Asal Muasal Sushi

Kuliner Jepang – Siapa sih yang tidak mengenal sushi? Saya rasa semua orang hampir pernah mendengar jenis masakan ini. Sushi identik dengan nasi yang diberi lauk (bahasa jepang: neta) di atasnya. Lauk ini sangat beragam jenisnya. Bisa berupa makanan laut, daging, sayur, baik mentah atau yang sudah dimasak. Nama sushi sendiri berasal dari bahasa kuno yang mengarah ke kata sifat, yaitu masam. Suatu gambaran mengenai proses fermentasi, yang berarti proses pengawetan ikan dengan fermentasi yang dikemas di dalam nasi. Agar proses berjalan baik, dibutuhkan bantuan cuka.

Baca JugaPESONA BENTO HINOMARU YANG MENCERMINKAN BENDERA JEPANG

asal mula sushi

Sushi mulai terkenal sejak jaman edo, dimana pada saat itu sushi disebut dengan nama “Nigirizushi”. Sebelum jaman edo, sushi yang dikenal di Jepang adalah jenis “Oshizushi” (sushi yang dibentuk dengan cara ditekan-tekan di dalam wadah kayu persegi).  Jaman dahulu, 1 porsi sushi setara dengan 9 porsi sushi pada jaman sekarang, atau kira-kira sama dengan 18 kepal sushi (360 gram).Satu porsi sushi zaman dulu yang disebut dengan “Ikkanzushi” mempunyai neta yang terdiri dari 9 jenis makanan laut atau lebih. Pada jaman Edo akhir, nigirizushi mulai mengalami perkembangan, dimana porsinya sudah dikurangi agar lebih mudah untuk dinikmati. Pada masa itu, teknik pendinginan ikan masih belum maju. Akibatnya, ikan yang diambil dari laut harus diolah lebih dulu agar tidak rusak bila dijadikan sushi. Sehingga pada jaman ini harga sushi menjadi cukup mahal. Sampai tahun 1970-an sushi masih menjadi suatu panganan mewah.

asal mula sushi

kaiten sushi asal mula sushiWalaupun rumah makan “Kaitenzushi” (model penjualan sushi siap saji yang meletakkan sushi dalam piring-piring kecil yang beredar dengan bantuan ban berjalan) pertama sudah dibuka tahun 1958 di Osaka, penyebarannya ke daerah-daerah lain di Jepang masih memakan waktu lama. Makan sushi sebagai suatu acara keluarga baru berkembang pada tahun di tahun 1980-an seiring dengan makin meluasnya kaitenzushi. Keberhasilan kaitenzushi kemudian mendorong perusahaan makanan untuk memperkenalkan berbagai macam bumbu sushi instan yang memudahkan ibu rumah tangga membuat sushi di rumah.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: