Lifestyle Jepang – Kebijakan reformasi gaya kerja Perdana Menteri Shinzo Abe telah menyebabkan kegemparan di pasar tenaga kerja Jepang selama beberapa bulan terakhir. Dalam upayanya untuk membatasi jam kerja yang panjang dan menghilangkan kesenjangan upah yang tidak setara, ia juga mempromosikan fleksibilitas tenaga kerja dengan mendorong pekerja untuk mengambil pekerjaan sampingan.

blog.gaijinpot.com

Pada 2015, 5,3 juta orang Jepang dapat mengerjakan dua pekerjaan. Pada tahun 2018, jumlah ini membengkak menjadi 7,4 juta, atau sekitar 11% dari total tenaga kerja, menurut Lancers Inc, salah satu platform pekerjaan freelancer online terbesar di Jepang.

Simak Juga : Fenomena Gaya Hidup Jepang Yang Unik Sukses Menghipnotis Dunia

Dengan Pedoman dan model untuk perusahaan yang membantu mereka dalam mengikuti pekerjaan sampingan yang akan diberlakukan awal tahun ini, bersama dengan penghapusan aturan kementerian tenaga kerja yang melarang pekerjaan kedua tanpa izin atasan. Sekarang, karyawan hanya perlu memberi tahu atasan mereka sebelum melakukan pertunjukan lain.

Sementara untuk perusahaan Jepang secara tradisional menuntut 100% kesetiaan dan komitmen monogami dari karyawan mereka, semakin banyak yang mengubah cara pandang mereka untuk membantu staf saat ini memperluas keterampilan mereka, serta menarik pekerja baru di tengah kekurangan tenaga kerja.

Dengan pemerintah yang secara aktif mendorong orang untuk memiliki pekerjaan sampingan atau bekerja paruh waktu, jika kamu memang memiliki waktu yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan sampingan, apa lagi yang akan kamu tunggu.

Berikut adalah beberapa pekerjaan sampingan yang paling umum, dapat diakses, dan fleksibel untuk orang asing di Jepang.

Sementara itu perusahaan Jepang menuntut 100 kesetiaan dan komitmen monogami dari para karyawan mereka, semakin banyak perubahan cara pandang mereka untuk membantu para staf untuk menambah keterampilan mereka, serta menarik pekerja baru di tengah kekurangan tenaga kerja.

Dengan dorongan pemerintah yang secara aktif untuk para pekerja bisa mendapatkan pekerjaan sampingan atau bekerja paruh waktu, kamu bisa mulai mencari pekerjaan sampingan sekarang juga.

Berikut ini beberapa pekerjaan sampingan yang paling umum dapat diakses dan fleksible untuk para orang asing yang berada di Jepang.

1. Instruktur Bahasa Inggris

Ini mungkin salah satu pekerjaan sampingan paling populer yang diambil oleh orang asing yang tinggal di Jepang. Posisi instruktur atau tutor bahasa Inggris sering kali fleksibel dan memungkinkan Anda bekerja dari rumah, setelah jam kerja / sekolah reguler, atau pada akhir pekan. Persyaratan pekerjaan instruktur dapat berkisar dari waktu mengajar bahasa Inggris dengan anak-anak usia sekolah-pembibitan, untuk mengajar anak-anak sekolah dasar atau menengah, hingga mengajar kursus tingkat bisnis.

islcollective.com

Ada juga pelajaran bahasa Inggris secara pribadi atau les privat di mana Anda mengajar sebagai freelancer independen melalui platform seperti Hello Sensei atau Eigo Pass. Eikaiwa Cafe adalah pilihan lain, di mana penutur bahasa Inggris biasanya akan duduk di sebuah meja di kafe yang ditunjuk, kemudian bergabung dengan penduduk setempat yang terlibat dalam berbagai topik percakapan yang menarik. Contoh di Tokyo termasuk Easy Eikaiwa atau LeafCup English Café.

2. Service Staff

Ingin sekali melatih bahasa Jepang Anda? Berinteraksi dengan para pelanggan lokal dan asing setiap hari selama shift di restoran, kafe, atau bar. Karena industri jasa di Jepang merupakan salah satu area yang paling banyak kekurangan tenaga kerjanya di Jepang, untuk pekerja paruh waktu memiliki banyak ragam pilihan untuk jenis restoran apa yang diinginkan. Fancy a gyoza restaurant? Spanyol-Italia? atau Brasserie Prancis?

jpninfo.com

Anda akan membutuhkan kemampuan bahasa Jepang tingkat percakapan bisnis untuk posisi staf layanan, meskipun kami melihat semakin banyak daftar pekerjaan untuk perusahaan internasional (di kota-kota besar) yang tidak memerlukan keterampilan bahasa Jepang.

3. Game Localization Testers

idseducation.com

Jika Anda memiliki hasrat untuk bermain video game, ini mungkin merupakan pekerjaan sampingan yang sempurna untuk Anda. Perusahaan video game sering memburu penerjemah dari berbagai bahasa yang berbeda, untuk menerjemahkan dan menguji video game dalam bahasa asli mereka di bidang pelokalan permainan yang berkembang pesat. Banyak dari posisi ini juga dapat ditahan dari jarak jauh, selama Anda memiliki komputer dan koneksi internet. Satu lagi persyaratan pekerjaan? “Pengalaman luas dalam bermain video game.”.

4. Freelance Translator

blog.stepes.com

Jika Anda sudah berada di Jepang untuk sementara waktu dan ingin menguji kemampuan bahasa Anda, pekerjaan terjemahan mungkin menjadi tugas yang cocok untuk Anda. Perusahaan Jepang sering mencari penerjemah dalam bahasa kedua untuk menerjemahkan dokumen, situs web, siaran pers, dan banyak lagi ke bahasa lain. Penerjemah mungkin sering menjadi penghubung antara pelanggan atau vendor asing dan perusahaan Jepang setempat juga. Jika Anda memiliki keterampilan bahasa, ada baiknya memperbarui halaman LinkedIn Anda dengan informasi dalam bahasa Jepang dan membuat profil di pasar freelancer seperti Gengo atau CrowdWorks.

5. Konbini Staff

Pekerjaan sampingan atau magang yang populer juga di Jepang adalah bekerja di konbini (toko serba ada), yang dapat ditemukan di setiap sudut negara ini. Konbini yang saat ini sedang panas-panasnya banyak perekrutan pekerja asing, dengan empat merek konbini terbesar yang mempekerjakan lebih dari 50.000 staf gaijin secara total. Seringkali, Anda dapat bekerja sesedikit atau sebanyak yang Anda inginkan selama seminggu, dan dalam beberapa kasus, Anda dapat membawa pulang sisa makanan!

ft.com

Jangan takut untuk mengambil pekerjaan ini, karena kamu bisa mengambil waktu rehat untuk pemakaman atau bekerja setelah jam kerja reguler, Anda akan membutuhkan orang Jepang yang cukup layak untuk dapat berinteraksi dengan manajer dan pelanggan.

6. Uber Eats Delivery Rider

independent.co.uk

Karena Uber Eats saat ini sedang mendapatkan daya tarik di Jepang, diperlukan lebih banyak para pengemudi pengiriman (kurir) dan pengendara sepeda untuk mengangkut makanan di sekitar kota-kota besar Jepang. Jamnya fleksibel, Anda adalah bos Anda sendiri, dan jika Anda memilih untuk bersepeda, Anda bisa juga sambil berolahraga. Bayar didasarkan pada berapa banyak pengiriman yang Anda lakukan dan Anda harus menyortir diri sendiri dengan asuransi sepeda yang tepat. Uber Eats tersedia di Tokyo, Kanagawa, Saitama, Chiba, Aichi, Kyoto, Osaka, Hyogo, dan Fukuoka, dan sangat mudah untuk memulai bekerja sebagai kurir makanan. Jika Anda ingin pergi langsung dengan sebuah perusahaan, pekerjaan pengiriman dengan Domino’s Pizza, KFC dan McDonald juga terbuka untuk pekerja asing.

7. Go-Kart Tour Guide

hisgo.com.my

Manfaatkan keterampilan mengemudi Anda dengan baik dengan menjadi Pemandu Tur Go-kart paruh waktu dengan X-Cart (sebelumnya dikenal sebagai MariCar) dan hidupkan fantasi masa kecil Anda. Pekerjaan unik di Tokyo ini menjadi salah satu pekerjaan paling keren di Jepang. Pekerjaan ini menggabungkan go-kart, kostum lucu, bekerja di luar ruangan, dan mengemudi di puncak kota Tokyo setiap hari. Anda memerlukan SIM Jepang atau SIM internasional.

Simak Juga : 5 Toko Kosmetik Terbaik Yang Ada Di Area Shin Okubo Kota Tokyo !

8. J-Blogger or Vlogger

wondermika.com

Kamu bisa monetisasi pengalaman dan petualangan Jepang sehari-hari Anda sendiri dengan memulai blog atau vlog tentang perjalanan Anda di Jepang! Bukan hal yang aneh bagi influencer media sosial untuk dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan menggunakan kekuatan internet. Hasilkan uang dari membuat konten yang disponsori, menempatkan iklan, menawarkan layanan, atau menggunakan tautan afiliasi ke hotel dan tur.

Bagaimana sahabat Artforia, sudah menentukan pekerjaan sampingan mana yang cocok dengan kamu, yang pasti bisa sesuai dengan jam kosongmu, agar tidak menggangu pekerjaan utama kamu atau jam kuliah kamu.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: