Dunia Cosplay Jepang – Ingin melakukan cosplay pada sebuah acara festival memang bisa dilakukan siapa saja, namun apakah anda tahu tahap yang benar dalam melakukan cosplay pada sebuah acara?? Artforia akan memberikan beberapa informasi mengenai tahap tersebut, Untuk sebagian para cosplayer yang sudah sering menghadiri acara-acara festival tentunya telah mengetahui langkah-langkahnya atau bahkan belum sama sekali mengetahuinya jadi sebaik anda simak 7 langkah yang kami berikan ini.

Simak Juga : Kemono Friends Cosplay Terbaik Versi Artforia

artforia.com1. Mencari Acara Cosplay Dari Jauh-Jauh Hari

artforia.comMenetapkan acara dari jauh-jauh hari adalah hal yang diwajibkan untuk para cosplayer karena dalam mempersiapkan sebuah costume akan memakan waktu yang cukup lama, bila anda secara mendadak memilih acaranya anda akan merasa kesulitan untuk menentukan costume yang pas untuk digunakan pada acara tersebut!.

2. Persiapan Costume Selesai

artforia.comTahap kedua adalah persiapan costume yang akan anda gunakan telah selesai sebelum acara tersebut akan dimulai, jika anda melakukan tahap kesatu dengan benar pastinya costume yang anda buat atau pesan sudah selesai sebelum acara akan dimulai sehingga anda akan memiliki waktu banyak untuk memikirkan hal lainnya yang diperlukan dalam acara tersebut.

3. Cara Menuju Ke Tempat Acara

artforia.comPikirkan cara terbaik untuk sampai pada tempat acara, misalnya seperti memilih rute jalan yang terbaik dan tidak jauh serta sebaiknya janganlah gunakan costume anda sejak awal ketika berpergian karena beresiko akan merusak komponennya apa lagi bila costume anda adalah costume yang berarmor besar seperti menggunakan pedang, tombak, dan lain-lain. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman terlebih dahulu dalam perjalanan.

4. Registrasi Yang Benar Dalam Acara Tersebut

artforia.comAnda harus ketahui beberapa acara biasanya memperbolehkan para pendatang yang melakukan cosplay masuk secara gratis tanpa membayar tiket dan melalui jalur khusus, anda sebaiknya melakukan registrasi ini agar anda lebih mudah untuk masuk kedalam acara tersebut tanpa berdesak-desakan dengan para pendatang lain. Namun bila tidak ada jalur khusus seperti ini anda mau tidak mau memang harus melalui jalur akses yang biasa tetapi usahakan costume anda jangan sampai rusak.

5. Gunakan Costume & Make Up Pada Ruang Ganti

artforia.comPada sebuah acara besar biasanya disediakan ruangan untuk berganti khusus para cosplayer dan bila tidak ada anda bisa menggunakan WC umum untuk melakukannya, dengan berganti di tempat acara tentu costume anda akan aman dari resikonya perjalanan serta kondisi tubuh anda yang akan terganggu bila sudah memakai costume sejak perjalanan akan cukup beresiko, seperti misalnya keringat yang tentunya akan mempengaruhi teksture make up anda.

6. Perhatikan Kondisi Acara & Orang-Orang Sekitar

artforia.comPerhatikan kondisi sebuah acara dan lokasi orang-orang sekitar karena anda harus menyesuaikan diri dengan kondisi acara tersebut, untuk para wanita yang melakukan cosplay sexy sebaiknya perhatikan juga orang-orang sekitar ketika mereka berdatangan dan meminta foto karena bisa saja kejadian tak menyenangkan menimpa anda dan sebaiknya jangan sendirian, gunakan pose-pose menarik yang cocok dan berciri khas dengan character yang anda cosplay kan agar orang-orang yang memotret anda mendapatkan sebuah photo cosplay yang sempurna.

7. Berganti Pakaian Biasa Setelah Acara Selesai

artforia.comSetelah lelah seharian berdiri dalam sebuah acara tentunya anda tidak ingin pulang dengan menggunakan costume-costume cosplay yang cukup merepotkan terutama costume-costume seperti armor dan robot, lepaslah costume tersebut pada ruang ganti atau WC sebelum anda melakukan perjalan pulang.

Bagaimana menurut kalian para pembaca Artforia terutama para cosplayer apakah telah sesuai dengan langkah-langkah anda dalam melakukan cosplay pada sebuah acara? jika belum semoga tips dan informasi ini berguna untuk anda ketika mengunjungi sebuah acara cosplay nanti.

%d bloggers like this: