5

Berita Arsitektur Jepang – Jika kamu membaca tentang buku-buku novel karya William Gibson tahun 1984 maka kamu akan menemukan konsep-konsep unik bernuansa Cyberpunk Neuromancer, bangunan-bangunan dengan bentuk yang unik dan tidak biasa pada jaman saat ini adalah kondisi yang digambarkan dalam masa Cyberpunk tersebut. Hal ini nampaknya tidak mustahil untuk menemukan bangunan-bangunan yang hampir memenuhi syarat dari konsep Cyberpunk di beberapa wilayah di Jepang, salah satunya adalah Menara Kapsul Nakagin Kisho Kurokawa, konsep bangunan ini disebut Aristektur Metabolist.

Bangunan Unik Jepang, Yang Tercipta Karena Konsep Metabolisme Arsitektur
image : Pinterest

Metabolisme sendiri dalam dunia arsitektur dimulai oleh Kenzo Tange saat Jepang melalui pasca-perang dunia. Tange kala itu bekerja sebagai mentor untuk beberapa arsitek muda lainnya dan bersama-sama mereka mengembangkan konsep yang membentuk Metabolisme dalam dunia arsitektur. Filosofi arsitektur The Metabolist sengaja dibuat, ini tidak terjadi secara alami dalam kehidupan sebuah bangsa, sehingga tidak heran desain-desain dan konsep bangunannya akan sangat berbeda dari bangunan atau gedung biasa.

Simak Juga : Menikmati Suasana Unik Dan Nyaman Dalam Ruangan ROPPONGI TSUTAYA BOOKS

Apa Itu Metabolisme Arsitektur ?

Modularitas adalah salah satu fitur dalam sebuah Metabolisme, dalam dunia arsitektur konsep Metabolisme ini dirancang untuk menggabungkan modul prefabrikasi yang dapat ditambahkan ke struktur pusat untuk memperluasnya. Pertumbuhan organik sangat dekat dengan konsep modularitas, sehingga bangunan dibuat secara modular dan dapat dengan mudah diperluas, dihilangkan atau diubah sesuai keinginan atau kebutuhan penghuni bangunan tersebut. Ketidakkekalan yang menjadi akar dalam budaya arsitektur tradisional Jepang, mengambil pengaruh penting dalam konsep Metabolist arsitektur ini di Jepang. Salah satu contohnya adalah sebuah kuil yang telah dibangun kembali setiap 20 tahun, sejak abad ke-7. Bahkan seorang arsitek Kisho Kurokawa pernah memiliki usulan tidak biasa, yaitu menanam sebuah dinamit atau bahan peledak pada sebuah dinding untuk mempermudah pembongkaran ketika struktur ingin dirubah atau direnovasi.

Bangunan Unik Jepang, Yang Tercipta Karena Konsep Metabolisme Arsitektur
image : archeyes.com

Konsep ini menciptakan manifesto beberapa rencana untuk pembangunan gedung besar dengan penampilan yang aneh dan tidak biasa pada hari ini. Salah satunya adalah rencana Teluk Tokyo yang memiliki skenario untuk meledakkan gunung di Chiba dan menggunakan batu untuk membangun pulau-pulau linier melintasi Teluk Tokyo yang membentang dari Kanagawa hingga Chiba. Ambisi-ambisi pembangunan ini mungkin terlalu mustahil untuk direalisasikan dengan berbagai cara, namun beberapa bangunan dengan konsep unik ini telah hadir di beberapa tempat di Tokyo.

Menara Kapsul Nakagin

Bangunan Unik Jepang, Yang Tercipta Karena Konsep Metabolisme Arsitektur
image : japantravel.com

Bangunan ini adalah hasil rancangan Kisho Kurokawa, terletak di area dekat Stasiun Shimbashi, ini adalah contoh paling nyata dan mudah diakses dalam melihat Metabolisme arsitektur di Jepang. Struktur bangunan ini terbuat dari dua area utama yang sangat tahan lama, dan menampung semua utilitas yang diperlukan. Dengan gaya modular, atau kapsul bangunan ini dibuat dalam luas area tanah yang terbilang sangat minim, namun dapat menampung sejumlah pengunjung dalam jumlah yang cukup banyak, secara sepintas bangunan terlihat seperti dalam sebuah permainan Lego.

Tujuan lain dari bangunan ini adalah mengganti kapsul setiap 25 tahun, yang memungkinkan struktur utama dapat bertahan selama 200 tahun, namun bangunan itu menjadi rusak karena kapsul tidak pernah diganti, hal ini dikarenakan Kurokawa meninggal pada tahun 2007, membuat pelestarian bangunan ini cukup sulit. Selain itu masing-masing kapsul memiliki pemilik yang berbeda sehingga proposal pembaruan tidak menemukan titik kesepakatan yang penuh.

Shizuoka Press and Broadcasting Centre

Bangunan Unik Jepang, Yang Tercipta Karena Konsep Metabolisme Arsitektur
image : tokyoweekender.com

Bangunan lain yang dapat menjadi contoh dalam Metabolisme Arsitektur Jepang adalah gedung Shizuoka Press and Broadcasting Centre, bangunan ini tidak berjarak jauh dari Menara Kapsul Nakagin yang kini telah ditinggalkan. Gedung ini juga dirancang oleh Kenzo Tange, tokoh utama dalam kelompok arsitek Jepang yang melakukan konsep Metabolisme ini. Gedung pusat siaran Shizuoka ini dibangun sejak tahun 1967 dan memiliki inti struktural yang mirip dengan Nakagin. Ini dimaksudkan untuk menjadi bangunan modular yang mudah diperluas dalam skala tertentu jika dibutuhkan. Namun seperti kebanyakan proyek-proyek Metabolist arsitektur lainnya di Jepang, gedung-gedung ini perlahan tidak dilanjutkan dan memudar.


Itulah beberapa fenomena dalam konsep Metabolisme Arsitektur di Jepang, yang mungkin membuat kita memasuki masa yang disebut Cyberpunk.

Source : Tokyoweekender

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

5
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: