DIY&Craft – Meskipun Halloween sudah lewat nampaknya membuat boneka Teru Teru Bozu tidaklah menjadi hal yang sia-sia, seperti yang pernah dibahas pada sebuah artikel tradisi masyarakat Jepang tentang boneka ini yang memang dipercaya dapat mengabulkan sebuah permohonan terhadap cuaca yang akan melanda tempat sekitar, kali ini Artforia akan memberikan panduan dalam membuat boneka pengatur cuaca ini dengan cukup mudah.

Simak Juga : Membuat Pembatas Buku Origami Berbentuk Neko

Memohon cuaca baik terkadang sangat dinginkan oleh setiap orang dan dengan membuat boneka ini semoga anda dapat mendapatkan cuaca baik disekitar lokasi anda, meskipun bentuknya sepertu hantu kecil yang lucu namun masyarakat Jepang memandangnya lebih dari itu, bagi masyarkat Jepang boneka yang digantung ini dipercaya dapat menangkal hujan ataupun meminta hujan turun dengan diposisikan terbalik. Biasanya ketika musim hujan, teru teru bozu akan digantung di jendela menghadap keluar untuk menghentikan atau bahkan mencegah hujan. Anak-anak Jepang sering sekali membuat boneka ini.

Buatlah Boneka Teru Teru Bozu Anda Sendiri!Yang paling menarik dalam membuat boneka ini sebenarnya tidak ada teknik khusus dalam membuatnya. Terkadang dibuat menggunakan tisu atau paper towel di Jepang, Anda bisa menggunakan bahan yang ada tidak perlu memaksakan dengan bahan khusus yang sulit didapatkan. Namun tentunya panduan kali ini akan mengajak anda membuat Teru Teru Bozu yang bisa bertahan cukup lama, mari simak pembuatannya.

Alat yang dipersiapkan dalam membuatnya :

  • Kain berukuran sedang (warna sesuai selera)
  • Gunting
  • Jarum Jahit
  • Tali Pita

Cara dalam membuatnya :

1. Potong kain putih berukuran 8 1/2 “persegi. Anda bisa menggunakan gunting atau alat potong lainnya bila kain yang disediakan terlalu besar.

2. Ambil segenggam kecil fibrefill atau bisa sebuah kapas dan bentuklah menjadi sebuah bola kecil, hal ini dimaksudnya untuk mengisi bagian kepala pada boneka Teru Teru Bozu.

3. Tempatkan fibrefill atau kapas yang telah dibentuk bulat tadi ke bagian tengah kain. Bungkus fibrefill atau kapas tersebut dengan menarik kain ke atas sehingga membentuk seperti kepala, setelah tertutup rapat anda bisa mengencangkan fibrefill tadi dengan cara mengikat pada bagian antara fibrefill dan kain yang menggantung dengan sebuah pita ataupun tali, bisa juga dengan menjahitnya bila anda memang berniat membuat tampilan yang lebih rapih.

4. Untuk menambahkan kesan lucu pada bonekanya tambahkan dasi pita di sekitar leher atau bisa juga syal dari kain felt atau sisa kain dengan warna yang berbeda.

5. Setelah semuanya selesai anda tinggal memberikan wajah pada boneka Teru Teru Bozu. Salah satu caranya bisa dengan menjahit dengan benang hitam atau di bordir. Namun bila ingin berbeda anda bisa melakukannya dengan kreativitas anda sendiri.

6. Setelah semuanya selesai hanya tinggal membuat gantungan diatas kepala boneka anda agar mudah untuk digantung, bisa dipasangkan sepotong pita ataupun benang pendek yang ditempel atau dijadit diatas kepala boneka, namun bahan-bahan lain pun bisa digunakan untuk membuat gantungan pada boneka anda.

Boneka anda telah jadi!! gantung lah di dekat jendela rumah atau tempat anda untuk mencegah datangnya hujan atau cuaca buruk, tetapi bila ingin hujan datang gantung lah dengan mukanya menghadap ke dalam.

%d bloggers like this: