Berita Lifestyle Jepang – Jepang memang negara yang memiliki budaya sangat banyak dan tradisi yang sangat dijaga oleh para masyarakatnya dari dulu hingga saat ini. Beberapa sika etika yang telah dilakukan sejak jaman kerajaan dulu terkadang masih ada dan digunakan pada saat ini. Artforia akan berbagi mengenai 5 sikap etika masyarakat Jepang yang mungkin anda belum ketahui selama ini dan tentunya sangat wajib untuk anda ketahui apabila anda berencana untuk pergi berlibur ke Jepang karena untuk antisipasi anda salah dalam melakukan sikap atau etika ketika berkomunikasi dengan orang Jepang.

Simak Juga : Memakan Ehomaki Roll Secara Utuh Tradisi Unik Tahun Baru Jepang

 

Menuang Minuman Untuk Diri Sendiri

5 Sikap Etika Masyarakat Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiIni merupakan sebuah sikap atau etika yang sangat diperhatikan oleh para remaja ataupun orang-orang dewasa di Jepang saat sedang menghadiri sebuah pesta minum atau makan-makan bersama teman atau kolega mereka. Dimana akan sangat tidak sopan bila anda menuang minuman untuk diri anda sendiri, sebaliknya biasanya diharuskan menuangkan minum kepada teman-teman sekitar dan barulah nantinya teman anda yang akan menuangkan minum untuk anda.

 

Berjabat Tangan Dan Membungkuk

5 Sikap Etika Masyarakat Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiBerjabat tangan sangat umum untuk perkenalan bisnis di Jepang dan juga untuk menghormati satu sama lain, dan untuk soal berjabat tangan sambil membungkuk sebenarnya hanya dilakukan didalam dunia bisnis antara jabatan tetapi banyak sekali para wisatawan atau bahkan pengunjung penting yang salah dalam melakukan ini. Membungkuk merupakan sebuah tradisi asli Jepang dalam bertemu seseorang sebagai perkenalan sedangkan berjabat tangan adalah tradisi dari barat.

 

Alas Kaki Pada Kamar Mandi

5 Sikap Etika Masyarakat Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiRata-rata tempat bisnis di Jepang seperti restoran, hotel dan pemandian umum akan memiliki sebuah peraturan dimana anda harus melepas sepatu anda dan menggunakan alas kaki yang mereka sediakan, etika ini memang telah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Jepang terutama pada pemandian-pemandian umum di Jepang yang sangat melarang pengunjung menggunakan alas kaki mereka dari luar, salah satu alasannya adalah untuk menjaga kebersihan tentunya.

 

Memainkan Sumpit

5 Sikap Etika Masyarakat Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiDalam sikap atau etika memakan di Jepang salah satu yang harus diperhatikan adalah gunakan sumpit sebaik-baiknya. Artinya, orang menghindari menggunakannya untuk sesuatu selain makan. Dalam kata lain sumpit tidak boleh untuk dimainkan dan cara menggunakan sumpit ketika makan juga harus diperhatikan seperti tidak boleh kencang-kencang dalam menjepit atau menggerakannya karena bila terdapat air didalam makanan anda bisa berantakan. Menggunakannya sebagai mainan bisa dianggap tidak sopan.

 

Menunjuk

5 Sikap Etika Masyarakat Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiJangan sembarangan menunjuk seseorang di Jepang karena menunjuk dianggap seperti mengancam di Jepang oleh karena itulah gerakan ini sangat dihindari. Sebaliknya orang cenderung menunjukkan arah dengan tangan terbuka. Biasanya menunjuk hanya digunakan oleh masyarakat Jepang untuk memberitahu letak posisi sebuah tempat.

Itulah 5 sikap atau etika yang mungkin anda belum ketahui mengenai kehidupan masyarakat Jepang.

%d bloggers like this: