Berita Lifestyle Jepang – Jepang menjadi salah satu negara yang sangat dikenal dengan budayanya, budaya Jepang dalam mengasuh anak nampaknya memang bisa menjadi salah satu pelajaran berharga bagi masyarakat-masyarakat diluar Jepang untuk dapat memahami budaya masyarakat Jepang terhadap mengasuh anak mereka, cara-cara orang tua Jepang mengasuh anak  yang cukup berbeda dengan para orang tua dibeberapa negara hal tersebut membuat sangat asik untuk dibahas kali ini. Terdapat beberapa cara yang membuat orang tua Jepang sangat berbeda dengan orang-orang dinegara lain dalam mengasuh anaknya.

Simak Juga :Beberapa Alasan Mengapa Musim Panas Di Jepang Sangat Menyebalkan

artforia.com1. Tidak Membahas Anak Dengan Orang Lain

Tidak seperti orang tua pada negara lain yang biasanya selalu membicarakan keluh kesah dalam merawat anak kepada orang-orang disekitar seperti rekan kerja, teman dan lainnya, Orang Tua di Jepang lebih menjaga privasi-privasi yang mereka miliki dan hanya membaginya kepada orang-orang yang benar dekat dan hanya berkata secukupnya mengenai anak mereka kepada publik seperti contohnya anaknya bersekolah di A atau bermain sepakbola pada klub B. Namun di Jepang mengasuh anak seperti sebuah kompetisi dimana para Orang Tua mereka ingin anaknya menjadi yang paling terbaik sehingga banyak sekali tekanan ketika para Orang Tua memilih sekolah yang benar untuk anaknya.

2. Mengajarkan Tegas & Mandiri

Bagi sebagian besar orang tua diluar sana pastinya akan merasa sangat khawatir terhadap anaknya yang pergi keluar sendiri apalagi masih dibawah umur 10 tahun, namun hal ini tidak dirasakan oleh kebanyakan Orang Tua di Jepang. Para orang tua yang mengajarkan sikap tegas dan mandiri ini memang membiasakan para anak-anaknya untuk dapat pergi sendirian sejak dini, meskipun begitu para orang tua tetap mengawasi dari jauh sehingga anda tidak akan jarang melihat para anak-anak Jepang yang sudah bisa pergi sendiri membeli sesuatu kesebuah Toko, Jepang yang juga dikenal sebagai negara dengan tingkat kriminalitas terendah membuat sistem mengasuh anak seperti ini sangatlah cocok.

3. Bekal Adalah Hal Wajib Untuk Anak Sekolah

Orang Tua di Jepang terutama para ibu nampaknya memiliki prioritas tinggi terhadap kualitas bekal anaknya ketika bersekolah, Ibu Jepang menetapkan standar tinggi untuk makanan kotak bento anak-anak mereka. Menurut para ibu di Jepang bekal makanan adalah hal yang penting untuk membuat anak tetap sehat dan pintar sehingga banyak sekali ibu-ibu yang sering membuat nasi bento mereka sebaik mungkin.

4. Menceritakan Sejarah & Dongeng Dengan Serius

Hal ini juga menjadi salah satu faktor mengapa banyak budaya Jepang tetap bertahan hingga saat ini karena para Orang Tua Jepang sangat antusias dan serius dalam menceritakan sejarah-sejarah mitos Jepang atau Dongeng kepada anaknya, para Orang Tua sangat rajin memberikan pembelajaran tentang budaya Jepang Kuno meskipun hal tersebut termasuk salah satu dongeng yang sebenarnya tidak bisa dipastikan secara nyata, hal ini membuat anak-anak di Jepang sangat menghargai budaya mereka sendiri dan tumbuh menjadi masyarakat yang menjaga budaya negaranya.

5. Membebaskan Hiburan Anaknya

Para Orang Tua di Jepang juga tidak ambil pusing soal hiburan atau hobby para anak-anaknya, seperti contohnya para Orang Tua tidak akan ambil pusing bila ada film Resident Evil di bioskop yang menampilkan banyak kekerasan yang akan ditonton oleh anaknya, bagi orang tua, pendidikan dari mereka yang akan membuat anak-anaknya mengerti tentang hiburan yang mereka lihat atau rasakan, bukan dengan melarangnya namun dengan menjelaskan dampak negatifnya, banyak unsur-unsur seksualitas, kawaii pada komik-komik tidak menjadi hal tabu bagi Orang Tua di Jepang bila anaknya mengetahui hal tersebut.

Begitulah 5 Cara Orang Tua Jepang Dalam Mendidik Anaknya semoga bisa menjadi referensi bagi anda para pembaca Artforia yang telah bekeluarga.

artforia.comartforia.com


Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: