Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Seni Budaya Jepang – Pernahkah Anda mendengar sebuah tradisi yang sudah berusia ratusan tahun dan masih dipertahankan hingga kini: tsukimi? Arti tsukimi dalam bahasa Indonesia ialah memandang bulan. Memang arti dan pengimplementasiannya serupa, memandang bulan purnama. Ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun di masyarakat Jepang.

Baca Juga : Mitos Keberuntungan Laba Laba Di Pagi Hari

Salah satu kegiatan tradisional yang dilakukan pada musim gugur adalah Tsukimi (月見) yang bertujuan untuk menghormati bulan musim gugur yang dilakukan pada pertengahan musim. Perayaan bulan purnama biasanya diadakan pada hari ke-15 bulan ke-8 kalender matahari tradisional Jepang; sedangkan untuk bulan sabit dirayakan pada hari ke-13 bulan ke-9. Hari-hari ini biasanya jatuh pada bulan September dan Oktober untuk kalender matahari modern. Kebiasaan Tsukimi di Jepang berasal dari Festival Pertengahan Musim Gugur Cina. Tradisi ini sekarang begitu populer di Jepang bahwa beberapa orang mengulangi kegiatan untuk beberapa malam setelah munculnya bulan purnama pada bulan kedelapan lunisolar.

Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Ketika tsukimi berlangsung, masyarakat Jepang menyambutnya dengan sangat antusias. Mereka akan berlomba memajang dekorasi yang terbuat dari rumput susuki. Disamping itu, mereka juga menghidangkan kue beras yang biasanya disebut dengan tsukimi dango, dan biasanya disantap sambil memandangi bulan penuh. Ketika terjadinya pergantian bulan baru yang terjadi pada bulan kesembilan, para warga biasanya akan mempersembahkan sesaji berupa produk-produk musiman seperti chesnut dan ubi jalar.

Ketika jatuhnya tsukimi ini, kedai-kedai di Jepang akan saling berlomba menawarkan kreasi khas tsukimi untuk menarik minat para pembelinya. Produk-produk yang disajikan tersebut seperti tsukimi udon atau soba, yakni berupa mie yang biasanya disajikan dengan telur mentah dan nori. Bentuknya sendiri mirip bulan purnama diatas langit malam. Seakan tak mau ketinggalan beberapa restora sushi juga menampilkan sushi ala tsukimi yang dihiasi dengan telur mentah di atasnya. Pun juga dengan restoran burger yang menyajikan tsukimi burger yang menyerupai bulan purnama. Sungguh sangat mengasyikkan menyambut purnama dengan pelbagai produk ala tsukimi.

%d bloggers like this: