5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang TerpopulerKuliner JepangYatai adalah makanan kaki lima ala Jepang, yatai secar harafiah jika diterjemahkan adalah “Stand, Booth“, kalau bahasa jawanya ini warung angkringan, jika kita amati banyak kesamaan antara Yatai Jepang dengan warung angkringan Indonesia. Kalian dapat menemukan Yatai dimana saja di Jepang lebih tepatnya kota-kota utama, Tokyo mungkin sudah bukan hal yang spesial, hampir setiap sudut dan gang sempit kalian dapat menemukan angkringan ala Jepang tersebut.

5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler

Simak Juga : 5 Fakta Menarik Mengenai Jajanan Takoyaki Jepang

Yatai aslinya pertama kali terbentuk pada periode Meiji (1868-1912) dan di mana terbuat semuanya menggunakan kayu ang memiliki dua roda, dan dua balok kayu yang digunakan untuk memegang dan mendorong serta bermanuver, bahasa gaulnya di indonesia adalah gerobak. Ada banyak makanan berbeda yang bisa Anda dapatkan di Yatai, tetapi di artikel ini kami akan memberikan 5 menu Yatai yang paling populer di Jepang dan paling di minati oleh banyak wisatawan maupun masyarakat Jepang sendiri.

1.Takoyaki

5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang TerpopulerTakoyaki Hidangan makanan kaki lima yang berasal dari daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm, yang terbuat penuh dari adonan tepung terigu yang diisi dengan potogan gurita di dalamnya. Hidangan ini merupakan salah satu menu Yatai yang paling populer, selain gurita, Takoyaki juga sering diisi dengan tempura, dan bawang merah, mungkin ada sedikit acar jahe, Takoyaki sering disajikan di atas piring dengan saus diatasnya. yang biasanya di campur dengan mayones dan saus Worcestershire. Kemudian di tambah topping seperti bonito kering.

2.Yakisoba

5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang TerpopulerYakisoba adalah salah satu juga makanan yang di hidangkan oleh Yatai, Yakisoba itu sama halnya seperti Mie Goreng tetapi ala Jepang, yang membedakaan dari mie goreng Indonesia adalah bahan bakunya, yakisoba lebih banyak menggunakan bahan makanan dari laut, seperti udang, potongan bakso ikan, dan taburan seperti serpihan ikan kering (katsuobushi) atau bahkan bubuk rumput laut (aonori) atau jahe acar (beni shoga).

Tidak hanya bahan dari makanan laut saja, terkadang di campur dengan daging sapi dan daging babi, serta sayuran tradisonal Jepang. Yakisoba hidangan yang sama populernya dengan Takoyaki.

3.Ikayaki

5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang TerpopulerIkayaki, hidangan kaki lima yang berasal dari Osaka, akan tetapi saat ini sudah hampir seluruh Jepang bisa kalian temukan menu ini di Yatai. Hidangan ini sangat populer dikarenakan masyarakat Jepang juga gemar dengan makanan laut, Ikayaki ini hidangan cumi-cumi yang di panggang dan diolesi dengan saus khasnya, campuran dari kecap, mirin, minyak nabat, dan jahe parut, sederhana bukan ?. Karena kesederhanaan itulah yang membuat hidangan ini menjadi sangat populer.

4.Yakitomorokoshi

5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang TerpopulerKalau hidangan ini pasti kalian sudah mengenalnya dari gambar di atas, Yakitomorokoshi merupakan jagung rebus yang di bakar dengan bumbu kecap tetapi versi Jepang, kalau untuk rasa ya hampir sama dengan jagung bakar di puncak, hanya di Indonesia lebih sering memakai bumbu mentega, untuk negara barat memakai bumbum keju permesan, hidangan ini yang membedakan hanya sausnya saja, ya tetap saja jagung bakar merupakan hidangan yang populer hampir seluruh dunia.

5.Okonomiyaki

5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler 5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang TerpopulerOkonomiyaki merupakan makanan pokok dari kota Osaka, hidangan ini jika di gambarkan seperti panekuk tetapi gurih, kalau yang asli panekuk rasanya manis dan di tabur madu. Okonomiyaki sendiri termasuk makanan berat dengan penggunaan telur, kol kubis, dan beberapa isian serta topping. Apalagi okonomiyaki versi Hiroshima, okonomiyaki versi Hiroshima ini menggunakan mie telur untuk membuat okonomiyaki.

Simak Juga : 10 Fakta Menarik Mengenai Mie Ramen

Satu versi lagi dari okonomiyaki adalah dari daerah Kansai, versi Kansai ini lebih mudah dibuat daripada okonomiyaki versi Hiroshima, karena cukup mencampur bahan-bahan menjadi satu. Sedangkan untuk versi Hiroshima, cara membuat okonomiyaki dibuat step by step, namun dari kedua versi hampir sama penggunaan bahannya. Hidangan ini juga cukup populer di yatai kota-kota besar.

Ketika anda mengunjungi Yatai, cobalah salah satu dari 5 menu yatai yang populer ini di Jepang, sebenarnya masih banyak lagi jajanan Jepang yang populer seperti Yakitori, Oden, Mochi, dan lain-lain, untuk rasa semuanya tidak kalah dari menu makanan utama, seperti ramen, tempura, shabu-shabu, mie soba, yang mungkin ini juga termasuk jajanan pinggir jalan, tapi tidak sepopuler 5 menu yatai di atas.

%d bloggers like this: