan menghabiskan semua stok makanan yang ada, setelah kejadian ini pria tersebut tidak pernah lagi menikah.

Kehadiran Futakuchi-onna ini juga populer didalam dunia entertainment dan juga pop kultur, banyak tokoh-tokoh atau konsep karakter yang didasarkan dari kisah Futakuchi-onna ini.

Futakuchi Onna Sosok Wanita Dengan Mulut Dikepala

%d bloggers like this: