Kuliner Jepang – Tidak dapat dipungkiri bahwa Jepang selain mempunyai destinasi wisata dengan keindahan alamnya, juga mempunyai wisata kuliner yang semacam itu beragam. Malahan tidak heran sebagian makanan khas Jepang sudah mendunia, di Indonesia sendiri kita akan banyak menemukan restoran restoran khas Jepang seperti yang menyediakan Udon (mie khas Jepang), Tempura, Shabu Shabu hinga Sukiyaki.artforia.com

Baca Juga : Resep Membuat Sup Nabeyaki Udon Yang Lezat

Malahan makanan ringan jepang malah sudah dijajakan di warung warung kecil di Indonesia seperti Takoyaki. Rasanya yang lezat tentu menjadi alasan mengapa makanan Jepang ini menjadi mendunia. Ada beragam-variasi makanan khas Jepang menurut penyajiannya, ada yang digoreng maupun direbus. Untuk yang direbus yang tenar yaitu Shabu Shabu dan Sukiyaki.

artforia.com

Sukiyaki sendiri berbeda dengan sayur sup di Indonesia yang dihidangkan sesudah jadi.  Bila dilihat dari metode memperkenalkan karenanya Sukiyaki yaitu kuliner dalam pot panas yang berisi daging asap iris tipis, bawang daun, daun krisan, jamur shitake, tahu, jamur shirataki, dilengkapi dengan bumbu manis dari kecap asin, gula, dan arak jepang. Biasanya, daging sapi yang diaplikasikan diiris sedikit lebih tebal daripada shabu-shabu. Ada dua variasi Sukiyaki yang tenar di Jepang, yaitu ala Kanto dan ala Kansai. Perbedaan diantara keduanya berlokasi dari metode pembuatan. Kira kira mana yang lebih lezat ya? Segala kembali ke selera masing masing, pada Sukiyaki ala Kanto yang benar-benar populer pertama tama akan membikin bumbunya lebih-lebih dahulu. Bumbu terbuat dari kecap asin, gula, arak, sake, dan lain-lain, sesudah itu baru daging atau sayuran yang sudah disiapkan dicelupkan ke dalam bumbu hal yang demikian lalu direbus.

artforia.com

Sukiyaki Kanto Style

Artforia.com

Sukiyaki Kansai Style

Meski untuk ala Kansai, yang pertama dikerjakan bukanlah membikin bumbunya tetapi memanggang dagingnya lebih-lebih dahulu, baru setelahnya dikasih gula dan kecap asin, sayuran yaitu yang paling terakhir dimasukan. Dikala kuah sup sudah mulai asat atau sedikit, ditambahkan sake atau air. Meski demikian ada satu persamaan diantara keduanya yaitu bagus di Kanto maupun Kansai, Sukiyaki kerap dimakan bersama dengan Telor mentah, tetapi metode makan ini sepertinya aslinya berasal dari Kansai.

Sukiyaki menempuh kepopulerannya berkat nyanyian Sakamoto Kyu berjudul [Sukiyaki] yang pernah memperoleh rangking 1 di Amerika Hit Chart. Dikala ini Sukiyaki dapat dirasakan di beragam daerah seperti restoran khusus Sukiyaki, restoran kuliner pot panas yang menyediakan Sukiyaki dan Shabu-shabu, dan restoran kuliner daging sapi termasuk Teppanyaki, dan lain-lain. Lain-lain, orang Jepang juga memakan Sukiyaki di rumahnya.

%d bloggers like this: