Kuliner Jepang – Dango merupakan makanan khas Jepang yang mungkin memiliki kemiripan dengan makanan khas negara lain terutama Indonesia, Dango sendiri merupakan sebuah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus dalam air, bila di Indonesia mungkin dango mirip dengan bakso yang ditusuk dengan tusukan sate, Dango sendiri juga memiliki berbagai rasa dari yang manis atau yang tidak manis dan bisa juga dimakan menggunakan saus kacang atau taburan bubuk kacang kedelai dan masih banyak lagi variasi yang bisa dikombinasi dengan dango, kali ini Artforia ingin berbagai resep mengenai cara membuat Sanshoku Dango dengan mudah.

Simak Juga : Resep Simpel Membuat Ramen Dengan Kuah Miso Dan Telur Rebus

artforia.comBahan-bahan yang harus anda siapkan sebelum membuatnya :

  • 250 g tepung beras shiratama
  • 6 sdm gula pasir
  • 220 ml air
  • 1 sdt jus bit
  • ½ sdt bubuk matcha
  • 12 tusuk sate (sesuaikan dengan porsi anda)

Tahap Pembuatannya :

  1. Masukan tepung beras shiratama, gula dan air kedalam mangkuk yang telah disiapkan lalu remas atau uleni dengan baik sampai adonan halus dan mengembal lalu setelah itu baru bagi adonan menjadi tiga.
  2. Tempatkan salah satu dari ketiga adonan yang telah dipisah tadi kedalam mangkuk dan tambahkan bubuk matcha. Uleni sampai adonan berubah menjadi hijau muda.
  3. Tempatkan sepertiga adonan yang lainnya kedalam mangkuk dan tambahkan jus bit. Uleni sampai adonan berubah menjadi merah muda.
  4. Sepertiga adonan yang terakhir jangan diberikan apa-apa agar berwarna putih.
  5. Setelah semuanya siap langkah selanjutnya adalah bentuk adonan menjadi bola berdiameter 2cm dengan menggulungnya di antara telapak tangan Anda, Anda harus bisa membuat 12 bola dango setiap warna.
  6. Ketika semua adonan telah dibentuk bulan masukan dango kedalam air mendidih selama beberapa menit sampai mengapung. Ambil dango dari air mendidih dan rendam dalam air dingin agar tidak terlalu matang.
  7. Terakhir hanyalah tinggal menusukan dango-dango tersebut menggunakan tusuk sate dan biasanya setiap tusuk dango akan disi dengan macam-macam warna, hidangan dango sangat cocok ditemani oleh teh hijau. Itadakimasu! (いただきます!).
%d bloggers like this: