A password will be e-mailed to you.

Kuliner Jepang – Gyoza adalah salah satu menu hidangan yang populer dari negeri Sakura, di Jepang Gyoza menjadi hidangan yang spesial dalam sebuah acara-acara tertentu. Secara teknik pembuatan, Gyoza (餃子) adalah sejenis pangsit yang diisi dengan daging dan sayuran dan kemudian dibungkus dengan sebuah lapisan adonan tipis.

Fakta Menarik Tentang Gyoza

image : taste.com.au

Simak Juga : 5 Fakta Menarik Mengenai Dunia Kuliner Jepang

Sesuai dengan cara membuatnya, gyoza memang berasal dari China (bila di China disebut dengan jiaozi), tetapi kini telah menjadi hidangan yang sangat populer di Jepang. Isi yang digunakan untuk Gyoza biasanya adalah daging babi, kucai, daun bawang, kubis, jahe, bawang putih, kecap, dan minyak wijen, tetapi saat ini beberapa restoran Gyoza menawarkan beberapa hidangan Gyoza dengan isi yang bervariasi.

Terdapat 3 tipe Gyoza

Yaki Gyoza (Digoreng)
Fakta Menarik Tentang Gyoza

image : chicagotribune.com

Yaki gyoza adalah tipe gyoza yang paling umum. Mereka digoreng dalam wajan panas sebelum campuran air dan tepung maizena dituangkan ke dalam dan kemudian akan ditutupi selama beberapa menit. Campuran air dan tepung maizena membantu mengukus gyoza, menjadikannya lembut dan berair sekaligus menciptakan bagian bawah yang renyah. Yaki gyoza biasanya disajikan dengan bagian bawah yang renyah. Hanetsuki gyoza (“gyoza with wings”) adalah istilah yang digunakan ketika sebuah potongan gyoza terhubung oleh bagian bawah yang renyah.

Sui Gyoza (Direbus)
Fakta Menarik Tentang Gyoza

image : fun-japan.jp

Sui gyoza adalah gyoza rebus yang sering disajikan dalam kaldu yang ringan. Mereka jauh lebih umum ditemukan pada restoran-restoran atau kedai di Jepang, daripada yaki gyoza dan biasanya lebih sering ditemukan di restoran China dan restoran khusus gyoza.

Age Gyoza (digoreng garing / deep fried)
Fakta Menarik Tentang Gyoza

image : yelp.ca

Age gyoza adalah gyoza yang digoreng dengan minyak yang banyak, menu hidangan Gyoza ini juga sering ditemukan pada restoran-restoran China atau khusus gyoza, tetapi jarang ditemui di tempat lain.

Cara Menikmati & Menemukan Gyoza

Fakta Menarik Tentang Gyoza

image : livejapan.com

Meski terlihat simpel seperti sebuah pangsit isi, tetapi cara dalam menikmati Gyoza ada beberapa langkah. Gyoza secara luas biasanya dapat anda temukan dalam menu hidangan di kedai ramen, restoran China, izakaya (tempat makan dan tersedia minuman beralkohol) dan sejumlah kecil toko khusus gyoza. Satu porsi gyoza biasanya berjumlah setengah lusin dan harganya sekitar 300 hingga 600 yen. Gyoza biasanya dimakan dengan saus yang biasanya campuran dari kecap dan cuka. Sedikit minyak cabai (rayu) juga biasa ditambahkan kedalam sausnya agar memberikan rasa pedas.

Gyoza sangat populer di kota-kota Utsunomiya di Prefektur Tochigi dan Hamamatsu di Prefektur Shizuoka. Karakteristik Hamamatsu gyoza adalah adanya penambahan sayur toge di atas gyoza. Kedua kota ini memiliki sejumlah besar toko-toko gyoza yang beberapa diantaranya menawarkan gyoza dengan toping yang tidak biasa, misalnya seperti udang, jamur, keju atau daun shiso.

%d bloggers like this: