2

Wisata Kuliner Jepang – Setiap menjelang dan sesudah tahun baru di Jepang kamu akan selalu menemukan kuliner tradisonal Jepang ini, yaitu Ozoni.

tsunagujapan.com

Ozoni yang merupakan Masakan Tradisional Tahun Baru Jepang yang selalu hadir ketika tahun baru. Ozoni terlihat seperti Sup “Mochi” atau kue beras dengan kuah miso atau kecap yang nikmat, dan bahan yang dipakai untuk hidangan Ozoni ini selain mochi adalah lobak daikon, wortel, dan daun bawang,

Simak Juga : Apa Itu Ozoni ? Makanan Tradisional Jepang Setiap Tahun Baru

Ozoni sendiri di Jepang sebenarnya banyak sekali jenisnya dengan berbagai macam bahan yang berbeda-beda sesuai dengan daerahnya, kali ini Artforia akan memberikan beberapa macam jenis Ozoni sesuai daerah yang ada di Jepang.

Wilayah Hokkaido dan Tohoku

1. Ozoni Dari Prefektur Hokkaido
pixta.jp

Ozoni Hokkaido menyajikan mochi panggang (persegi panjang), wortel, daun bawang, dan makanan khas Hokkaido lainnya seperti ikura (telur salmon), dalam kaldu “sumashi” berbahan dasar kecap. Di wilayah Ishikari di Hokkaido, ozoni lokalnya menyajikan kaldu miso ala “Ishikari nabe” (hotpot) yang diisi dengan mochi panggang dan bahan-bahan lokal Hokkaido seperti salmon, kentang, dan ikura.

2. Ozoni Dari Prefektur Iwate
pixta.jp

Di daerah Miyako di Prefektur Iwate, sup ozoni lokal menggunakan kaldu sumashi yang terbuat dari sarden kering dan kecap. Bahan-bahannya antara lain mochi panggang (persegi panjang), lobak daikon, wortel, akar burdock, dan salmon. Rahasia kelezatannya adalah bahan-bahan yang dicelupkan kedalam “saus kenari” sebelum dimakan, termasuk kacang kenari yang dimaniskan dengan sedikit gula, dengan paduan kaldu asin dan saus manis yang menciptakan harmoni indah dan lezat dari yang kamu bisa bayangkan.

Wilayah Kanto

3. Ozoni Dari Prefektur Kanagawa
pixta.jp

Ozoni dari Prefektur Kanagawa cenderung memakai kaldu sumashi dan mochi panggang (persegi panjang), kamaboko (pasta ikan berbumbu kukus), ayam, jamur, wortel, dan sayuran. Setelah bau dan lemak berlebih dari ayam dihilangkan, sup akan menjadi lebih bening yang menghasilkan rasa lembut dan alami dari setiap bahan, Kamaboko yang diwarnai merah dan putih, dengan skema warna klasik Tahun Baru, merah yang mewakili dari arti perlindungan dari roh jahat, sedangkan putih melambangkan kemurnian, menjadikannya makanan tradisional Kanagawa ini makanan keberuntungan.

4. Ozoni Dari Tokyo
pixta.jp

Ozoni di Tokyo menyajikan sup sumashi yang terbuat dari kaldu rumput laut dan tulang ayam, serta bahan-bahannya termasuk mochi panggang (persegi panjang), lobak daikon, dan bayam mustard Jepang. Pastikan untuk merebusnya selama 30 menit agar kaldu memiliki rasa yang maksimal, dan kamu akan mendapatkan semangkuk sup yang gurih. Bayam mustard harus ditambahkan tepat sebelum sup matang, untuk mempertahankan sedikit teksturnya.

Wilayah Kansai

5. Ozoni Dari Prefektur Kyoto
pixta.jp

Ozoni dari Prefektur Kyoto cenderung lebih manis dan menggunakan miso putih. Bahan-bahannya sangat spesifik untuk Kyoto dan termasuk mochi (bundar), ebi-imo (sejenis talas berbentuk udang yang tradisional di Kyoto dan dianggap beruntung), wortel kintoki (juga disebut wortel merah Kyoto), dan sayuran muda. Semangkuk sup ini memungkinkan kamu dapat menikmati manisnya sayuran ini sepenuhnya.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

2
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive
%d bloggers like this: