Berita Arsitektur Jepang – Arsitek Jepang Takashi Okuno merancang rumah dengan memiliki bentuk U pada bangunannya, sehingga setiap ruangan yang ada dirumah tersebut memiliki pemandangan taman yang berada di tengah. Rumah ini diciptakan di Prefektur Ehime Jepang, seorang warga bernama Hiiragi tinggal pada sebuah rumah yang memiliki pohon yang telah dirawat oleh beberapa generasi dikeluarganya, sehingga kehadiran pohon tersebut memang penting bagi dirinya dan keluarga.

Desain Rumah Berbentuk U Dari Aristek Takashi OkunoOleh karena itu Okuno menginginkan rumah baru yang dia buat tersebut untuk menekankan pentingnya kehadiran pohon ini, sehingga dirinya mendesain seperti itu sebagai perpaduan modern dan tradisional. Rencananya adalah untuk memanfaatkan koneksi antara ruang indoor dan outdoor.

Simak Juga : Perusahaan Jepang Berhasil Ciptakan Cat Yang Mudah Dilepas

Desain Rumah Berbentuk U Dari Aristek Takashi OkunoPenggunaan pola garis ruang yang rapih dan dekorasi ruangan yang minimal serta penggabungan elemen fungsional ke dalam struktur membuat rumah memberikan suasana kesederhanaan yang mengingatkan arsitektur sejarah Jepang. Menurut sang arsitek, tujuan utama proyek ini memang “Menghormati nenek moyang, menghargai saat ini, dan terhubung ke masa depan,”.

Desain Rumah Berbentuk U Dari Aristek Takashi OkunoDesain Rumah Berbentuk U Dari Aristek Takashi OkunoPintu masuk rumah mengarah ke lorong sederhana, dan akan terdapat sebuah jendela besar berbingkai yang langsung menghubungan pemandangan halaman rumah di mana pohon tersebut berada. Di sebelah kanan ruang tunggu ada ruangan dua lantai yang berisi ruang tamu utama dengan kamar tidur di atas.

Ruang tamu terbuka disusun di sekitar tungku pembakaran kayu, yang memisahkan ruang santai dengan dapur dan ruang makan di sisi lain lagi.

Desain Rumah Berbentuk U Dari Aristek Takashi OkunoDesain Rumah Berbentuk U Dari Aristek Takashi OkunoDi sebelah kiri dari pintu masuk terdapat ruangan tradisional Jepang yang bisa dijadikan sebagai ruang tamu. Tata ruang dan proporsinya menggunakan susunan tatami dengan ukuran yang sesuai. Ruangan ini menggabungkan unsur-unsur tradisional dengan estetika minimalis modern, ruang ini juga sebagian dilapisi dengan kertas tradisional washi, termasuk satu dinding yang bisa ditarik untuk memberi akses ke halaman tengah. Selain layar kertas washi dan struktur kayu, bahan alami diterapkan di seluruh rumah ini untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan ramah lingkungan.

Desain Rumah Berbentuk U Dari Aristek Takashi OkunoSource : Dezeen

%d bloggers like this: