Belajar Bahasa Jepang – Cukup banyak orang-orang atau para pelajar yang salah dalam mendalami sebuah bahasa Kanji, sebagai contoh misalnya adalah banyak yang mengatakan “saya telah menguasai 100 Kanji dalam 1 minggu” atau sebuah kata-kata dalam layanan belajar yang menuliskan “Menguasai Kanji”.

Beberapa Pesan Penting Sebelum Anda Mempelajari Huruf Kanji !

image : textfugu

Sebenarnya dalam bahasa Kanji memiliki sangat banyak bagian untuk seseorang dapat menguasainya dengan sangat sempurna. Mengatakan saya menguasai Kanji sama saja seperti mengatakan saya menguasai komputer atau saya menguasai mesin yang sangat banyak memiliki komponen-komponen di dalamnya. Lalu bagaimana menanggapinya agar kita tidak salah paham dalam memahami sebuah Kanji,? berikut adalah penjelasan yang dapat Artforia berikan.

Simak Juga : Beberapa Hal Penting Yang Sering Dilupakan Dalam Mempelajari Bahasa Jepang !


Mempelajari Artinya

Mempelajari makna dari sebuah huruf Kanji adalah tujuan utama para pelajar bahasa Jepang, misalnya sebagai contoh (力) yang mengandung arti “Kekuatan” dalam huruf Kanji tetapi huruf radikal (力) adalah sebuah satu kata dalam sebuah penulisan. Sehingga inilah yang membuat Kanji cukup rumit untuk dikuasai karena setiap hurufnya terkadang memiliki arti tersendiri yang tidak membutuhkan campuran huruf lain.

Karena itu juga mengetahui arti dari sebuah huruf Kanji sangatlah berguna, Menghafal setiap makna dalam huruf Kanji seperti misalnya (続) atau (連) akan membantu anda menghafal juga kata-kata seperti 接 続 、 連 続 、 dan 連 中. Kesimpulannya adalah mempelajari makna huruf Kanji akan mempermudah anda dalam mengingat setiap kata-kata yang disusun dalam kalimat Kanji.

Jangan Buang Waktu Dengan Belajar Kalimat Penuh Kanji

Ini menjadi sebuah metode yang sering sekali salah dilakukan oleh pelajar bahasa Jepang terutama yang belajar secara otodidak. Mempelajari semua bacaan dalam sebuah kalimat Kanji adalah sebuah hal yang sebenarnya sangat membuang waktu, tetapi memang mempelajari setiap bacaan dalam kalimat Kanji dapat bermanfaat dalam beberapa kondisi, namun bila ingin tidak membuang waktu sangat banyak maka mempelajari makna dari satu kata Kanji sudah sangat cukup.

Tetapi dalam beberapa kasus sangat banyak kalimat-kalimat Kanji yang menggunakan teknik membaca Kun seperti 怪力(かいりき atau かいりょく?), 外道(げどう atau がいどう?), atau 家路(いえじ、うちじ、やじ?), bahkan bila anda dapat membacanya dengan benar, kalimat-kalimat tersebut dapat disingkat menjadi 活 発 dan 発 展. Contoh lain misalnya huruf Kanji 生 memiliki banyak arti/makna, sehingga tidak ada gunanya bila anda hanya menghafal cara membacanya tanpa mengetahui maknanya, karena kita tidak akan tahu makna apa yang digunakan dalam kalimat Kanji untuk huruf tersebut.

Mempelajari Urutan Goresan

Mungkin akan terlalu panjang jika menjelaskan alasan mengapa menghafal urutan goresan dalam penulisan huruf Kanji benar-benar penting. Namun yang sangat salah dilakukan para pelajar adalah mempelajari ini sebelum benar-benar menguasai dasar lain dan penulisan radikal, karena jika telah menguasai dasar-dasar lainnya dan juga penulisan radikal Jepang maka untuk menghafal urutan goresan pada huruf Kanji ini cukup mudah dan tidak perlu lagi mencari contoh.

Mungkin sesekali anda akan bertemu dengan huruf Kanji aneh seperti 飛 atau 鬱 yang benar-benar harus diperiksa urutan goresannya, namun untuk sebagian besar huruf lain dapat dengan mudah anda mengetahui urutan goresannya.

Mempelajari Cara Penulisan

Pada jaman modern saat ini memang teknologi telah berkembang ke sebuah titik di mana kita bisa menuliskan sebuah huruf asing tanpa tangan. Tetapi cukup memalukan apabila anda fasih berbahasa Jepang tetapi tidak bisa menulisnya dengan tangan, ini bahkan juga menjadi masalah bagi orang-orang Jepang terutama kaum remaja yang memang sangat bergantung dan selalu menggunakan teknologi seperti handphone dan komputer.

Tetapi mempelajari cara penulisan Kanji memang tergantung dari keputusan anda dan kebutuhan anda, mempelajari cara penulisan Kanji memang tidak bisa dengan waktu yang sedikit. Namun jika kehidupan sehari-hari anda memang membutuhkan banyak penulisan tangan maka anda memang membutuhkan kemampuan ini dan harus mempelajarinya. Tetapi belajar cara penulisan memang terkadang diwajibkan dalam tingkat dasar untuk membantu mengembangkan otot memori untuk menghafal setiap urutan garis setiap hurufnya.


Beberapa Pesan Penting Sebelum Anda Mempelajari Huruf Kanji !

image : nilsjapan

Itulah beberapa tips dan panduan yang dapat Artforia berikan untuk secara efisien dan tidak membuang banyak waktu dalam mempelajari huruf Kanji sesuai kebutuhan anda.

%d bloggers like this: