Berita Travel Jepang – Kedelai adalah salah satu bahan makanan yang sangat banyak digunakan pada beberapa negara, termasuk Indonesia yang memiliki makanan khas dari hasil olahan kedelai yaitu tempe, Jepang sebagai salah satu bagian negara di Asia tentunya juga memiliki beberapa makanan yang berasal dari olahan kedelai ini dan bisa dikatakan Jepang memiliki cukup banyak masakan dengan bahan dasar kedelai. Bisa dikatakan Jepang cukup terobsesi dengan yang namanya kedelai. Mari simak dibawah ini beberapa olahan masakan khas Jepang yang paling dikenal dengan bahan dasar dari sebuah kedelai.

Simak Juga : Info Liburan Dan Wisata ke Hakata Fukuoka

 

Miso

Bukti Bila Jepang Merupakan Negara Yang Terobsesi Oleh KedelaiMiso merupakan sebuah bumbu kaldu untuk sebuah masakan yang diproduksi dengan cara memfermentasi kedelai, nasi, gandum, barley atau soba dengan jamur yang dikenal dengan kojikin (Aspergillus oryzae).
Seperti banyak makanan fermentasi lainnya, orang sangat menyukai miso. Ini adalah susunan bumbu fundamental dari makanan Jepang. Bagi masyarakatnya sangat sulit untuk tidak mencicipi sup Miso kurang lebih seminggu sekali.

 

Shoyu

Bukti Bila Jepang Merupakan Negara Yang Terobsesi Oleh KedelaiShoyu merupakan kecapnya orang Jepang. Ada perbedaan besar kecap dari satu negara ke negara lain.
Jepang memiliki puluhan varietas kecap seperti Koikuchi, Usukuchi, Shiro dan Tamari. Semua ini memiliki metode pembuatan yang berbeda dengan kedelai, gandum, garam dan alkohol dalam berbagai proporsi. Rata-rata orang Jepang mengkonsumsi 7 liter (1,8 galon) kecap per tahun. Bukan hanya bumbu, kecap merupakan unsur penting dalam ratusan makanan Jepang.

 

Nato

Bukti Bila Jepang Merupakan Negara Yang Terobsesi Oleh KedelaiNatto adalah makanan kedelai yang difermentasi menjadi sangat lengket, bau dan memiliki rasa yang kuat. Ini adalah makanan sarapan yang populer di Tokyo, Tohoku, dan Hokkaido. Orang-orang di Jepang Timur dan Selatan tidak begitu menyukai natto. Gaijin juga biasanya tidak menyukainya. Kebanyakan orang kaget saat pertama kali mencicipi natto.

 

Irimame

Bukti Bila Jepang Merupakan Negara Yang Terobsesi Oleh KedelaiIrimame merupakan sebuah kedelai yang dipanggang secara utuh. Mereka umumnya dikenal sebagai soynut dalam bahasa Inggris. Di Jepang, Irimame adalah makanan ringan yang sering memiliki lapisan manis atau asin.
Di era Meiji, Irimame dijual sebagai salah satu bagian dari makanan manis dan ringan. Hari ini, mereka berbagi rak dengan ribuan permen dan makanan ringan Jepang modern. Irimini memainkan peran khusus dalam budaya Jepang karena mereka juga digunakan untuk menakut-nakuti iblis pada festival Setsubun.

 

Yuba

Bukti Bila Jepang Merupakan Negara Yang Terobsesi Oleh KedelaiYuba sering disebut sebagai kulit tahu atau bila di Indonesia disebutnya kembang tahu. Makanan ini dibuat dengan merebus susu kedelai dalam panci dan mengumpulkannya yang berkembang di permukaan. Yuba memiliki tekstur seperti keju kenyal. Ini disajikan mentah atau dalam goreng. Yuba juga digunakan sebagai ramuan di berbagai masakan Jepang.

Itulah 5 masakan yang terkenal di Jepang terbuat dari bahan dasar kedelai, tentunya masih banyak beberapa makanan Jepang yang memiliki bahan dasar atau campuran dari kedelai ini. Oleh karena itulah mengapa Jepang bisa dikatakan sebuah negara yang cukup terobsesi dengan sebuah kedelai.

%d bloggers like this: