Berita Lifestyle Jepang – Selain menjadi negara yang maju dan tingkat kecerdasan yang tinggi, Jepang juga masuk kedalam salah satu negara terbersih di dunia. Tentunya bukan tanpa sebab Jepang bisa menjadi negara seperti itu, berikut ini Artforia akan menjelaskan bagaimana Jepang bisa tumbuh menjadi negara bersih dan juga indah sehingga menjadi daya tarik tinggi bagi wisatawan asing untuk berkunjung.

Beberapa Alasan Mengapa Jepang Tumbuh Menjadi Negara Yang Bersih Dan Indah
image : kyotogram.com

Simak Juga : Sebuah Museum Dengan Tema Unik “Unko” Akan Hadir Di Kota Tokyo


Prinsip Sikap Yang Berbeda Dari Sebagian Besar Negara Lain

Mungkin sebagian besar negara-negara lain masyarakatnya masih memiliki prinsip sikap yang hanya peduli pada area atau tugasnya saja. Tetapi di Jepang prinsip tersebut tidaklah berlaku, prinsip kebersihan masyarakat Jepang bukanlah “Mereka Yang Dibayar Untuk Membersihkan”, melainkan “Menjaga kota kita dan area publik tetap bersih”. Prinsip ini telah dibangun sejak dini dalam hati masyarakat Jepang, dapat dilihat dari mulai anak-anak tingkat dasar yang memiliki jadwal membersihkan kelas mereka sendiri. Bahkan penerapan ini dilakukan sampai mereka di Universitas, yang tentunya jarang ditemukan di negara-negara lain.

Untuk aktivitas diluar ruangan, mereka juga sudah terbiasa untuk menyiapkan apa yang akan mereka buang, sehingga mereka telah memiliki tempat khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut dan membuangnya di tempat pembuangan.

Pemikiran Kolektif Masyarakat Jepang Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Atas Keindahan Lingkungan Mereka

Tentu sebagian besar masyarakat di negara lain tidak peduli dengan apa yang mereka lewati terlepas dari tempat-tempat yang akan mereka singgahi dengan waktu yang cukup lama, namun di Jepang pemikiran masyarakatnya berbeda. Mereka juga memperhatikan area-area atau lokasi yang mereka hanya lewati sebentar saja, sehingga menimbulkan rasa peduli yang tinggi pada seluruh area publik tidak hanya beberapa lokasi saja.

Selain itu perbedaan terbesar antara Jepang dengan negara lain adalah cara berpikir yang kolektivis dari masyarakat Jepang, kepentingan kelompok lebih penting dibandingkan individu di Jepang, prinsip ini disebut Migi Ni Naru, sebuah prinsip yang juga biasanya digunakan oleh pasukan militer ketika membuat sebuah formasi pasukan sehingga dapat membuat sebuah barisan yang lurus dengan menyesuaikan posisi salah satu individu.

Penerapan Hukum Yang Ketat

Tentu tidak hanya soal prinsip hidup saja, tetapi juga sistem peraturan yang diterapkan cukup ketat di Jepang soal penanganan sampah. Selain itu mereka juga memisahkan sampah-sampah sesuai jenisnya, mulai dari yang mudah terbakar, tidak dapat terbakar, kaca, plastik, botol, papan, koran, kertas dan masih banyak lagi. Denda besar juga ditetapkan untuk mereka yang melanggar peraturan tentang sampah ini, sehingga dengan adanya tambahan peraturan ini membuat masyarakat Jepang menjadi jauh lebih sadar dengan pentingnya lingkungan publik.

Banyaknya Kelompok Sukarela Yang Dibentuk Untuk Kebersihan

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Jepang menjadi negara yang bersih dan indah, di banyak lembaga-lembaga publik atau pelayanan publik. Kelompok-kelompok sukarela dibuat untuk menjaga kebersihan lembaga tersebut, seperti misalnya di sebuah kantor. Para karyawan biasanya akan memiliki jadwal masing-masing untuk menjadi sukarela kelompok kebersihan di kantor mereka.

Beberapa Alasan Mengapa Jepang Tumbuh Menjadi Negara Yang Bersih Dan Indah


Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: