Wisata Kuliner Jepang – Penyuka makanan pedas atau rasa pedas?, tentu Jepang juga memiliki banyak jenis hidangan makanan pedas. Berikut Artforia akan memberikan beberapa sambal atau saus khas Jepang yang pedas dan lezat wajib dicicipi bagi para pecinta pedas ketika berlibur di Jepang.

Simak Juga : 5 Minuman Non-Alkohol Yang Populer Di Jepang Dan Wajib Dicoba


Rayu

6 Bumbu Dan Sambal Pedas Khas Jepang Yang Wajib Dicicipi
image : spicetrekkers.com

Siapapun yang menyukai makanan pedas atau rasa pedas, pastinya akan menyukai bumbu pedas ini. Rayu merupakan minyak pedas yang dibuat dari minyak wijen dan dicampuri oleh cabai, bawang merah dan putih yang dipotong-potong. Biasanya anda akan sering menemukan Rayu di restoran-restoran ramen, tersedia di sebuah mangkuk kecil diatas meja dan dapat anda tambahkan kedalam ramen sesuai selera anda. Tingkat kepedasan Rayu sendiri bervariasi, tergantung dari si penyedia atau restorannya. Jadi jika anda takut terlalu pedas, cobalah sedikit dulu untuk mengetahuinya.

Kini Rayu sangat populer, bahkan sudah ada sebuah menu hidangan yang menawarkan burger pedas rayu dan berbagai perusahaan makanan ringan seperti Calbee memproduksi beberapa produknya dengan rasa pedas Rayu.

Ponzu

6 Bumbu Dan Sambal Pedas Khas Jepang Yang Wajib Dicicipi
image : seriouseats.com

Pozu adalah salah satu saus pedas yang populer di Jepang, bahan utamanya adalah jeruk lemon sehingga saus ini memiliki rasa asam dan memiliki banyak kandungan air. Ponzu biasanya dicampur dengan kecap asin untuk menjadikannya Ponzu Shoyu, karena itu Ponzu juga menjadi teman terbaik untuk hidangan sashimi dan hidangan hot pot seperti shabu-shabu. Di Osaka saus ini juga ditawarkan sebagai toping untuk Takoyaki, dan beberapa jajanan pinggir jalan seperti gurita bakar dan yakitori.

Yuzu Kosho

6 Bumbu Dan Sambal Pedas Khas Jepang Yang Wajib Dicicipi
image : umamikushi.com

Jepang memiliki berbagai varian olahan yang dibuat dari buah sitrun, Yuzu Kozo menjadi salah satu bumbu masak yang dibuat dari buah tersebut dan dicampurkan oleh cabai, lada, garam dan Yuzu. Buah Yuzu sendiri merupakan salah satu jenis jeruk lemon khas Jepang yang memiliki rasa lebih kuat dan menyegarkan. Bumbu pedas dan asam ini cocok untuk ditambahkan kedalam hidangan panas, dan sangat pas disajikan untuk malam musim dingin yang panjang.

Karashi

6 Bumbu Dan Sambal Pedas Khas Jepang Yang Wajib Dicicipi
image : japanesecooking101.com

Bagi anda yang menyukai mustard, maka di Jepang saus sejenis itu terdapat dengan sebutan Karashi, namun tidak seperti mustard kuning biasanya, rasanya lebih pedas. Mustard Jepang ini terbuat dari biji mustard dan lobak pedas (Horseradish) yang ditumbuk. Tidak menggunakan cuka, sehingga tidak menimbulkan efek asam setelah memakannya. Karashi biasanya dijual dalam bentuk bubuk maupun pasta, mustard Jepang ini biasanya disajikan bersama banyak macam hidangan, mulai dari Oden, kukusan, natto dan Tonkatsu.

Shichimi Togarashi

6 Bumbu Dan Sambal Pedas Khas Jepang Yang Wajib Dicicipi
image : daringgourmet.com

Bumbu rempah-rempah yang dikenal sebagai rahasia hidangan negara Asia menjadi sangat lezat, di Jepang anda juga dapat menemukannya. Normalnya bumbu rempah terdiri dari lima macam, tetapi Shichimi Togarashi atau disebut juga Nanami Togarashi adalah campuran rempah yang terdiri dari 7 jenis macam bumbu. Di dalamnya terdapat campuran cabai, wijen, hemp, biji poppy, biji yuzu, rapeseed, jahe, rumput laut, dan kulit jeruk. Rempah luar biasa ini sangat cocok menjadi campuran untuk hidangan soba dan udon, dan bahkan beberapa hidangan non-Jepang seperti ikan bakar dan burger.

Sansho

6 Bumbu Dan Sambal Pedas Khas Jepang Yang Wajib Dicicipi
image : magicplantshop.com

Jika anda ingin mencari saus pedas dan asam maka Sansho bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda, mirip seperti saus Sichuan dari China, berasal dari merica hijau yang diolah dan dicampur dengan rasa lemon. Sansho biasa digunakan untuk hidangan belut panggang atau juga sate ayam khas Jepang yang disebut Yakitori.


Itulah beberapa bumbu pedas atau sambal Jepang yang wajib anda cicipi di Jepang, semoga memberikan wisata kuliner anda menjadi lebih seru!.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: