0
1 comment, 2 shares

Berita Arsitektur Jepang – Cuaca tropis dan posisi pinggir pantai adalah kondisi yang dirasakan oleh para masyarakat Okinawa di Jepang, oleh karena itu desain-desain rumah daerah ini cukup berbeda dari bangunan-bangunan daerah lain di wilayah Jepang, salah satu desain unik dari arsitek Jepang Ryuichi Ashizawa yang studio arsiteknya berbasis di Osaka ini mendesain sebuah rumah dengan atap yang besar dengan menggunakan kanopi logam-mesh dan ditutupi dengan beberapa tanaman menjalar yang membantu untuk melindungi rumah dari teriknya matahari.

Desain Rumah Tropis Untuk Daerah Okinawa Dari Arsitek Ryuichi AshizawaRumah ini diberi nama Ma of Wind yang berlokasi di sebuah area perumahan yang terletak di sebelah barat daya dari Kastil Shuri yang merupakan kastil dari abad ke-14. Bangunan ini menjadi salah satu bangunan arsitektur yang kontemporer di Okinawa, yang menurut sang arsitek “rumah ini memiliki karakter rasa hormat terhadap alam, dan menjaga keharmonisan antara manusia dan alam”.

Simak Juga : Hotel Legendaris Okura Akan Jalani Renovasi Untuk Dibuka Kembali

Desain Rumah Tropis Untuk Daerah Okinawa Dari Arsitek Ryuichi AshizawaDesain Rumah Tropis Untuk Daerah Okinawa Dari Arsitek Ryuichi AshizawaDesainnya menggunakan berbagai metode tradisional untuk menciptakan ruang lingkup yang nyaman dan cocok dengan kondisi iklim area tersebut. “Matahari, angin, air, dan fitur iklim yang unik di Pulau Okinawa membuat rumah ini di desain sebagai ruang yang terkena angin, mengarah ke selatan dan utara untuk meningkatkan ventilasi alami,” kata arsitek. Bangunan ini memiliki atap beton bertulang yang memberikan perlindungan yang diperlukan dari topan yang merupakan badai tahunan pada pulau Okinawa.

Tata letak ruangan rumah ini menggabungkan ruang tamu yang terbuka dengan dapur di pusatnya, dan diapit oleh teras-teras yang terlindung oleh jaring-jaring tanaman. Ruang keluarga dan ruangan lain dilapisi dengan pintu geser kaca yang dapat dibuka sehingga menciptakan ruangan yang lebih luas lagi.

Desain Rumah Tropis Untuk Daerah Okinawa Dari Arsitek Ryuichi AshizawaDesain Rumah Tropis Untuk Daerah Okinawa Dari Arsitek Ryuichi AshizawaDesain Rumah Tropis Untuk Daerah Okinawa Dari Arsitek Ryuichi AshizawaDesain Rumah Tropis Untuk Daerah Okinawa Dari Arsitek Ryuichi AshizawaUntuk menciptakan suasana yang nyaman di dalam rumah, para arsitek tentu memperhatikan posisi sinar matahari yang terik sehingga tidak masuk secara langsung atau berlebihan kedalam rumah, bagian utara dan selatan rumah ini ditutupi oleh jaring-jaring besi yang dipenuhi oleh tanaman merambat, sehingga suasana ruangan akan sejuk. Pada musim dingin tanaman akan menjatuhkan beberapa daun mereka, yang memungkinkan cahaya matahari lebih banyak memasuki interior rumah.

Source : Dezeen

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

0
1 comment, 2 shares
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: