Kuliner Jepang – Mie memang sudah mendunia, Hampir di kebanyakan Negara kita bisa menemukan kedai Mie. Bahkan boleh dibilang mie juga menjadi menu favorit bagi sebagian orang, mungkin juga termasuk kamu? Jika berbicara mengenai masakan mie dari Jepang, yang langsung terlintas di benak orang-orang mungkin adalah ramen, kemudian soba dan udon. Sebenarnya, di Jepang pun ada satu lagi jenis makanan mie yang populer bernama champon. Apakah kalian pernah mencobanya?

Baca Juga : 10 Bahan Yang Biasa Dimasukan Ke Dalam Sup Miso

Champon berasal dari Nagasaki. Pada zaman Meiji satu-satunya pelabuhan untuk perdagangan asing di Jepang ada di Nagasaki. Budaya asing dan Jepang berpadu dan berkembang menjadi budaya khas setempat. Awalnya, seorang juru masak asal Tiongkoklah yang memperkenalkan mie jenis ini ke masyarakat Nagasaki sekitar tahun 1892. Hingga sukses membuka sebuah rumah makan yang bernama Shikairou. Demi membantu mahasiswa asal Tiongkok yang belajar di Nagasaki,juru masak ini menciptakan sebuah menu dengan harga mahasiswa, tetapi tetap lezat. Maka lahirlah champon yang dikenal murah dan nikmat!

Champon menggunakan mi tebal dengan sup kental yang berasal dari tulang babi. Di Nagasaki, bahan tambahan bernama “Touaku” digunakan dalam pembuatan mi. Tetapi pembuatannya memerlukan izin, dan hanya beberapa orang di kota Nagasaki yang dapat memproduksinya. Oleh karena itu, mi Champon Nagasaki berbeda dengan prefektur lain, ada cita rasanya yang khas. Berbagai macam bahan seperti daging, umumnya daging iga babi, bahan makanan laut seperti kerang, udang dan cumi, sayuran seperti wortel, kol, taoge, kacang kapri, bawang bombay, dan juga bahan olahan dari daging ikan putih giling yang disebut Kamaboko ditumis lalu diletakkan di atas mi.

Champon enak dimakan begitu saja, tetapi dengan menambahkan bumbu akan mendapatkan cita rasa yang berbeda. Dengan menambahkan merica putih akan menguatkan rasa, Raayu (minyak cabai ala Cina) akan menambah kekentalan dan aroma, dan cuka akan memberi rasa segar dan sehat. Nah, apakah kalian berminat mencicipi Champon, si mie rebus asal Nagasaki ini.

%d bloggers like this: