Seni Budaya Jepang – Mitama Matsuri adalah salah satu festival obon yang diselenggarakan pada beberapa kuil Buddha di Jepang seperti misalnya Kuil Gokoku dan kuil Yasukuni. Dalam festival ini menampilkan banyak lentera dan taiko drum. Beberapa produk musim panas juga memenuhi festival ini seperti pakaian Yukata dan kuliner makanan seperti Yatai.

Festival Obon Yang Meriah Dalam Mitama Matsuri

image : japantimes.co.jp

Simak Juga :  Festival Menyambut Umur 13 Tahun Yang Disebut Jusan Mairi

Festival Obon Yang Meriah Dalam Mitama Matsuri

image : tokyobling.wordpress.com

Festival Obon Yang Meriah Dalam Mitama Matsuri

image : tiptoeingworld.com

Festival Obon secara tradisional menampilkan banyak lentera bercahaya karena untuk membantu para roh dalam menemukan jalan mereka. Dalam Mitama Matsuri terkenal menggunakan lebih dari 30.000 lampion yang melapisi jalan dari area tempat makan sampai ke kuil itu sendiri. Karena ini adalah acara untuk menghormati orang mati, namun festival ini terlihat meriah dengan beberapa hiburan yang ada disekitarnya. Karena jatuh pada musim panas membuat festival ini dihadiri oleh Yachiki Obake (Wahana Rumah Hantu Jepang). Untuk hiburan rumah-rumah hantu ini dapat ditemukan di zona hiburan yang juga dipenuhi oleh sejumlah permainan karnaval klasik Jepang.

Festival ini juga dipenuhi oleh kuliner-kuliner yang menggiurkan seperti Takoyaki, Okonomiyaki, Yakitori, Watame dan masih banyak lagi jajanan-jajanan kuliner yang menarik dan tentunya lezat. Biasanya festival ini dihadiri oleh ratusan ribu orang. Salah satu bagian yang terbaik dalam menghadiri festival ini adalah berbusana. Hampir seluruh pengunjung yang terdiri dari pria, wanita, muda dan tua semuanya menggunakan pakaian Yukata mereka.

Festival Obon Yang Meriah Dalam Mitama Matsuri

image : tiptoeingworld.com

Festival Obon Yang Meriah Dalam Mitama Matsuri

image : tiptoeingworld.com

Kemudian para pengunjung festival juga akan disuguhkan sebuah atraksi dari tim drummer Taiko yang memainkan drumnya di atas sebuah panggung. Tentunya atraksi utama yang paling mengesankan dari festival ini adalah menyaksikan sebuah parade membawa mikoshi besar di sepanjang jalur menuju ke kuil.

Akses
Yusukuni Shrine

JR
10 menit berjalan kaki dari stasiun Ichigaya dan Iidabashi (Sobu Line dan Chuo Line)

Kereta Bawah Tanah
5 menit berjalan kaki dari Stasiun Kudanshita (Tozai Line)
5 menit berjalan kaki dari Stasiun Kudanshita (Hanzomon Line)
5 menit berjalan kaki dari Stasiun Kudanshita (Toei Shinjuku Line)
10 menit berjalan kaki dari Stasiun Ichigaya (Jalur Namboku)
10 menit berjalan kaki dari stasiun Ichigaya dan Iidabashi (Jalur Yurakucho)

Bis kota
Satu menit berjalan kaki dari pemberhentian Kudanue yang dilayani oleh Kudanshita-Takadanobaba dan Shibuya-Ochanomizu

Gokoku Shrine

Gokoku Shrine berjarak berjalan kaki singkat dari Stasiun Ropponmatsu. Juga mungkin untuk naik bus dari stasiun ke kuil, 5 menit perjalanan.

%d bloggers like this: