A password will be e-mailed to you.

Dunia Cosplay Jepang – Nama Enako mungkin tidak asing lagi dalam dunia cosplay, dirinya merupakan seorang cosplayer nomor satu di Jepang, ketenarannya sudah tidak diragukan di negeri sakura dan bahkan di luar negeri. Pendapatannya dalam karirnya sebagai seorang cosplayer memang cukup membuat takjub para cosplayer lainnya. Pendapatannya tersebut berasal dari banyak hal, namun yang paling berpengaruh adalah selama acara Comiket yang diadakan 2 kali dalam setahun di Jepang.

Comiket Menjadi Ladang Uang Bagi Cosplayer Terkenal Enako

image : twitter.com/enako_cos

Simak Juga : 5 Cosplay Terbaik Bulan Agustus 2018 Versi Artforia

Banyak para Otaku (sebutan untuk para penggemar berat dunia anime, manga dan semacamnya) mengalami pengeluaran besar di rekening bank mereka setiap bulan Agustus, karena saat bulan tersebut sebuah acara besar bagi pecinta Anime dan Manga yaitu Comiket dilakukan di area Tokyo Big Sight. Meski acara bertema penjualan manga, artwork dan semacamnya, kehadiran cosplay juga sangat dinantikan dalam acara tersebut. Hal ini dibuktikan oleh salah satu primadona cosplayer Jepang yaitu Enako yang mengkonfirmasikan bila dirinya mendapatkan pendapatan besar dari acara Comiket.

Meski tidak ada papan skor resmi, Enako sering disebut sebagai “Cosplayer nomor satu” oleh media-media Jepang. Namun Enako memang memiliki daya tarik besar terutama dalam fisiknya yang cantik, bahkan berkat ketenarannya tersebut Enako juga sering tampil di berbagai acara-acara TV seperti talkshow untuk membicarakan soal pekerjaannya yang unik bagi sebagian besar orang yang tidak pernah mendalami atau mengerti dunia cosplay.

Walau banyak tawaran dari media-media TV tetapi secara mengejutkan pendapatan Enako justru sangat besar pada acara seperti Comiket, Pada acara Comiket dirinya selalu menjadi sorotan besar banyak pengunjung maupun fotografer, biasanya dia melakukan promosi-promosi produk tertentu dalam acara Comiket tersebut tetapi dirinya juga menjual koleksi fotonya dalam acara tersebut. Selama wawancara di sebuah acara TV TBS Arioyoshi Japon, Enako sempat mengatakan bila penjualan fotonya pernah membuat barisan pembeli hingga 500 orang lebih.

Comiket Menjadi Ladang Uang Bagi Cosplayer Terkenal Enako

image : twitter.com/enako_cos

Comiket Menjadi Ladang Uang Bagi Cosplayer Terkenal Enako

image : twitter.com/enako_cos

Ketika Enako ditanya oleh pembawa acara dalam siaran tersebut tentang berapa pendapatan dari hasil penjualan foto tersebut, Enako pun menjawab sekitar 10 juta Yen sekitar 1,3 Milyiar Rupiah!. Sungguh sebuah nominal yang luar biasa untuk penjualan merchandise saja, dan itu belum termasuk pendapatan lain selama acara Comiket berlangsung, dimana dirinya juga menjadi juru bicara, mempromosikan produk-produk dan sebagai guest star. Pendapatannya tetap stabil dalam acara Comiket ini setiap tahunnya.

Comiket musim panas dikatakan lebih memiliki banyak pengunjung dibandingkan saat Comiket musim dingin, namun Enako tidak hanya mengandalkan penjualan foto cosplaynya hanya dalam acara Comiket saja tetapi juga menyediakan penjualan secara online yang juga bisa dikirim secara global, hal ini membuat Enako merupakan salah satu cosplayer tersukses di dunia.

Source : Livedoor, SoraNews24

%d bloggers like this: