0
11 shares

Wisata Kuliner Jepang – Buat kamu yang sedang berada di Jepang dan tepat ketika hari perayaan tahun baru, Jepang yang terkenal dengan makanan yang fresh dan rasanya yang lezat, pasti akan menggodamu ketika melihat makanan ini disaat perayaan tahun baru, apa saja makanan itu, dari mulai cemilan manisan, hingga makanan khas yang diolah dengan cantik dan menggunakan rumput laut, dari pada penasaran yuk kita bahas di bawah ini 5 Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang.

Simak Juga : Yuk Kunjungi Pikachu Dan Kawan-Kawan Di Kafe Pokemon Nihonbashi Kota Tokyo !

1. Kombu

5 Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang Yang Sering Kamu Temui
squarespace

Kombu (昆布) atau konbu adalah ganggang laut (rumput laut) yang sering dikonsumsi oleh orang-orang negara Asia Timur seperti Tiongkok, Korea, dan Jepang, Jika di dalam bahasa Korea dikenal dengan sebutan Dashima atau Haidai, Di Jepang sendiri hidangan ini sering dijadikan bahan dasar dari kaldu yang disebut dengan Dashi, yang cara penggunannya dimasak bersama sayur-sayuran dan daging.

Kombu ini melambangkan Yorokobi yang memiliki arti Sukacita, sedangkan untuk Ikan Haring dibuat sushi itu melambangkan Kazunoko yang diartikan sebagai jumlah anak, dari semua bahan dasar ini di artikan sebagai harapan agar diberkati dengan banyaknya anak di tahun mendatang, Selain itu ada juga Mochi kue beras yang membutuhkan waktu lama untuk kita kunyah, serta ada juga sup yang menggunakan Kombu bernama Ozoni.

2. Osechi Ryori

Osechi Ryori (御節料理) yang menjadi makanan khas Jepang setiap ada perayaan tahun baru, makanan ini juga sering disebut dengan sebutan Osechi atau Shōgatsu-ryōri (正月料理, masakan tahun baru).

5 Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang Yang Sering Kamu Temui
tokyoweekender

Makanan khas Jepang ini disajikan dengan ditata rapi di masukan di dalam kotak kayu yang bersusun disebut dengan jūbako (重箱). Tetapi pada umumnya yang ditata dalam kota kayu rapih ini bisa disebut juga dengan masakan Osechi. Hidangan ini dipercayai sebagai lambang keberuntungan yang berlipat-lipat.

Kotak kayu tradisional yang disebut (jūbako) untuk masakan Osechi terdiri dari 5 susun, kotak yang tersusun tiga juga lazim dijumpai sekarang, ada cara menghitung kotak kayu Osechi ini, dimulai dari atas dan diberi nama, ichi no jū, ni no jū, san no jū, yō no jū, dan go no jū, yang berarti tumpukan kotak nomor 1 hingga nomor 5. Kotak nomor 4 tidak disebut shi no jū, karena angka 4 (shi) terdengar sama dengan “shi” yang berarti “mati“. Berdasarkan alasan yang sama, kotak nomor 4 pada kotak bersusun empat disebut go no jū.

3. Soba

5 Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang Yang Sering Kamu Temui
cilantroandcitronella

Soba (そば or 蕎麦) Makanan ini menjadikan khas Jepang yang tidak ketinggalan adalah Mie Soba, yang terbuat dari tepung buckwheat dengan cara digiling menggunakan tangan menggunakan penggilingan dari batu berbentuk bundar yang dapat diputar, Saat datang acara Oomisoka atau malam tahun baru, orang Jepang biasanya menikmati acara tersebut dengan mengkonsumsi Soba, Tradisi yang disebut dengan “Toshikoshi Soba” dipercayai oleh masayrakat Jepang dapat membuat orang melalui tahun baru dengan lancar tanpa suatu hambatan, Selain itu ada juga tradisi memakan mie Soba sewaktu baru pindha rumah, untuk merayakan tempat tinggal baru disebut dengan hikkoshi-soba (soba pindahan).

4. Nanakusa

Nanakusa (七草, tujuh rumput) yang merupakan tradisi di pagi hari saat tanggal 7 Januari di Jepang untuk kita menyantap hidangan bubur dari beras yang akan dicampur 7 jenis sayuran yang disebut dengan bubur nanakusa (nanakusa-gayu). Pada jaman dahulu ketika kalender gregorian telah digunakan di Jepang, tanggal 7 pada bulan pertama itu disebut dengan Jinjitsu (人日, hari orang) atau Nanakusa no sekku (七草の節句) yang merupakan salah satu dari 5 perayaan musim (sekku) dalam setahun menurut tradisi kalender Tionghoa.

5 Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang Yang Sering Kamu Temui
justonecookbook

Orang Jepang sendiri percaya jika mengkonsumsi hidangan ini saat perayaan tahun baru, dapat menjauhkan orang itu dari semua segala penyakit, Di beberapa tempat di Jepang sering diadakan acara untuk memakan bubur secara bersama-sama setiap tanggal 7 Januari.

5. Mochi

5 Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang Yang Sering Kamu Temui
Pinterest

Wisata kuliner Jepang tidak afdol jika belum mencicipi hidangan ini yaitu Mochi (餅, もち), kebetulan hidangan ini merupakan makanan yang sering kita jumpai setiap acara tahun baru di Jepang, maka beruntung lah dirimu jika tahun baru ini berencana ingin merayakan di Jepang, Kamu akan disajikan pertunjukan dalam pembuatan Mochi atau disebut dengan Mochitsuki, dalam membuat Mochi tidak mudah, sama seperti ketika kamu memakannya dibutuhkan sedikit usaha, Bagi Masyarakat Jepang kue Mochi merupakan perlamabangan dari membawa kekuatan dan juga harapan di tahun yang baru, Disamping itu Mochi juga memiliki kata bahasa Jepang yang mirip terdengar dengan “mempunyai” atau “memiliki” sehingga dengan memakan Mochi diharapkan kamu mendapatkan keberuntungan.

Simak Juga : Punya Hobi Jajan Namun Bingung Temukan Lokasinya Di Jepang ? Ini Dia Lokasi Belanja Jepang Yang Populer !
5 Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang Yang Sering Kamu Temui
Pinterest

Mochi tidak hanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi selama tahun baru, akan tetapi Mochi juga bisa digunakan sebagai hiasan tahun baru yang dikenal dengan sebutan Kagami Mochi, Orang Jepang sangat percaya dalam Kagami Mochi terdapat arwah ‘Dewa Padi‘ dan ‘Dewa Pemberi Umur‘, Kagami Mochi juga dipercayai sebagai perlambangan dari hari manusia yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu baik dan buruk.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

0
11 shares
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: