Belajar Bahasa Jepang – Jika kamu memang serius dalam menguasai bahasa Jepang, tentunya proses belajar harus secara rutin dilakukan, tetapi sebuah metode-metode dalam mempelajarinya juga harus kamu ketahui agar proses belajar tersebut menjadi mudah dan efektif. Selain itu para pelajar bahasa Jepang juga harus mengerti terlebih dahulu pendeskripsian tentang bahasa Jepang karena selain mempermudah anda dalam belajar juga akan membuat anda semakin memahami inti dari bahasa ini.

Deskripsi Dan Perbedaan Dari Huruf Kanji, Hiragana Dan Katakana Yang Harus Kamu Ketahui !

image : us.emb-japan.go.jp

Simak Juga : Beberapa Pesan Penting Sebelum Anda Mempelajari Huruf Kanji !


Satu Bahasa, Dua Sistem, Tiga Cara Penulisan

Jika kamu benar-benar pemula ketahuilah jika gaya penulisan bahasa Jepang sama seperti China namun jika kamu perhatikan secara baik-baik, dalam bahasa Jepang lebih banyak yang simpel. Seperti yang dapat kamu lihat dari sampel dibawah ini, dalam satu teks Jepang sebenarnya ada tiga skrip yang saling terkait. Kami telah memberi kode warna pada mereka untuk membantu Anda membedakannya.

それでも、日本人食生活急速変化してきていますハンバーグカレーライス子供に人気がありますし都会ではイタリア料理東南アジア料理多国籍料理などをエスニック料理店がどんどんえています

“Meski demikian, kebiasaan makan orang Jepang juga cepat berubah. Hamburger dan nasi kari sangat populer di kalangan anak-anak. Di kota-kota, restoran etnis yang menyajikan masakan Italia, masakan Asia Tenggara dan masakan multi-nasional terus meningkat semakin banyak.”

Yang sangat menarik adalah meskipun terdapat tiga cara penulisan dalam bahasa Jepang tetapi mereka dapat digabungkan menjadi sebuah kalimat. Jika kamu perhatian huruf yang berwarna merah adalah huruf Kanji, sedangkan berwarna biru adalah Hiragana dan hijau adalah Katakana. Mengapa Hiragana dan Katakana dikatakan lebih mudah dibaca karena menggunakan sistem suku kata, tidak seperti Kanji yang masing-masing huruf memiliki makna.

Hiragana & Katakana – Satu Simbol, Satu Suara

Hiragana dan Katakana memiliki jumlah simbol yang tetap, masing-masing adalah 46 karakter dan sesuai dengan kombinasi 5 vokal dasar Jepang yaitu (a,i,u,e,o) dan 9 konsonan (k,s,t,n,h,m,y,r,w).

Hiragana dapat dikenali karena bentuk huruf-hurufnya yang sedikit bundar. biasanya huruf ini digunakan untuk beberapa penulisan seperti dibawah ini.

1. Partikel (digunakan untuk menunjukkan fungsi tata bahasa suatu kata)

  • は wa Penanda Topik
  • が ga Penanda Subjek
  • を wo Penanda Objek Langsung

2. Untuk mengubah arti kata kerja, kata keterangan atau kata sifat, yang biasanya memiliki akar yang ditulis dalam huruf kanji.

  • 急速に Kyuusoku ni
  • 増えています Fuete imasu

3. Terdapat juga kalimat Jepang yang murni hanya menggunakan Hiragana

  • それでも Soredemo
  • どんどん Dondon

Katakana dikenal dengan gaya hurufnya yang tajam dan kaku, biasanya huruf ini digunakan untuk beberapa penulisan seperti dibawah ini.

1. Kata pinjam dari bahasa lain.

  • ハ ン バ ー グ hanbaagu (hamburger)
  • カ レ ー ラ イ ス karee raisu (curry rice)
  • エ ス ニ ッ ク esunikku (etnis)

2. Mentranskrip nama asing

  • イ タ リ ア Itaria Italia
  • ア ジ ア Ajia Asia

3. Terkadang mereka juga digunakan untuk penulisan objek atau subjek penting dan juga digunakan untuk istilah ilmiah seperti nama tanaman, hewan dan lain-lain.

Jadi dari mana datangnya Hiragana dan Katakana?

Sebenarnya, mereka berdua berasal dari kanji yang memiliki pengucapan tertentu, Hiragana mengambil dari aksara kursif Cina (安 an → あ a), sedangkan katakana dikembangkan dari komponen tunggal dari aksara China seperti (阿 a → ア a).


Deskripsi Dan Perbedaan Dari Huruf Kanji, Hiragana Dan Katakana Yang Harus Kamu Ketahui !

image : us.emb-japan.go.jp

Itulah pendeskripsian tentang huruf Kanji, Katakana dan Hiragana semoga dapat membuat anda lebih memahami bahasa Jepang dan mempermudah proses belajar anda.

Source : iwillteachyoualanguage.com

%d bloggers like this: