Artforia – Salah satu festival budaya Jepang tahunan terbesar di Indonesia yaitu Ennichisai 2019 telah berlangsung sejak tanggal 22 hingga 23 Juni, seperti pada tahun-tahun sebelumnya bila pada tahun ini acara berlansung di tempat yang sama yaitu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Hal ini juga menjadi rangka perayaan ulang tahun ke-10 acara Ennichisai berlangsung di daerah ini.

Ennichisai 2019 Kembali Sukses Memeriahkan Warga Jakarta Dengan Kebudayaan Jepang Dan IndonesiaSetiap tahunnya acara yang didukung penuh oleh pemkot Jakarta Selatan ini memang mengalami peningkatan pengunjung, dengan mengangkat tema “Danketsu” yang artinya “Persatuan”, mengharapkan Indonesia tetap dalam persatuan dan kesatuan yang kuat.

Simak Juga : Yuk Ramaikan AKASHI 2019 CANDY LAND キャンディランド SMA NEGERI 4 Kota Bekasi

Acara berlangsung dengan meriah dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Ennichisai selalu dipenuhi dengan pertunjukan khas budaya Jepang yang sangat menarik seperti Dashi, Taiko, Mikoshi, Geisha, Cosplay dan masih banyak lagi budaya-budaya serta pertunjukan tradisional khas negeri Sakura dalam acara ini. Sebagian besar lokasi acara juga dipenuhi oleh ratusan booth makanan maupun pernak-pernik khas Jepang.

Ennichisai 2019 Kembali Sukses Memeriahkan Warga Jakarta Dengan Kebudayaan Jepang Dan Indonesia

image : facebook.com/TabloidHaloJepang

Ennichisai 2019 Kembali Sukses Memeriahkan Warga Jakarta Dengan Kebudayaan Jepang Dan Indonesia

image : facebook.com/TabloidHaloJepang

Tersedia 3 panggung acara disiapkan untuk beberapa aksi pertunjukan dari bintang tamu, yang pertama merupakan “Main Stage” yang menampilkan berbagai macam pertunjukan budaya tradisional khas negeri Sakura yang dikolaborasikan dengan budaya Indonesia. Kemudian untuk panggung kedua merupakan “Pop Culture Stage” yang menampilkan berbagai macam pertunjukan budaya-budaya pop/modern kultur Jepang seperti Cosplay, Musik Pop, Dance dan masih banyak lagi. Untuk panggung ketiga yaitu “Chika Stage” yang merupakan sebuah stage mini yang menampilkan berbagai pertunjukan dari komunitas dan pecinta kebudayaan Jepang.

Grub idol terkenal JKT48 juga terlihat tampil memeriahkan acara Ennichisai tahun ini, namun terlihat berbeda di mana pada kali ini JKT48 mengirimkan anggota Academi Class A dan bukan tim utama mereka. Mereka tampil pada siang hari sekitar pukul 14.25 WIB pada hari kedua acara berlangsung.

Menurut informasi yang didapat dari beberapa sumber, bila acara Ennichisai 2019 di Block M ini mungkin menjadi yang terakhir karena pihak panitia khawatir bila tempat tersebut tidak dapat lagi menampung jumlah pengunjung yang terus bertambah setiap tahunnya, namun untuk keputusan lebih lanjut dan lokasi baru belum dikonfirmasikan. Kemudian salah satu yang unik dan berbeda dari acara Ennichisai sebelumnya adalah pada kali ini terdapat area pendidikan yang berlokasi dekat dengan “Pop Stage”, disini para pengunjung dapat melihat informasi mengenai layanan studi ke Jepang atau bertanya-tanya mengenai seputar pendidikan di sana.

%d bloggers like this: