A password will be e-mailed to you.

Berita Lifestyle Jepang – Musim dingin merupakan salah satu bagian dari musim yang hadir di Jepang, meskipun indah namun musim dingin merupakan musim yang memiliki cuaca cukup tidak bersahabat, dinginnya suhu yang berkepanjangan tentu dapat memberikan dampak kesehatan yang kurang baik untuk sebagian orang, oleh karena itu biasanya masyarakat yang negaranya memiliki musim dingin, salah satunya seperti Jepang memiliki sebuah perawatan khusus untuk menghadapi cuaca musim dingin. Musim dingin juga menjadi salah satu alasan mengapa pemandian air panas sangat populer di Jepang, namun dalam berendam air panas ternyata masyarakat Jepang memiliki tradisi tersendiri untuk dapat lebih menyehatkan tubuh terutama ketika musim dingin yaitu dengan menggunakan buah Yuzu.

Alasan Mengapa Orang Jepang Suka Mengkonsumsi Buah Yuzu

image : digjapan.travel

Simak Juga : Seorang Remaja Jepang Ciptakan Lagu Dari Alat Pelurus Rambut

Sejumlah orang pasti berpikir tidak ada solusi lain yang lebih baik dalam melewati musim dingin dengan bersantai dengan sesuatu yang hangat dan juga memiliki aroma segar, dan salah satunya mandi yuzu menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Jepang, selain memiliki harum yang khas ternyata berendam dengan sebuah buah yuzu dapat memberikan khasiat lain untuk kesehatan.

Alasan Mengapa Orang Jepang Suka Mengkonsumsi Buah Yuzu

image : goinjapanesque.com

Buah Yuzu sendiri merupakan salah satu jenis dari tanaman jeruk yang ditemukan di Asia Timur, diyakini merupakan hasil perkawinan silang antara jeruk mandarin dan Ichang Papeda. Buah ini tumbuh di pohon kecil yang berduri, sebelum matang buah ini sama seperit kebanyakan buah lainnya berwarna hijau, bentuknya seperti buah limau tetapi memiliki harum yang lebih menyengat. Buah ini berasal dari dataran tengah China dan juga Tibet, dan akhirnya diperkenalkan ke Jepang dan Korea, mereka diperkenalkan ke A.S. pada akhir 1800an. Yuzu memiliki rasa yang unik dan kompleks, mungkin bila anda mencoba rasanya seperti campuran antara jeruk mandarin, lemon dan juga jeruk bali.

Di Jepang buah Yuzu sering dimasukan kedalam ke bak mandi dan ataupun onsen sekitar tanggal 21 Desember setiap tahunnya untuk menandai hadirnya winter solstice yang merupakan pertengahan musim dingin dimana siang hari yang lebih sebentar dibandingkan malam harinya. Tradisi ini telah dilakukan lebih dari 200 tahun yang lalu namun sejarawan tidak yakin bagaimana hal ini dimulai. Resort dan ryokan banyak yang menawarkan pemandian seperti ini sebagai ajang promosi untuk menarik pelanggan.

Alasan Mengapa Orang Jepang Suka Mengkonsumsi Buah Yuzu

image : talk-hokkaido.blogspot.co.id

Berikut ini beberapa manfaat dari buah Yuzu.

Kandungan Antioksidan – Yuzu mengandung 100g/150mg antioksidan kuat vitamin C, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jaringan tubuh, tulang, dan kulit. Flavonoid atau phytonutriens adalah bahan kimia yang ditemukan pada buah ini, juga merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk mengatur gula darah dan tekanan darah serta memperbaiki fungsi otak.

Kandungan Antikanker – Komponen aromatik yuzu, termasuk senyawa organik limonene yang juga diproduksi oleh berbagai jenis tumbuhan ternyata tidak hanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, namun juga memiliki khasiat antikanker.

Mikroba Baik – Ditemukan pada biji yuzu, asam P-methoxycinnamic bertindak sebagai agen antibakteri yang alami, mampu membantu melindungi manusia dari bakteri E. coli, Salmonella, dan bakteri yang menyebabkan keracunan makanan lainnya.

Perbaikan kardiovaskular dan sirkulasi – Banyak orang menyatakan merasakan rasa hangat setelah mengkonsumsi buah ini. Hal ini disebabkan adanya peningkatan sirkulasi. Dengan memperbaiki aliran darah, dan jugu mencegah pembekuan darah dan karena itu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Efek aromaterapi – Aroma dari Yuzu yang menyegarkan dapat memberikan relaksasi dan juga menghilangkan stress, oleh karena itulah mengapa orang Jepang senang menggunakan Yuzu sebagai bahan aromaterapi.

%d bloggers like this: