Berita Entertaiment Jepang – Era 90an dan awal tahun 2000 memang menjadi era naiknya dunia musik Jepang, kala itu kehadiran J-pop mulai dilirik oleh dunia. Naiknya popularitas J-pop dalam dunia musik tentu berkat beberapa penyanyi berbakat yang dimiliki oleh negeri sakura tersebut. Penyanyi wanita maupun pria saat itu mengalami peningkatan popularitas yang cukup signifikan, bagi para generasi 90an pasti pernah merasakan populernya beberapa lagu J-pop yang dinyanyikan oleh para penyanyi wanita, berikut ini Artforia akan berbagi mengenai 5 penyanyi jpop wanita yang populer pada era 90an.

Simak Juga : Kimokal Musisi Indonesia Yang Sukses Konser Di Jepang

 

Ayumi Hamasaki (浜崎あゆみ)

5 Penyanyi Jpop Wanita Yang Populer Pada Era 90an

image : goboiano.com

Debut: 1995, Secara resmi pada tahun 1998

Ada bumbu-bumbu cerita Cinderella pada perjalanan karir yang dimiliki mantan ratu Jpop Ayumi Hamasaki. Tumbuh dengan orang tua tunggal di selatan Kota Fukuoka, Ayumi telah belajar dari usia dini mengenai arti pentingnya sebuah uang. Dia memasuki industri hiburan dengan satu-satunya tujuan menghasilkan uang untuk keluarganya ketika mencoba menemukan makna dengan hidupnya. Apa yang terjadi adalah kesempatan bertemu dengan produser super Max Matsuura. Setelah itu dalam beberapa tahun, Ayumi sukses menjual jutaan salinan album musiknya, dan memasuki tahun milenium yaitu awal tahun 2000, dirinya telah menjadi “Ratu J-pop”. Hari ini ia adalah artis solo wanita paling sukses dalam sejarah J-pop.

Hikaru Utada (宇多田ヒカル)

5 Penyanyi Jpop Wanita Yang Populer Pada Era 90an

image : gametyrant.com

Debut: 1996

Putri produser rekaman Teruzane Utada dan penyanyi superstar enka Keiko Fujii, Hikaru Utada tumbuh dalam keluarga yang mengerti tentang musik. Dia mulai menulis lagu sebagai seorang anak dan juga sukses merekam album Inggris pertamanya, dengan dukungan orang tuanya, pada usia 13 tahun dengan nama samaran “Cubic U”. Meskipun tidak berhasil, usahanya tersebut sukses mendorong label rekaman Toshiba EMI untuk mengontraknya sebagai artis. Setelah itu album pertamanya “First Love” terjual lebih dari 7 juta kopi dan tetap menjadi album J-pop terlaris dalam sejarah dunia musik Jepang. Pada tahun 2005 ia mencoba untuk menyeberang ke industri musik Amerika dengan merilis album kedua berbahasa Inggris yaitu “Exodus”, tetapi tidak terlalu meraih kesuksesan. Saat ini dirinya sedang dalam “hiatus dunia kreatif” untuk 2-5 tahun kedepan.

Ringo Shiina (椎名林檎)

5 Penyanyi Jpop Wanita Yang Populer Pada Era 90an

image : Fanart.tv

Debut: 1998

Jika ada sebuah penghargaan dengan judul “genius” dalam sejarah J-pop, maka penghargaan tersebut adalah untuk Ringo Shiina (nama asli Yumiko Sheena). Ringo menetapkan karirnya sebagai penyanyi pada akhir tahun 90-an sebagai salah satu wanita J-rock (subgenre dari J-pop) yang terkenal. Suara sengunya yang unik, lirik lagunya yang penuh makna, dan penguasaan komposisi serta pengaturan musiknya membuat karyanya sangat berbeda dari penyanyi solo lainnya di Jepang, dan pada puncaknya ia dianggap sebagai penyanyi legendaris ketiga setelah Ayumi Hamasaki dan Hikaru Utada.

BoA (보아)

5 Penyanyi Jpop Wanita Yang Populer Pada Era 90an

image : soompi.com

Debut: 2000

BoA memulai karirnya di Korea Selatan asalnya setelah menemani kakaknya ke sebuah audisi yang diadakan oleh SM Entertainment. Dirinya memang telah terlatih dengan beberapa bahasa seperti Jepang dan Inggris. Tak lama setelah memulai debutnya di Korea Selatan dia jugs memulai debutnya di Jepang, langkahnya ini membawa dirinya menjadi artis Korea pertama yang menjual lebih dari satu juta kopi album di Jepang. Karena kesuksesannya, artis Korea Selatan lainnya seperti Lee Jung Hyun dan Tohoshinki lebih mudah diterima di kemudian hari dalam pasar entertainment Jepang. Sejak awal keberhasilannya di Jepang, BoA juga telah mencoba berkarier di Barat. Album debutnya berbahasa yang Inggris “BoA” bernasib lebih baik dari “Exodus” milik Utada Hikaru, tetapi dirinya lebih mendapatkan kesuksesannya di Asia.

Nanase Aikawa (相川七瀬)

5 Penyanyi Jpop Wanita Yang Populer Pada Era 90an

image : barks.jp

Debut: 1995

Selama pertengahan tahun 90-an beberapa produser rock terkadang menemukan seorang gadis dengan bakat yang luar biasa dalam sebuah kompetisi menyanyi. Salah satunya adalah Nanase Aikawa, seorang wanita yang suka berkendara sepeda motor dengan memiliki kepribadian yang unik. Album debutnya yang berjudul ‘RED’ terjual lebih dari dua juta kopi, dan di samping itu album lainnya yaitu “ParaDOX” telah terpilih sebagai album of the year secara berturut-turut dalam Japan Gold Disc Awards. Meskipun setelah itu dirinya menikah dan memiliki anak, tetapi semangatnya dan cintanya pada musik rock tidak pernah berkurang.

Itulah ke 5 penyanyi wanita J-pop yang sangat populer pada era 90an dan awal tahun 2000, mungkin sebagian pembaca memiliki penyanyi J-Pop lainnya yang menjadi favorit pada tahun tersebut, namun mereka lah yang menurut survey paling banyak disukai dalam era tersebut.

%d bloggers like this: