Berita Travel Jepang – Sebagian besar masyarakat Jepang memang menganut agama Buddha dan Shinto, oleh karena itu tidak sedikit kita akan menemukan kuil-kuil atau patung-patung yang melambangkan kepercayaan dalam ajaran tersebut. Selain menjadi tempat beribadah, tempat-tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing karena keindahan bentuk dan lokasinya, berikut adalah 5 patung Buddha terbaik di Jepang.

Simak Juga : 5 Lokasi Terbaik Untuk Menikmati Indahnya Musim Gugur Di Prefektur Osaka


Kamakura Daibutsu Buddha

5 Patung Buddha Yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik Di Jepang

image : japan.apike.ca

Kamakura merupakan salah satu destinasi wisata sehari yang populer dilakukan para turis dari kota Tokyo, disini terdapat sangat banyak kuil-kuil bersejarah. Kamakura Daibutsu Buddha (鎌倉大仏) atau dikenal juga dengan The Great Buddha of Kamakura, merupakan sebuah simbol atau landmark dari Kamakura. Patung Buddha yang besar ini terletak di kuil Kotokuin, dengan tinggi kurang lebih 11 meter. Kamakura merupakan pusat perekonomian dan politik pada jaman dahulu sekitar periode 1185-1333, dan kuil-kuil serta patung tersebut dibangun sejak abad ke-13.

Selain keindahan patung Buddha besar, kuil Kotokoin juga dikenal dengan panorama taman Sakura yang indah di musim semi, dan juga terdapat banyak lokasi-lokasi alam yang indah disini seperti hutan bambu di kuil Hokokuji dan taman tradisional di kuil Jomyoji.

Nara Daibutsu Buddha

5 Patung Buddha Yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik Di Jepang

image : dissolve.com

Nara Daibutsu Buddha (奈良大仏) atau sering disebut penduduk lokal dengan nama Rushanabutsu (盧舎那仏), berada di kuil Todaiji di Nara. Ini merupakan salah satu patung Buddha yang populer di Jepang. Besarnya patung kurang lebih dengan tinggi 15 meter dan lebar 3 meter. Kuil Todaiji telah dibangun sejak abad ke-8 oleh Kaisar Shomu pada tahun 724-749, proyek pembangunan kuil ini diperintahkan olehnya ketika masyarakat mulai khawatir atas wabah penyakit dan bencana gempa yang sering menimpa area sekitar.

Sendai Daikannon Buddha

5 Patung Buddha Yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik Di Jepang

image : sendai-travel.jp

Kannon merupakan sosok dewi welas asih yang ada dalam ajaran Buddha Jepang, dengan tinggi kurang lebih 100 meter membuat patung ini menjadi salah satu patung terbesar yang ada di area Tohoku, dan juga menjadi patung kedua tertinggi di Jepang. Sangat banyak destinasi wisata yang ada di Sendai, meski patung ini tidak begitu banyak dikunjungi wisatawan tetapi tetap menjadi salah satu obyek yang wajib untuk dilihat di Jepang.

Patung Buddha besar ini merupakan bagian dari kuil Shingon Buddhism Daikanmitsuji (大観密寺), dibangun pada tahun 1991 yang juga berbarengan dengan pembangungan patungnya.

Nanzoin Temple Buddha

5 Patung Buddha Yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik Di Jepang

image : zekkei-japan.jp

Jika banyak para turis telah mengenal patung Buddha tidur di Thailand maka di Fukuoka patung serupa juga dapat ditemukan, namun bedanya patung ini terletak di luar ruangan dan memiliki warna hijau tosca. Ini menjadi salah satu destinasi populer yang ada di area Kyushu. Nanzoin Temple Buddha (南蔵院大仏) ini terletak di bagian timur kota Fukuoka, dengan tinggi 11 meter dan panjang 41 meter membuat patung ini banyak menarik perhatian publik terutama wisatawan asing.

Kuil Nanzoin merupakan kuil dari ajaran Buddha Shingon. Kuil ini didirikan pada tahun 1889 dan untuk patungnya baru selesai dibangun pada tahun 1995 lalu.

Ushiku Daibutsu Buddha

5 Patung Buddha Yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik Di Jepang

image : gaijinpot.com

Ushiku Daibutsu Buddha (牛久大仏) dibangun pada tahun 1992, terletak di Ushiku yang berada di dalam Prefektur Ibaraki. Disini terdapat tiga patung Buddha dengan 3 pose yaitu duduk, berdiri dan berbaring. Ushiku Daibutsu Buddha merupakan patung ke-4 tertinggi di dunia. Tinggi patung ini sekitar 120 meter, menjadikannya patung Buddha tertinggi di Jepang.

Para pengunjung bahkan bisa memasuki bagian dalam patung yang memiliki 5 lantai dan berisikan beberapa koleksi barang-barang tradisional yang memberikan pengalaman wisata tradisional kepada para wisatawan. Pada bagian teratas yaitu lantai ke-5 merupakan tempat observasi yang memberikan panorama indah disekitar area tersebut.


Itulah 5 patung Buddha terbaik dan wajib dikunjungi para wisatawan di Jepang.

Source : jw-webmagazine

%d bloggers like this: