Kuliner Jepang – Mochi merupakan makanan manis khas Jepang yang sangat populer dan dikenal banyak orang, mungkin untuk bentuk dan rasa sudah banyak orang yang mengetahuinya tetapi Mochi masih memiliki beberapa hal menarik yang belum banyak diketahui oleh orang, seperti misalnya Mochitsuki yang merupakan sebuah acara tradisional pada saat Tahun Baru di Jepang di mana dalam acara ini diadakan setiap tanggal 25 hingga 28 Desember setiap tahunnya, dalam acaranya ini sekelompok para pembuat Mochi akan memukul olahan beras untuk membuat kue ini. Masih penasaran dengan fakta menarik lainnya?? simak dibawah ini.

7 Fakta Menarik Mengenai Kue Mochi

image : flickr.com

Simak Juga : 15 Jajanan Jepang Yang Sering Hadir Di Festival

Mochi Dapat Menyebabkan Kematian

Jangan kaget dari makanan yang lucu dan kenyal ini karena dapat menyebabkan kematian, bukan karena kandungannya yang tidak menyehatkan atau juga menyebabkan alergi dan semacamnya, tetapi karena texture Mochi yang sangat kenyal dan juga lengkek membuat terkadang seseorang tersedak bila tidak hati-hati memakannya, cukup berbahaya bagi para kakek dan nenek yang ingin mencobanya sebelum di potong kecil-kecil terlebih dahulu, telah ada beberapoa catatan kematian atas makanan ini di Jepang yang rata-rata korbannya adalah para orang lanjut usia.

Mochi Tidak Selalu Untuk Dimakan

Mungkin bagi masyarakat negara lain, sosok Mochi hanyalah sebuah makanan manis yang dapat disantap kapan saja, tetapi di Jepang kehadiran kue ini tidak selalu untuk dimakan. Seperti misalnya saat tahun baru yang terdapat sebuah Mochi bernama Kagami Mochi yang dijadikan sebuah dekorasi dengan dua buah Mochi putih besar dengan tambahan buah jeruk Jepang atau yang disebut daidai. Buah daidai ini akan diletakan diatas kedua Mochi putih tersebut dan kemudian diberi hiasan-hiasan, setelah itu diletakan di beberapa lokasi di rumah hingga bulan Januari tanggal 11.

Mochi Dapat Bertahan Lama

Sebenarnya masyarakat Jepang tidak terlalu suka Mochi yang disimpan terlalu lama, mereka lebih senang memakannya selagi segar, tetapi bila ingin di simpan kue Mochi dapat bertahan hingga beberapa minggu di dalam kulkas atau pendingin lainnya, tetapi disarankan untuk tidak menyimpannya terlalu lama karena akan membuat rasa dan texturenya tidak maksimal.

Mochi Lebih Populer Ketika Musim Dingin

Bagi masyarakat Jepang menyantap kue Mochi lebih populer pada musim dingin, tetapi tenang saja bagi para wisatawan kue ini dapat anda dapatkan kapan saja di Jepang.

Mochi Mirip Dengan Dango Namun Berbeda

Banyak yang keliru bila Dango itu adalah Mochi dan juga sebaliknya, namun sebenarnya kedua makanan ini berbeda. Dango terbuat dari tepung beras kering sedangkan Mochi terbuat dari Mochigome Rice.

Mochi Memberikan Banyak Energi

Kue Mochi memiliki banyak kandungan kalori dengan bebas gluten dan kolesterol sehingga menjadi alasan mengapa banyak para petani di Jepang yang memakan kue ini selama musim dingin karena untuk memberikan stamina lebih untuk bekerja di cuaca yang dingin.

Sejarah Mochi Masih Belum Jelas

Asal diciptakannya Mochi yang pasti sampai saat ini masih belum diketahui, kebiasaan membuat kue beras sebagai bagian dari festival Tahun Baru telah muncul sejak periode Heian (794-1185).

7 Fakta Menarik Mengenai Kue Mochi

image : pebbleversion.com

%d bloggers like this: