A password will be e-mailed to you.

Dunia Film Jepang – Jepang memang negara asia yang memiliki sejarah perang terbesar di antara negara asia lainnya, partisipasinya dalam perang dunia 2 membuktikan bila Jepang memang sebuah negara yang kuat saat itu, sejarah peperangan yang panjang membuat Jepang memiliki kisah-kisah sejarah yang sangat menarik untuk diketahui. Seperti misalnya peperangan Pearl Harbor hingga tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki, namun sebenarnya tidak hanya itu saja peperangan yang dilalui oleh Jepang pada saat itu, salah satu yang sering terlewat dan tidak terekspos oleh negara lain adalah peperangan Okinawa.

Film Dokumentasi Tentang Rahasia Peperangan Okinawa

image : japantimes.co.jp

Telah banyak film fiksi maupun nonfiksi yang dibuat tentang pertempuran Okinawa, sebuah konflik yang terjadi pada bulan April hingga Juni tahun 1945. Dalam peperangan di pulau kecil ini dinyatakan memakan 240.000 jiwa yang termasuk pasukan militer Jepang, Amerika dan juga penduduk Okinawa. Banyak para masyarakat Okinawa setempat yang direkrut menjadi pasukan suka rela dan yang paling terkenal adalah adanya pasukan Perawat Pelajar Himeyuri yang dibentuk dari 222 gadis remaja yang ditugaskan menjadi perawat, dari jumlah tersebut dikatakan sebanyak 123 meninggal dunia dan sebagian besar meninggal karena bunuh diri untuk menghindari penangkapan.

Simak Juga : Film Kensatsugawa no Zainin Luncurkan Trailer Penuh

Film Dokumentasi Tentang Rahasia Peperangan Okinawa

image : pinterest.com

Belum lama dikabarkan hadir sebuah film dokumenter yang berjudul “Boy Soldiers : The Secret War in Okinawa“, film ini disutradarai oleh Chie Mikami dan Hanayo Oya. Tentu film dokumenter ini menceritakan secara terperinci tentang kejadian perang tersembunyi yang dilakukan oleh mata-mata dan pejuang gerilya dalam peperangan Okinawa. Kisah mereka tidak seperti gadis perawat Himeyuri yang dibuat menjadi film sedih, namun dalam dokumenter ini lebih menjelaskan secara detail bagaimana kondisi peperangan yang terjadi saat itu.

Film dokumenter mengikutsertakan partisipasi warga sekitar Okinawa terutama pada veteran yang pernah mengalami masa-masa tersebut di Okinawa, film-film ini ditampilkan dengan kesaksian dari para masyarakat Okinawa dengan tambahan-tambahan foto-foto serta rekaman sehingga menciptakan sebuah film dokumentasi nyata tanpa sebuah kebohongan. Film ini juga akan memberikan penjelasan kepada para penonton mengapa saat ini banyak masyarakat Okinawa yang menentang keras adanya peperangan serta kehadiran militer AS di pulau mereka.

Dalam film dokumentasi tersebut diperlihatkan bagaimana penderitaan masyarakat Okinawa selama peperangan terjadi, salah satu kisah menceritakan para anak laki-laki Okinawa yang berusia 14 hingga 17 tahun dibentuk menjadi sebuah kelompok pasukan gerilya yang disebut Gokyotai dan dipimpin oleh seorang perwira elit militer Jepang. Para warga yang selama dan hidup sampai saat ini banyak yang menyesalkan adanya peperangan tersebut, “Aku berharap aku tidak pernah dilahirkan,” sebuah pernyataan dari seorang yang selama dalam peperangan tersebut. Dari film ini juga kita akan mengetahui bila peperangan tidak akan menguntungkan siapapun, meskipun Jepang adalah negara yang kuat sekalipun dan pernah menjajah banyak negara tetapi peperangan tidak membawa mereka kedalam kesejahteraan.

%d bloggers like this: