3

Berita Kuliner Jepang – Dalam Budaya Jepang terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi salah satu tradisi di hari-hari khusus, di Jepang sendiri memiliki tradisi menyantap Kuliner Tradisional Jepang yang selalu hadir ketika tahun baru, yaitu Ozoni, Apa itu Ozoni ? lewat artikel ini Artforia akan menjelaskan asal dan bahan Masakan Tradisional Tahun Baru Jepang ini.

tsunagujapan.com
Simak Juga : 12 Suvenir Daerah Terbaik di Jepang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Apa Itu Ozoni ?

tsunagujapan.com

Ozoni adalah sup “mochi” (kue beras) dengan kuah miso atau kecap. Bahan selain mochi yaitu terdiri dari wortel, lobak daikon, dan daun bawang.

Ozoni memiliki sejarah panjang yang konon dimulai sejak Periode Heian (794 – 1192). Mochi selalu dikaitkan dengan keberuntungan dan telah dimakan pada acara perayaan sejak lama. Kebiasaan tersebut berlanjut hingga hari ini dan makan ozoni di Tahun Baru dianggap sebagai ekspresi keberuntungan (untuk tahun berikutnya). Meskipun daerah dan keluarga berbeda mungkin memiliki resep ozoni sendiri.

Mari kita gali lebih dalam lagi tentang jenis rasa dan bahan apa yang terkandung dalam ozoni.

Jenis Mochi Apa yang Digunakan di Ozoni?

tsunagujapan.com

Mochi yang Anda temukan dalam sup ozoni bisa berbentuk lingkaran atau persegi panjang (lihat gambar di atas), seringkali bergantung pada wilayahmu, mochi melingkar di Jepang bagian barat dan mochi persegi panjang di Jepang bagian timur. Mochi melingkar dikatakan telah digunakan karena kanji untuk lingkaran 円 (“en”) terdapat pada kata harmonis atau damai 円 満 (“enman”). Sementara itu, mochi persegi panjang muncul karena alasan yang lebih praktis: pada Zaman Edo (1603 – 1867), ketika populasi ibu kota (di Jepang bagian timur) mulai meroket, prosedur intensif waktu untuk membuat mochi menjadi bentuk bulat adalah keputusan yang tepat, dan bentuk persegi panjang lebih banyak disukai, karena lebih mudah untuk diproduksi secara masal.

Bagaimana Mochi Dimasak untuk Ozoni?

tsunagujapan.com

Mochi dalam ozoni bisa direbus, dipanggang, atau digoreng. Mochi goreng adalah yang paling langka dari ketiganya, tetapi menghasilkan tekstur yang renyah dan gurih yang tak tertahankan. Ketiga metode memasak ini menghasilkan tekstur dan rasa yang berbeda, jadi cobalah semuanya dan lihat mana yang paling Anda sukai!

Simak Juga : Tahun Ini Pokemon Chansey Akan Membawakan Kamu Keberuntungan Di Mister Donut x Pokémon Fukubukuro Lucky Bag

Seperti Apa Rasa Sup Ozoni?

Secara umum, sup dalam ozoni bisa berupa “sumashi” (kaldu sederhana yang dibumbui dengan kecap dan garam), miso putih (jenis yang lebih manis, tidak terlalu asin), miso ringan (lebih asin dari miso putih), atau kacang merah. Varian yang kurang umum, ditemukan di sudut tertentu negara, termasuk “mentsuyu” (basis kuah mie) dan sup yang terbuat dari makanan laut.

sumber : tsunagujapan.com


 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

3
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.
%d bloggers like this: