A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Tenjin Matsuri (天神祭) adalah sebuah festival tahunan (Matsuri) yang diselenggarakan di kota Osaka yang diselenggarakan oleh kuil Osaka Temmangu pada tanggal 24 Juli dan 25 Juli. Memiliki sejarah lebih dari 1.000 tahun, Tenjin Matsuri, yang merupakan salah satu dari tiga festival terbesar di Jepang, juga merupakan festival perahu terbesar di dunia. Ini adalah festival musim panas yang sangat meriah, didedikasikan untuk Sugawara-no-Michizane (845-903), yang didewakan sebagai Tenman Tenjin yang merupakan dewa pelindung belajar dan juga seni dalam kepercayaan agama Shinto.

Festival Musim Panas Terbesar Tenjin Matsuri Di Osaka

image : pinterest.com

Pada hari-hari festival berlangsung, seni pertunjukan tradisional Jepang dilakukan seperti musik Kagura yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada dewa, dan pertunjukan teater bunraku menggunakan boneka dilakukan di semua bagian kota, dan seluruh kota menjadi penuh dengan suasana pesta. .

Simak Juga : Festival Buruh Merupakan Salah Satu Libur Nasional Negara Jepang

Festival Musim Panas Terbesar Tenjin Matsuri Di Osaka

image : blog.gaijinpot.com

Festival Musim Panas Terbesar Tenjin Matsuri Di Osaka

image : kawai.japan

Salah satu yang menarik dari festival ini adalah prosesi Mikoshi, yang merupakan parade melibatkan 3.000 orang yang mengenakan gaya istana kerajaan dari abad ke-8 hingga ke-12 yang berbaris di samping kuil yang digotong. Sorotan lain yang meriah dalam festival ini adalah prosesi perahu, yang konsepnya sama seperti Mikoshi namun memiliki jalur parade yang berbeda. Saat senja, perahu-perahu akan menyala dengan api yang dinyalakan untuk menerangi area sekitar, cahaya-cahaya dari perahu ini menciptakan pemandangan yang sangat indah. Dan di tepi sungai tempat paviliun didirikan, warga dan turis dapat menikmati udara malam musim panas yang sejuk dan menikmati pertunjukan kembang api “Tenjin Matsuri Hono Hanabi”.

Sebuah tradisi unik juga dapat anda saksikan yaitu sebuah tepukan tangan berirama saat para peserta parade yang berjumlah 3000 orang itu berjalan kembali menuju kuil Tenman. Tepukan tangan yang berirama dan teriakan membuat suasana yang sangat ciri khas di sekitar Osaka, festival ini menjadi saat yang tepat bila anda ingin mengenal lebih dekat dengan Osaka. Perlu anda ketahui Tenjin Matsuri juga merupakan festival musim panas terbesar di Osaka dan bahkan juga diklaim sebagai festival perahu terbesar di dunia. Acara ini juga dipenuhi oleh penampakan para Geisha.

Festival Musim Panas Terbesar Tenjin Matsuri Di Osaka

image : thetruejapan.com

Sebenarnya perayaan Tenjin Matsuri ini juga dilangsungkan berbagai tempat di Jepang oleh kuil Shintō yang menyandang sebutan kuil Tenjin, tetapi festival di Osaka ini merupakan festival yang paling terkenal. Tenjin Matsuri menjadi bagian 3 festival terbesar di Jepang bersama dengan Kanda Matsuri di Tokyo dan Gion Matsuri di Kyoto.

Lokasi

Tenjin Matsuri diadakan di Kuil Tenmangu dekat stasiun Minami Morimachi dan Osaka Tenmangu.

%d bloggers like this: