A password will be e-mailed to you.

Kuliner Jepang – Selama liburan ke Jepang di musim panas menerpa Jepang, jenis makanan manis apa yang kamu suka ? kebanyakan pasti menjawabnya es krim, sudah lumrahnya jika kepanasan bawaannya kita ingin mengkonsumsi yang dingin-dingin , yang merupakan cara terbaik untuk menghilangkan rasa panas, nah bagaimana dengan es serut ? walaupun sama-sama dari es.

Es Serut yang merupakan termasuk makanan manis yang sangat populer selama musim panas di Jepang, dan memang memiliki alasan tersendiri mengapa orang Jepang itu sangat menyukainya.

Simak Juga : Fakta Menarik Tentang Gyoza

Nah di artikel ini Artforia akan menjelaskan dan menunjukan sejarah es serut dan mengapa masyarakat Jepang begitu mencintainya, yuk langsung aja di simak di bawah ini guys.

1. Sejarah Panjang Es Serut

Sudah tahukah anda, Es serut sudah ada sejak periode Heian (794-1185) ? Karena es merupakaan makanan musim panas yang sangat langka, maka dari hanya kaum bangsawan saja yang bisa menikmati es.

Alasan Kenapa Es Serut Sangat Populer Di Jepang

guidable.co

Selama periode Edo (1603-1868) Terkadang Es serut di hidangkan sebagai persembaha kepada shogun Tokugawa Leyasu.

Setelah di temukan pembuat es, pada periode Meiji (1868-1912), masyarakat umum sudah dapat mengkonsumsi es dengan harga yang terjangkau.

Toko es serut pertama buka di Jepang terletak di kota Yokohama pada tahun 1869.

2. Kebangkitan Sirup Setelah Perang Dunia ke-2

Jika anda pernah merasakan es serut, rasa manis yang dirasakan merupakan dari salah satu sirup rasa Strawberi, Melon, Blue Hawai Biru, atau Lemon.

Alasan Kenapa Es Serut Sangat Populer Di Jepang 3

guidable.co

Sebelum adanya penemuan pemanis modern setelah Perang Dunia ke-2, jaman dahulu menggunakan gula, madu atau kacang azuki untuk mempermanis es serut.

3. Keajaiban Dari Sirup

Rasa sirup apa yang kamu sukai ? Strowberi, Lemon, atau Melon?

Alasan Kenapa Es Serut Sangat Populer Di Jepang 5

cloudfront.net

Stand es serut adalah salah satu dari banyaknya jenis stand makanan yang populer saat fesival musim panas di Jepang, ketika anda mencoba dan membandingan semua rasa es serut sebagan besar mereka semua menggunakan rasa yang sama, Rasa utaa yang dapat di temukan saat festival musim panas adalah gula, pewarna makanan, dan aroma sederhana, perbedaan yang nyata adalah warnanya yang dibuat seunik mungkin.

4. Es Serut dan Media Sosial

Banyak dari sebagian orang Jepang menyukai hal-hal yang baru dan mereka seang mengikuti tren terbaru tersebut.

Alasan Kenapa Es Serut Sangat Populer Di Jepang 4

mauiwatch.com

Media sosial memiliki pengaruh yang besar pada orang Jepang, dan situs web seperti Facebook dan Instagram telah memicu kebangkitan es serut, banyak pengguna media sosial asal Jepang yang memposting ulasan dan gambar es serut tertentu, dengan mencobanya sendiri, membuat pos review sendiri, dan terus berulang-ulang.

Berkat adanya tempat baru untuk berbagi pengalaman dan komunikasi, banyak terciptanya rasa es serutyang unik tekah dikembangkan, perpaduan rasa baru dan media sosial membuat es serut menjadi salah satu bagian yang menjadikan es serut abadi dari budaya Jepang modern.

Yuk kita lihat beberapa toko es serut yang menawarkan rasa-rasa unik dan khusus.

Wa Kitchen Kanna @ Sangenchaya

Apakah anda menyukai Tiramisu ? jika suka, coba kunjungi “Wa Kanna” di Tokyo, cobalah es serut tiramisu mereka, anda dapat mencoba mascarpone di tiramisu dan menikmati es serut yang kaya akan rasa disini, Es serut Wa Kanna memiliki tekstur yang sangat lembut, dibuat menggunakan es alami dari kota Nikko.

Wa Kitchen Kanna Alasan Kenapa Es Serut Sangat Populer Di Jepang

guidable.co

Jika anda merasa sedikit bosan dengan rasa sirup yang sering anda cicipi, datanglah kesini, dan coba es serut tiramisu.

Harga : 750 yen

Alamat : COMS SHIMOUMA 2F, 2-43-11, Shimouma, Setagayaku, Tokyo, 154-0002
Tel : 03-6453-2737
Akses 🙁 Tokyu Denentoshi Line) Sangenchaya Station (10 menit jalan dari stasiun)
Jam Buka : 11:00 AM – 19:00 PM
Tutup : Rabu

Himitsu Dou @ Nippori

Toko Es serut ini mempuyai sirup yang kaya akan rasa, dan juga 100% buatan rumah, mereka juga tidak menggunakan bahan-bahan yang sudah jadi, melainkan di proses dari 0.

Himitsu Dou Alasan Kenapa Es Serut Sangat Populer Di Jepang

guidable.co

Banyak masyarakat Jepang yang menyukai es serut di toko ini, terkadang anda harus berlama-lama mengantri terutama ketika musim panas yang panjang, ada banyak pelanggan reguler disini, bahkan di musim dingin juga banyak yang datang ke toko ini.

Harga : 1000 yen – 2000 yen

Alamat :3-11-18, Yanaka, Taito-ku, Tokyo, 110-0001
Tel : 03-3824-4132
Akses : (JR Yamanote Line) Nippori Station (5 menit jalan dari stasiun)
Jam Buka : 10:00 AM – 18:00 PM
Tutup: Senin (Selasa Tutup Di Oktober sampai Mei)

Musim panas di Jepang terasa akan sangat panas ditambah musim hujan lebih cepat berakhir di Tokyo, pasti anda mencari cara untuk mendinginkan badan saat kegiatan di luar ruangan.

Simak Juga : 5 Fakta Menarik Mengenai Dunia Kuliner Jepang

Salah satu caranya adalah mencicipi es serut ala Jepang, efeknya hampir sama seperti didala ruangan berAC loh.

Selamat menikmati musim panas Jepang yang dingin.

%d bloggers like this: