Ada Festival Adu Banteng di Okinawa
Image : Pinterest.jp

Seni Budaya Jepang – Kalau Spanyol punya adu banteng yang melibatkan matador dengan cape dan pedangnya, lain lagi di Okinawa, Jepang. Pada adu banteng yang berlangsung di Okinawa tidak ada matador dan tidak ada senjata. Pengunjung yang datang karena mengharapkan aksi matador tampan mungkin akan kecewa. Adu banteng di Okinawa adalah pertarungan antara dua ekor banteng, yang beratnya lebih dari satu ton.Adu banteng sudah menjadi hobi para petani di Kepulauan Ryukyu sejak abad ke-17. Saat ini, adu banteng bisa disaksikan di salah satu dari selusin arena luar ruang di pulau utama Okinawa pada Minggu sore.

Baca Juga : Teknik Panahan Tradisional Jepang Yang Disebut Yabusame

artforia.comAdu banteng di Okinawa City bull ring, Route 85, merupakan salah satu atraksi yg ditawarkan kota Okinawa. Di sini, Anda dapat melihat dua banteng yg saling menjatuhkan. Arenanya dibuat melingkar agar Anda bisa melihat dari berbagai sisi. Cincin pertempuran adu benteng atau yg biasa disebut tougyu ini adl area melingkar dengan campuran pasir dan tanah liat. Arena yg memiliki diameter sekitar 18 meter ini dikenal sebagai ushioorashe. Biasanya ribuan orang datang utk menonton banteng-banteng ini bertempur.

Saat pertandingan dimulai dua ekor banteng akan saling beradu, diiringi oleh teriakan penonton. Ini biasanya akan memacu banteng utk saling menjatuhkan. Jika salah satu banteng sudah terlihat mengalami luka yg cukup serius pertandingan akan segera diakhiri. Pertandingan ini dapat berlangsung setengah jam. Selama pertandingan, sekelompok hakim duduk di atas arena.

Merekalah yg menentukan kemenangan seekor banteng. Dalam keadaan normal, banteng yg berpaling pertama adl pecundang, namun bila banteng mulai berjalan dan kembali maka pertandingan akan diteruskan. Setelah banteng memenangkan pertandingan, layaknya atlet pun, banteng akan mendapat perayaan. Pita berwarna akan diikat di tanduk pemenang, banteng juga akan terbungkus dengan jubah berwarna-warni. Banteng yg menjadi juara biasa disebut yokozuna, seperti juga juara sumo. Untuk menonton pertandingan ini, Anda diekenakan biaya Y2500 atau Y3000 (sekitar Rp259 ribu atau Rp311 ribu).


Like it? Share with your friends!

Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: