Kuliner Jepang– Desert merupakan salah satu hidangan yang sering kita tunggu-tunggu setelah kita meyantap hidangan utama, Desert ini yang biasanya bercita rasa manis, dan ringan.

Simak Juga : Beberapa Hidangan Manis Jepang Yang Mungkin Belum Pernah Anda Cicipi

Di Jepang sendiri, Desert atau hidangan penutup, menjadi salah satu kuliner yang paling banyak di buru para wisatawan lokal atau mancanegara, nah, berikut ini Artforia akan memberikan informasi tentang 5 hidangan desert yang populer dalam dunia kuliner Jepang, yuk di simak berikut ini.


sndimg.com

1. Japanese Cheesecake

Japanese Cheesecake atau sering juga disebut dengan Cheesecake kapas atau Cheesecake ringan, yang merupakan jenis kue bolu berasal dari kota Hakata, Jepang.

Desert Khas Jepang ini pada thaun 1947 kue ini memiliki citarasa lebih manis dan sedikit berkalori dari pada kue-kue keju yang lainnya, Japanese Cheesecake mengandung lebih sedikit keju dan gula, kue ini terbuat dari bahan dasar krim keju, mentega, gula, krim kocok dan telur, dan secara tradisional dibuat dengan bain-marie.

Mirip seperti kue sifon, Cheesecake Jepang ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan ringan, yang dihasilkan dengan mengocok putih telur dan kuning telur secara terpisah.


theedgyveg.com

2. Green Tea Ice Cream

Jepang seperti yang kita ketahui sangat gemar meminum teh hijau, kali ini Green Tea Ice Cream, Es Krim Teh Hijau
(抹茶アイスクリーム Matcha aisu kurīmu, es krim matcha) adalah es krim berwarna hijau dengan perisa bubuk teh hijau (matcha). Matcha adalah teh hijau berbentuk tepung yang digunakan dalam upacara minum teh di Jepang. Selain itu, matcha juga digunakan sebagai perisa untuk wagashi (kue tradisional Jepang). Es krim teh hijau juga sering menjadi isi kue monaka.

Es krim dengan rasa teh hijau ini sangat populer di daerah Jepang dan Asia Timur, Hampir semua produsen es krim, termasuk produsen asing seperti merek Haagen-Dazs memiliki produk es krim teh hijau.


Snapguide

3. Tomato in Caramel

Hidangan desert kali ini terlihat persis seperti Ringo Ame, Permen Apel Jepang, akan tetapi kali ini bahan dasar yang di pakainya adalah Tomat, Tomato in Caramel yang di celup dengan saus keramel, yang membuat lapisan luar pada tomat menjadi manis, tomat yang di pakai berjenis tomat cherry, disajikan dengan cara di tusuk seperti sate.

Kuliner Khas Jepang satu ini terbilang langka, sering kali kita menemukannya Ringo Ame disetiap acara-acara Jejepangan.

Simak Juga : Jepang Hadirkan Roti Semangka Dalam Waktu Terbatas !

japancentre.com

4. Mitarashi Dango

Mitarashi Dango (み た ら し 団 子 、 御 団 子) adalah jenis dango yang disajikan dengan cara ditusuk di batang kayu seperti sate, yang dimana setiap tusuk ada 3-5 dango yang taburi dengan glasir kecap manis, yang membuatnya menjadi seperti berkaca-kaca dan membuat aroma dangonya menjadi nikmat.

Awalnya Mitarashi Dango berasal dari Kamo Mitarashi Tea House daerah Shimogamo di lingkungan Sakyo Kyoto, Jepang.

Pemberian nama Dango Mitarashi berasal dari gelembung mitarashi (御 手洗) (air murni ditempatkan di pintu masuk kuil) yang berada di daerah Shimogamo, serta yang uniknya dari Mitarashi Dango ini, susunan 5 buah dango merupakan gambaran dari tubuh manusia, dango yang paling atas mewakili kepala, dan empat dango lainnya mewakili lengan dan kaki.


Tastemade

5. Daifuku Mochi

Daifuku Mochi, yang merupakan jenis Wagashi, Kuliner Khas Jepang ini sejenis mochi yang berisikan pasta kacang merah, terkadang disantap langsung begitu saja ada juga yang meyantapnya di bakar, Daifuku sendiri memiliki banyak variasi ada yang manambahkan kacang atau juga mugwort pada mochi dan sebagai pengganti kacang merah, isi krim dan buah arbei juga bisa kamu tambahkan, Daifuku buah arbei dan daifuku mugwort sangat terkenal. Karena daifuku buah arbei dan daifuku mugwort mudah diperoleh di toko.

Berikut ini beberapa Jenis Daifuku Mochi :

  • Daifuku Kacang : yang menggunakan isian kacang arab atau kacang kedelai.
  • Daifuku Kusa : yang menggunakan isian mugwort.
  • Daifuku Garam : yang kulit menggunakan pastakacang merah rasa garam.
  • Daifuku Kacang dan Garam : campuran daifuku kacang dan daifuku garam.
  • Daifuku Kopi : yang menggunakan isian pasta kacang merah rasa kopi.
  • Daifuku Puding : yang berisi krem puding pengganti pasta kacang merah.
  • Daifuku Stroberi (ichigo daifuku ): yang berisi buah arbei di dalam pasta kacang merah
Ada yang stroberi saja, stroberi dan krem dan lain lain. Selain stroberi ,ada yang menggunakan melon, jeruk, dan buah persik.

filtsai.com

6. Ice Cream

ES Krim merupakan salah satu dessert makanan yang sangat di sukai di seluruh dunia, begitu juga dengan negara sakura ini, karena Jepang juga memiliki musim panas, yang panasnya itu lumayan membuat kamu keringatan seperti di Indonesia, maka dari itu hidangan Dessert berupa es krim sangat di gemari oleh masyarakat Jepang.

Disamping meredakan suhu panas ditubuh, es krim di Jepang sendiri memiliki berbagai macam rasa yang unik, yang menjadikan es krim Jepang lebih unik dan menarik, contoh, Es Krim rasa bawang putih ! pasti bingung rasanya seperti apa, tapi kenyataannya di Jepang memang memiliki rasa es krim yang nyeleneh atau tidak wajar.

Rasa es krim Jepang sangat ragam dan unik seperti Es Krim rasa Miso Ramen, Es Krim Daging Kuda Mentah, Es Krim Chiken Wing, Es Krim Rasa Wasabi, Es Krim dengan rasa bunga mawar, nah yang terakhir ini yang sebenarnya dari namanya saja orang-orang bahkan masyarakat Jepang sendiri berpikir dua kali untuk mencicipnya yaitu Es Krim Natto., dan masih banyak lagi es krim dengan rasa yang fantastis dan aneh

%d bloggers like this: