A password will be e-mailed to you.
6 Alat Penting Untuk Membuat Kostum Cosplay

Image : compathy

Berita Dunia Cosplay – Dalam Dunia cosplay Jepang, kalian mempunyai dua pilihan membuat kostum cosplay sendiri atau membeli kostum yang sudah jadi, untuk alasannya pun pasti sama, seperti ingin menghadiri acara Comic Con, Anime Festival Asia (AFA), Ennichisai dan Event Jejepangan lainnya, atau bisa juga memang menyukai Anime ataupun Manga, dan berniat untuk menjadi karakter favoritnya.

Simak Juga : Indonesia Raih Juara 2 Dalam Ajang World Cosplay Summit 2018

Mencoba masuk ke dunia Cosplay Jepang memang menjadi salah satu impian yang sangat di inginkan bagi beberapa pecinta Jepang.

Buat kamu yang ingin mencari kostum karakter yang di idolakan, memang saat ini cukup mudah untuk mencarinya, karena sudah banyak yang menjualnya secara Online, yang menawarkan jasa pembuatan kostum atau menjual kostum yang sudah siap pakai, akan tetapi kendalanya mungkin di harga yang mahal membuat beberapa orang urung untuk membeli kostumnya, belum lagi untuk aksesoris, seperti wig, anting, kalung, sepatu, dan lain-lainnya yang belum termasuk make-up.

Jika memang budget kamu tidak terlalu banyak, yang menjadi pilhan terakhir adalah mencoba untuk membuat kostum sendiri, sebelum kalian memulai untuk membuat kostum cosplay sendiri, berikut ini alat-alat yang wajib kamu miliki jika ingin membuat kostum cosplay.

1. Spidol Kain (Fabric Markers)

Spidol Kain 6 Alat Penting Untuk Membuat Kostum Cosplay

Image : createforless

Alat ini wajib sekali kamu miliki jika ingin membuat kostum, kamu akan memerlukan kain atau busa yang nantinnya di buat pola sesuai dengan karakter yang akan kalian tiru, dan untuk mempermudah membuat polanya, dipelukan Spidol kain. Yang akan kalian gunakan sebagai alat untuk menggambar pola pada kain, dengan spidol kain, hasilnya akan lebih rapih ketika menggunting atau menjahit pola.

Spidol kain digunakan ketika kamu memiliki kostum dengan pola yang rumit seperti menggambar detail pada kostum. Kamu dapat memberikan pilihan warna untuk membedakan mana yang harus di potong dan mana yang harus di jahit.

2. Lem Tembak

Lem Tembak 6 Alat Penting Jika Ingin Membuat Kostum CosplayAlat satu ini juga paling dibutuhkan ketika kamu harus membuat kostum yang banyak sekali detailnya, apa lagi jika kamu membuat armor atau baju besi, di pastikan sangat memerlukan lem tembak.

Lem tembak yang di keluarkannya dengan suhu panas dapat melekatkan bagian detail dengan baik dan tidak berat, dan lagi lem tembak ini warnanya transparan yang akan membuat penampilan kostummu terlihat lebih bagus, karena lem ini tidak akan mudah terlihat.

3. Kayu Meteran (Yardstick)

Kayu Meteran 6 Alat Penting Jika Ingin Membuat Kostum CosplayKalo ini sudah pasti menjadi alat sakti yang sudah harus kalian miliki, ketika kamu akan menggunakan spidol kain, pastinya kamu memerlukan sebuah penggaris agar pola yang diinginkan dibuat lebih rapih, dan tidak berantakan.

4. Pita Pengukur

Pita Pengukur 6 Alat Penting Jika Ingin Membuat Kostum Cosplay

Image : Pixabay

Kalo alat yang satu ini, pastinya sangat membantu kamu ketika mengukur tiap titik untuk memastikan detail pada kostum dengan benar, Pita ini begitu penting, jika kalian tidak memakai pita ini, bagaimana bisa kalian menyesuaikan lingkar dan lebar badanmu untuk disesuaikan kedalam kostum mu nanti.

5. Mesin Jahit

Mesin Jahit 6 Alat Penting Jika Ingin Membuat Kostum Cosplay

Image : Wikipedia

Alat ini sama pentingnya dengan yang lain, malahan jika harus dipilih mana dulu yang harus kamu miliki, ya jawabnnya adalah Mesin Jahit terlebih dahulu, tanpa alat ini kalian tidak bisa membuat dan menjahit kostummu, terutama ketika kamu mengerjakan jahitan yang tidak bisa diselesaikan dengan jahitan tangan.

Mesin jahit merupakan alat pokok buat kamu yang ingin menjadi Cosplayer dengan cara membuat kostum sendiri, dan bagusnya saat ini mesin jahit sudah mudah di gunakan, kamu dapat mencoba mesin jahit besar ataupun yang portabel.

6. Kopi

Kopi 6 Alat Penting Jika Ingin Membuat Kostum Cosplay

Image : Pixabay

Kalau ini sudah pasti minuman yang menemani para pekerja seni, ataupun pekerjaan yang memerlukan waktu untuk begadang, dalam membuat kostum kamu akan dikejar deadline, apabila tingkat kesulitan kostum kamu sangat tinggi, bersiap-siaplah untuk menyiapkan kopi lebih sering.

Akan tetapi alangkah baiknya tidak begadang apalagi begadang sebelum hari-H, yang ada nanti badan kamu malah sakit dan tidak bisa ikut event Cosplay, intinya begadang lah secukupnya dan tetap jaga kesehatan ya sahabat artforia.

%d bloggers like this: