Tradisi Budaya Jepang – Setiap negara memiliki tradisi maupun gaya hidup yang berbeda-beda, namun tidak hanya itu dalam dunia pekerjaan setiap negara terkadang memiliki standar masing-masing dan juga sistem yang berbeda. Jepang sebagai negara yang memiliki aktivitas kerja yang sibuk memang memiliki standar dan sistem pekerjaan yang berbeda dari negara lain, penasaran seperti apa?. Simak beberapa fakta menariknya di bawah ini.

6 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Lakukan Wawancara Kerja Di Jepang !

image : AllAbout-Japan

Simak Juga : 5 Hal Yang Tidak Lagi Dapat Dilakukan Oleh Wanita Setelah Menikah Di Jepang

Pihak Perusahaan Akan Membaca Riwayat Karir Pelamar Kerja Selama Interview Berlangsung

Menemukan sebuah pekerjaan memang membutuhkan sebuah data-data tentang riwayat karir dan pendidikan, tidak hanya di Indonesia di Jepang juga membutuhkannya tetapi terdapat perbedaan dalam proses menanggapinya. Bila di Indonesia setiap perusahaan biasanya akan memeriksa dokumen CV atau catatan riwayat karir si pelamar sehingga jika pelamar dipanggil itu tandanya peluang mendapatkan pekerjaan atau diterima oleh perusahaan tersebut sudah cukup tinggi.

Sedangkan di Jepang kebanyakan perusahaan tidak mengecheck dokumen pelamar tersebut melainkan langsung melakukan wawancara dan melihat dokumen riwayat kerja si pelamar tersebut selama wawancara berlangsung. Sehingga prosesnya memang sangat menyita waktu, tetapi mungkin ini salah satu cara mereka dalam melihat sikap dari si pelamar kerja.

Jarang Terjadi Pemecatan Karyawan Tetapi Hal Ini Yang Dilakukan..

Terdapat peraturan hukum yang akan memberikan denda besar kepada setiap perusahaan yang memecat atau memberhentikan karyawannya secara paksa. Oleh karena itu untuk menghindari resiko tersebut biasanya para perusahaan akan memberikan sangat banyak tugas dan memindahkan posisi mereka ke tempat yang tidak nyaman sehingga si pegawai atau pekerja tersebut terpaksa mengundurkan diri. Ini memang terlihat cukup kejam tetapi itulah dunia bisnis dan pekerjaan.

Personality Lebih Penting Ketimbang Keterampilan

Sebuah personality atau sikap seseorang menjadi faktor besar bagi para pekerja di Jepang, mungkin ini berbeda di beberapa negara yang lebih mementingkan keterampilan kerja. Sehingga seorang pelamar kerja di Jepang pastinya akan sering ditanya tentang kehidupan pribadinya seperti hobi dan lain-lain untuk mengetahui kepribadian anda.

Para Perusahaan Sangat Senang Mendengar Pujian Dari Karyawannya

Mendapatkan pertanyaan tentang motivasi anda untuk pekerjaan ini dan perusahaan yang ingin anda lamar adalah hal yang umum dalam sebuah wawancara kerja di Jepang. Cukup banyak sebuah pertanyaan yang akan bertanya “Apa yang anda suka dari perusahaan kami?” atau “Seperti apa pendapat anda tentang perusahaan kami?”, tentunya respon yang diberikan oleh para pelamar kerja tersebut adalah poin penting bagi perusahaan untuk merekut mereka.

Dokumen Lamaran Kerja Yang Rumit

Mungkin hampir sama seperti dokumen lamaran kerja di negara-negara Asia lainnya, di Jepang format untuk dokumen lamaran kerja sangatlah rumit. Jika di Amerika Serikat para pelamar kerja tidak menulis jenis kelamin, tanggal lahir, tempat lahir dan bahkan foto tidak diperlukan dalam dokumen tersebut, untuk alasan privasi dan non-diskriminasi. Tetapi di Jepang hal ini diharuskan dan terkadang status perkawinan juga dibutuhkan dalam beberapa dokumen lamaran kerja di Jepang.

Anda Membutuhkan Latihan Khusus Jika Ingin Lakukan Interview Kerja Di Jepang

Seperti yang telah dijelaskan beberapa diatas, kondisi wawancara di Jepang sangatlah rumit dan memiliki banyak tekanan, mulai dari membuka pintu dan berjalan memasuki ruangan wawancara hingga ucapan yang dikeluarkan akan menjadi nilai dari seorang pelamar kerja. Bila anda tidak terbiasa mungkin beberapa hal kecil akan membuat anda gagal diterima oleh perusahaan tersebut, sebagai contoh jangan duduk sebelum pihak perusahaan mempersilahkan anda duduk dan berdiri di depan bangku anda dengan rapih.

Sesuai dengan tradisinya dimana etika sifat dalam dunia bisnis di Jepang sangat ketat, oleh karena itu anda terkadang akan menemukan layanan-layanan kursus dalam menguasai sifat formal dalam dunia bisnis Jepang.


6 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Lakukan Wawancara Kerja Di Jepang !

image : japantimes

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum lakukan wawancara kerja di negeri Sakura, semoga dapat memberikan persiapan yang matang sebelum melakukan lamaran kerja di Jepang.

%d bloggers like this: