Kuliner Jepang – Seperti yang kita ketahui tentang Tokyo mempunyai Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang Sushi, Ramen dan Tempura paling terbaik.

Ibukota Jepang adalah sebuah negeri ajaib gastronomi yang sudah tidak mengherankan.

Baca Juga : Kenali Lebih Dekat Hokkaido Sebelum Pergi Berlibur

Tetapi jika kalian ingin merasakan pengalaman merasakan kuliner Jepang yang paling menakjubkan, kalian harus keluar dari kota Tokyo, dan merasakan perjalanan ke seluruh penjuru negeri Jepang

8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : CNN

“Jepang merupakan salah satu negara yang mempunyai masakan kuliner yang paling kaya dan beragam akan jenis makanannya, yang bisa kalian temukan di mana saja di Dunia” ucapnya Paul Christie, CEO Walk Japan Food dan Culture Tours.

“Identitas daerah telah sangat kuat sepanjang sejarah Jepang dan masih dengan bangga dipromosikan. Dengan iklim yang sangat bervariasi setiap daerah Jepang mengakibatkan terciptanya masakan lokay yang berbeda-beda.

Faktor yathanng menjadi pendorong kualitas tinggi dalam makanan yaitu dari pertanian skala kecil yang sudah mempunyai tradisi berabad-abad dan restoran lokal.

“Sejauh ini, sebagian dari restoran besar di jalankan oleh keluarga turun-temurun, yang dimana menjadi kebanggaan dalam keterampilan memasak dan kepuasan pelanggan” ucapnya Christiem yang sudah lama tinggal dan bekerja di Jepang selama 30 tahun.

“Restoran-restoran ini merupakan tulang punggung dari dunia kuliner Jepang, dan sudah ada 10 ribu menyebar di seluruh negara.

Jadi jika kalian ingin mencari surganya dunia kuliner Jepang, Makanan atau minuman, Christie akan memberikan beberapa destinasi wisata kuliner di Jepang yang merupakan favoritnya.

 


Kunisaki Dan Beppu, Pulau Kyushu

Berlokasi di tepi timur pulau Kyushu, kota-kota pesisir kecil seperti Kunisaki dan Beppu terkenal akan jalan-jalan tuanya dan pemandian air panas, yang terkadang di gunakan untuk merebus mie, seafood atau sayuran.

dango jiro artforia

Image : cookingwithdog.com

“Di region Oita, Dango-Jiru adalah “Dango” secara harfiah berarti “bola” atau “pangsit”, dan “jiru” berarti “sup” dalam bahasa Jepang, meskipun beragam ketebalannya ada yang tipis dan tebal, yang terbuat dari tepung, Mie yang di masak dengan bahan-bahan lokal, seperti Taro Jepang, bawang, jamur shitake, di sup misonya, terdapat kaya rasa manis dari sayuran, yang sangat cocok dengan mie lembut dan kenyal, membuat satu hidangan yang hanga dan mengenyangkan.

Sudah menjadi hidangan favorit lokal sejak zaman Heian (794-1185), Yaseuma merupakan kudapan ringan atau hidangan penutup yang terbaik untuk dinikmati, dan sangat cocok di sandingkan dengan kopi atau teh hijau.

Untuk mie buatan sendiri, Christie merekomendasikan Kaya-no-ki, yang terletak di sebalah kuil indah Fuki-Ji di Kunisaki Peninsula, disini alian bisa menemukan mie yang di buat menggunakan bahan dasar yang segar dari petani setempat.

Di sekitar Beppu di garis pantai selatan, Christie merekomendasikan Onmen, Hidangan soba yang hangat, yang bisa kalian nikmati dalam beberpa pilihan ukuran dari kecil hingga ekstra besar.

“Mienya yang terbuat dari tepung soba, disajikan dengan irisan daging sapim telur setengah matang, kimchi, sayur asam gaya korea, kol pedas, dan biji wijen,” Ucap Christie.

“kamu dapat menemukan hidangan lokal ini di beberapa restoran spesialis di Beppu, termasuk Kirin-tei, yang mienya di buat tepat di depan anda.”

Terletak di sepanjang Beppu Bay, Kirin-tei pertama kali dibuka pada tahun 1974 dan telah memiliki reputasi sebagai Mie yang segar dengan ukuran porsi yang sangat besar.

Kaya-no-ki, 2421-2 Bungotakada-shi, Oita Prefecture, Japan; +81 978 26 2351Kirin-tei, 10-45 Mochigahamacho, Beppu, Oita Prefecture, Japan; +81 977 21 0774


Hiroshima, Pulau Honshu

Di tepi barat pulau-Honshu, pulau terbesar di Jepang, Kota Hiroshima yag sudah modernisasi, tetapi tidak hilang dengan tradisi kuliner lokal.

Okonomiyaki 8 destinasi wisata kuliner jepang

Image : Wikipedia

“Jiwa makanan di Hiroshima sudah tidak di ragukan lagi itu adalah Pancake yang gurih Okonomiyaki,” ucap Christie.

“Setiap restoran menciptakan gaya sendiri, tetapi bahan-bahan penting termasuk adonan dan parutan kubis, bersama dengan topping seperti babi, udang, kubis putih, serpih bonita kering dan saus Worcester.”

“Hidangan original Hiroshima ini sudah ada sejak tau 1957.” Ucapnya Chrisie .”sejak itu pula Okonomiyaki mendapatkan popularitas di Jepang, membuat restoran Okonomiyaki tersebar di Jepang.

Micchan Sohonten, 1-2 Matsubaracho, Mashiminami-ku, Hiroshima 732-8791, Hiroshima Prefecture, Japan; +81 82 263 2217


Izu Peninsula, Pulau Honshu

Dengan perairan pesisir yang dangkal, hutan lebat, tanah vulkanik yang subur dan pedalaman bergunung-gunung, Semenanjung Izu menghasilkan beberapa surf dan turf terbaik di Jepang.

baird-beer-artforia

Image ; shizuokagourmet.com

Selain itu, semenanjung ini dikenal dengan sumber mata air alami, yang sering dibuat menjadi sake buatan lokal dan kerajinan bir, seperti Baird Beer.

Di Izu benar-benar alam yang terbaik di sini, dengan makanan meliputi segala sesuatu mulai dari kepiting laba-laba dan cumi-cumi hingga ikan laut bream, lobster, jamur, katsuobushi (serpih bonito kering) dan lobak segar.

Di setiap acara makan malam, kalian akan di undang untuk membuat wasabi anda sendiri di meja makan.

Suiko wisata kuliner jepang artforia

Image : fukuoka-now

Di sekitar wilayah ini, beberapa restoran lokal yang paling di favoritkan termasuk spesialis makanan laut Suiko, hidangan beragam Kaiseki di Amagiso, dan kaiseko bergaya homestyle di Toutei beach inn..

Baird Beer, 19-4 Senbonminatocho, Numazu, Shizuoka Prefecture, Japan; +81 55 963 2628
Suiko, 1271-2 Naramoto, Higashiizu, Kamo 413-0302, Shizuoka Prefecture, Japan
Amagiso, 359 Nashimoto, Kawazu, Kamo District, Shizuoka Prefecture 413-0501, Japan; +81 558-35-7711
Toutei, 348-7 Kisami, Shimoda, Shizuoka Prefecture, Japan; 0558-22-3450


Kawagoe, Pulau Honshu

Hanya 30 menit dari barat laut Tokyo, Kawagoe sangat menjadi pilihan perjalanan singkat satu hari bagi kamu yang punya sedikit waktu liburan.

Kastil jaman Edo akan membuatmu terpesona dengan gaya arsitektur kuno dan kuilnya, tetapi jangan sampai kalian teralihkan, kita disini untuk mencari makanan yang lezat dan fenomenal.

Tempat favorit nya? adalah Toraya, yang dijalankan oleh tim sepasang suami-istri.

8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : tabelog

“Sang suami memasak yakitori di atas arang di depan pelanggan, yang duduk di sekelilingnya konter,” ucapnya Christie. “Sementara itu, istrinya menuangkan minuman ke semua orang dserta membagikan makanan ringan ke lainnya sembari terkadang ikut dalam percakapan yang menarik dan cerdas dengan pelanggan.”

Untuk sentuhan lokal ke yakitori, Christie menyarankan untuk menambahkan pasta merah pedas.

Setelah mengisi tusuk sate ayam, wisatawan dapat menggali kelezatan Kawagoe lainnya: ubi jalar.

Dari imo (ubi jalar) bir hingga es krim hingga jeli, ubi jalar telah menjadi makanan favorit pelengap di sini selama lebih dari 240 tahun.

kameya 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : tabelog

“Toko roti bernama Kameya menghasilkan kue lembut ubi jalar lezat yang baru saja meleleh di mulut Anda,” kata Christie.

“Toko roti bernama Kameya menghasilkan kue lembut dari ubi jalar yang lezat dan dapat meleleh di dalam mulutmu,” kata Christie.

“Saya juga akan merekomendasikan toko makanan ringan dan permen Toyodo, di mana Anda dapat mencoba rebusan kentang manis yang sudah dipanggang dan renyah.”

Toraya, 20-23 Sugawaramachi, Kawagoe, Saitama Prefecture 350-0046, Japan; +81 49 224 3550
Kameya Honten, Nakacho, Kawagoe 350-0065, Saitama Prefecture, Japan; +81 49 222 2051
Toyodo, Yubinbango, Kawagoe 350-0056, Saitama Prefecture, Matsue-cho 2-6-9; +81 49 222 1852


Takamatsu, Pulau Shikoku

Terletak di pulau Shikoku, Takamatsu adalah rumah bagi kastil kuno dan taman Jepang yang cantik.

Tetapi yang mejadi tersangka makanan utama adalah mie yang terkenal di kota ini.

Mie udon sanuki 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : Bon Appetit

Mie udon Sanuki adalah sebuah institusi di Takamatsu – dimakan pagi, siang dan malam oleh penduduk setempat,” kata Christie.

Sanuki udon restoran yang berbentuk seperti kantin yang di kelola keluarga, menjadi tempat favorit penduduk setempat, dengan kualitas hidangan yang segar, sederhana namun lezat.

Pada sebagian besar pengunjung, Christie mengatakan mie gandum disajikan lebih cepat daripada Anda dapat menyeruputnya.

Ada banyak restoran sanuki udon di kota, tetapi Christie memiliki beberapa favorit termasuk Sakaeda, di pusat kota Takamatsu.

“Tempat ini memiliki nuansa kantin fungsional dengan beberapa udon terbaik di mana saja,” kenangnya. sambil “Menyaksikan warga setempat mengoceh dalam perjalanan ke atau dari sekolah atau bekerja yang merupakan sesuatu yang harus kalian lihat.”

takoyaki 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : fun! japan

Ketika malam tiba, kalian dapat menikmati takoyaki gurita, meskipun itu khas Osaka, Restoran Hidamari salah satu yang tidak boleh kalian lewatkan.

“Restoran Hidamari merupakan restoran kecil yang tersembunyi berada di sisi jalan tengah kota, faktanya bahwa restoran ini terlihat lebih seperti bar, sang pemilik menjalankan restorannya sampai larut malam sendiri setelah penutupan.”

“Dia menghasilkan beberapa takoyaki terbaik yang tersedia di mana saja di Jepang dan menyimpan beberapa bir Jepang terbaik dan sake untuk menurunkan semuanya.”

Sakaeda, 5-2-23 Bancho, Takamatsu 760-0017, Kagawa Prefecture, Japan; +81 87 834 6291
Hidamari restaurant, 2-18-12 Matsushimacho, Takamatsu, Kagawa Prefecture, Japan; +81 87 897 6002


Yaeyama, Ishigaki and Iriomote, Pulau Okinawa.

Di wiliayah Okinawa selatan terkenal dengan budaya dan masakan yang unik.

Ini adalah dunia yang jauh dari tempat mie izakaya dan ramen dari kota-kota kosmopolitan Jepang.

Ramen Izakaya 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : 365thingsinhouston

Di sini, Anda mungkin akan menemukan banyak sup sehat, awamori (minuman keras lokal), umi budo (anggur laut), variasi trilyunan dari goya (labu hijau) dan beras taco – yang dianggap karena kehadiran dari militer Amerika Serikat.

“Okinawa memiliki silsilah budaya yang berbeda, yang dapat digambarkan sebagai suatu tempat yang memiliki perpaduan antara Jepang dan Cina, yang memberikan anda pengalaman kuliner yang unik dan berbeda dari yang lain.

Meskipun iklim subtropis dan bahan-bahannya sangat berbeda dari Jepang utara, produsen Okinawa masih mempertahankan perhatian yang sama terhadap detail.

“Di Hateruma, distrik Yaeyama, tidak memiliki hidangan khas, karena pemilik sekaligus koki hanya menggunakan ikan yang dia tangkap atau sayuran yang ditanam sendiri dan hanya terbuka untuk bisnis ketika dia memiliki cukup bahan untuk menyiapkan hidangan bagi pelanggan,” kata Christie.

“Pengabdiannya terhadap bahan-bahan Okinawa lokal sangat jelas terutama antusiasme ketika dia menjelaskan setiap item dalam hidangan yang dia persiapkan dengan penuh kasih.”

Funakura no Sato 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : TripAdvisor

Christie juga menyarankan Funakura no Sato, yang merupakan sebagai menu rekomendasi yaitu nasi goreng dengan tinta cumi.

“Hidangan ini, dicuci dengan awamori – dengan semangat Okinawa yang populer namun sangat kuat – secara menghibur dilengkapi oleh para penyanyi sambil memainkan musik dan lagu Okinawa secara live,” kata Christie.

Hateruma, 201-101 Haemi, Taketomi-chō, Yaeyama District, Okinawa Prefecture, Japan; +81 980 85 5623
Funakura no Sato, 2468-1 Arakawa, Ishigaki 907-0024, Okinawa Prefecture, Japan; +81 980 82 8108


Kiso Fukushima, Pulau Honshu

Sebuah kota sejak aman Edo, Kiso Fukushima sekarang menjadi kota yang memikat bagi wisatawan untuk melihat pemandangan gunung, arsitektur kuno, dan tradisi kuliner yang unik.

“Kota kecil ini (di Prefektur Nagano) terletak jauh di pegunungan dan jauh dari laut. Dengan lingkungan pegunungan, dikombinasikan dengan iklim musim dingin yang keras di mana padi sangat sulit tumbuh, hingga menghasilkan makanan yang sangat berbeda dari kota lainnya di Jepang, “jelas Christie.

“Di sini, soba secara historis adalah makanan pokok, bukan beras. Dan, sampai hari ini, beberapa mie soba buatan tangan yang terbaik dapat ditemukan di sini.”

Soba Kiso Fukushima 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : Go! Nagano

Pilihan favorit Christie adalah nishin soba – Mie soba yang di kombinasi dengan herring kering,

“Restoran Kurumaya merupakan tempat yang harus kalian tuku di pusat kota Kiso Fukushima,” rekomendasi dari Christie.”atau jiak kamu mengunjungi daerah dataran tinggi Kaida Kogen yang dekat dan indah, pergilah ke Matsuba, dimana makanannya sama menakjubkannya dengan layanannya yang begitu ramah.

Selain soba, spesialisasi lokal lainnya termasuk Ikan Iwana yang begitu berharga, biasanya di hidangkan dengan cara di panggang dan di taburi gamarm, untuk menu makanan saat musim dingin, sup mso hoba, menjadi pilihannya, daging sapi dan sayuran panggang di daun pohon hoba.

Untuk lebih menantang kalian bisa mencoba daging kuda mentah yang dimakan dengan kecap dan bawang putih, sangat di anjurkan.

Kurumaya, 5367-2 Fukushima, Kiso-machi, Kiso-gun 397-0001, Nagano Prefecture, Japan; +81 264 22 2200
Matsuba, 3904-1 Kaidakogen Suekawa, Kiso-machi, Kiso-gun 397-0301, Nagano Prefecture, Japan; +81 264 42 3100


Aizu Wakamatsu, Pulau Honshu

Istana Merah Tsuruga yang terkenal di Aizo Wakamatsu, sebagai objek wisata utama, yang berada di tepi danau Inawashiro di bawah kaki bukit gunung Oto.

Tidak hanya daerah ini yang memiliki beberapa sake terbaik di Jepang, tetapi juga dikenal dengan kerang kering dan bahan-bahannya yang bersahaja, seperti talas, wortel, dan jamur.

Kozuyu Aizu Wakamatsu 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : aizu-tours.jp

“Menu yang menjadi spesialisasi lokal adalah Kozuyu, yang selalu menggunakan kaldu dari scallop kering, jarum shiitake, wortel, taro dan konnyaku devil’s togu jelly (terbuat dari umbi starch) dibumbui dengan kecap asin dan sake manis mirin,”ucap Christie.

“Setiap keluarga dan restoran menyesuaikan resep dasar ini untuk membuat versinya sendiri-sendiri.”

Di sepanjag area, hidangan menarik lainnya menawarkan hidangan lokal yang lebih akrab dengan masakan Jepang.

Milk Miso Aizu Wakamatsu 8 Tujuan Wisata Kuliner Terbaik Di Jepang

Image : gogotohoku

“Ada mie ramen susu-miso, yang memiliki rasa lebih lembut dan lebih menyegarkan daripada ramen yang ditemukan di tempat lain di Jepang,” kata Christie. “Kamu juga harus mencoba shakugan soba, mie soba dengan daun bawang serta bawang mentah yang digaruk secara tidak sengaja ke dalamnya. Terlepas dari bagaimana tampilannya, aroma tajam daun bawang itu menambahkan kesegaran pada soba.”

Baca Juga : Nikmati Keindahan Kota Tokyo Melalui Tokyo Tower

Di restoran-restoran lokal seperti Taihei-Raku, wisatawan akan menemukan lingkungan yang lebih hidup dan berbagai macam makanan untuk dijadikan sampel.

Taihei-Raku, 3-3 Hinoki-Machi, Aizuwakamatsu, Fukushima Prefecture, Japan; +81 242 29 6385

%d bloggers like this: