Hobby JepangLight Novel adalah salah satu budaya pop Jepang yang terpopuler selain Anima dan Manga, lewat artikel ini Artforia akan memberikan rekomendasi 5 Light Novel Jepang terbaik untuk kamu yang masih pemula, semuanya dalam bahasa Inggris.

Simak Juga : Rekomendasi Novel Klasik Jepang Untuk Mengisi Waktu Luang Anda

Jika kita bicara soal budaya pop dan modern Jepang, Anime dan Manga memang hingga saat ini masih sangat terkenal dan populer di seluruh dunia, Apa saja sih yang tidak bisa kamu lewatkan dari budaya pop Jepang, selain anime yaitu Light Novel, Light Novel yang temanya sangat mirip dengan Manga dan hingga saat ini menjadi salah satu genre buku Jepang yang paling populer, Light Novel Jepang telah dipopulerkan setelah tahun 1990 dengan berbagai jarya yang luar biasa dan tumbuh menjadi sangat populer setelah tahun 2000-an.

Light Novel memiliki konsep unik yang berbeda dari novel fiksi atau manga. Sebagai contoh, latar Light Novel sepenuhnya dunia fantasi akan tetapi kamu bisa mendapatkan perasaan yang sangat dekat bahkan meraskan simpati kedalam dunianya dan karakternya juga, ya terkadang beberapa orang membeli Light Novel karena ilustrasi sampulnya saja yang menarik.

Light Novel menjadi sangat terkenal oleh banyak pembaca antara lain karena platform penerbitan oleh Shosetsuka ni Naro yang tersedia sejak awal tahun 2000-an. Siapa pun dapat menerbitkan novel mereka di situs web, seperti saat ini kamu juga bisa membuat Light Novel di wadpad atau aplikasi online lainnya.

Untuk kamu yang masih tergolong pembaca pemula, berikut ini rekomendasi dari 5 Light Novel Jepang terbaik untuk kamu yang masih pembaca pemula.

1. Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon?

amazon.com

Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon? dalam bahasa Jepangnya (ダンジョンに出会いを求めるのは間違っているだろうか”) yang merupakan pilihan bagus untuk kamu memulai membaca Light Novel, volume pertamanya rilis pada tahun 2013 oleh GA Bunko yang dicetak dan untuk edisi aslinya di unggah kedalam situs Arcadia.

Dalam Light Novel ini digambarkan dunia fiksi Orario yang dimana banyak terdapat labirin bawah tanah yang dikenal dengan Dungeon, karakter utamanya Bell, yang bertahan hidup dengan cara bertualang ke dalam dungeon setiap harinya, yang membuatnya menjadi lebih kuat hari demi hari, suatu hari ia diserang oleh monster ganas di dungeon, dan untungnya ia selamat dari malapetaka dibantu oleh pendekar pedang wanita AIS, dan ia jatuh cinta kepadanya, dan ia sangat berusaha keras untuk naik level serta mengembangkan keterampilannya.

Penulis: Fujino Omori (大 森 藤 ノ)

Ilustrator: Suzuhito Yasuda (ヤ ス ダ ス ズ ヒ ト)

2. Re:Zero -Starting Life in Another World-

amazon.com

Re:Zero -Starting Life in Another World- “Re:ゼロから始める異世界生活”, merupakan salah satu Light Novel Jepang yang sangat terkenal terbitan Shosetsuka Ni Nari, dan mulai di serialisasikan disitus pada tahun 2012, dan dijual secara fisik pada tahun 2014, 26 volume termasuk juga antologi cerita pendek dan spin-off yang telah diterbitkan pada Mei,2019.

Latar dari Re: Zero -Mulainya Kehidupan di Dunia Lain- yang merupakan salah satu genre Light Novel yang populer hingga saat ini, yang dimana karakter utama di kirim ke dunia lain dengan apapun caranya, Karakter utamanya Subaru yang dipanggil kedalam dunia paralel fantasi, tetapi ia tidak diberikan sedikitpun kekuatan atau juga kemampuan khusus, walaupun dibanyak Light Novel Jepang, biasanya karakter utama diberikan kemampuan khusus, lain cerita dengan novel ini, namun Subaru tetap berusaha untuk terus hidup dengan bagaimanapun caranya.

Penulis: Tappei Nagatsuki (長 月 達 平)

Ilustrator: Shinichirou Otsuka (大 塚 真 一郎)

3. Bakemonogatari

Pinterest

Bakemonogatari (化物語) yang diterbitkan pada tahun 2006 oleh label Kodansha Box, adalah salah satu Light Novel Jepang yang sangat populer, ada beberapa penggemar berpikir bahwa novel ini sebuah Novel dan Light Novel Seri Monogarati oleh NISIOISIN, dimulai dengan Bakemonogatari, terdiri dari 21 cerita yang diterbitkan dan dua cerita lainnya dijadwalkan akan dirilis di masa mendatang sejauh ini (Mei, 2019).

Ceritanya menampilkan karakter utama pria Kotomi dan beberapa pahlawan wanita di sekitarnya, dan kepribadian mereka unik dan sangat berbeda satu sama lain. Sebagai contoh, Hitagi sedikit pemalu tetapi dingin dan berlidah asam, dan Suruga berangin dan sesat. Setiap karakter utama bisa memunculkan hantu atau monster yang terjadi karena kejadian hebat mereka di masa lalu.

Penulis: NISIOISIN (西 尾 維新)

Illustrator: VOFAN

4. Boogiepop Doesn’t Laugh

amazon.com

Boogiepop Don’t Laugh (ブ ギ ー ポ ッ プ 笑 わ な い), yang diterbitkan oleh label populer Dengeki Bunko pada tahun 1998, yang merupakan salah satu Light Novel yang sangat legendaris di Jepang, yang mempopulerkan Light Novel pertama kali menjadi salah satu genre buku, Boogiepop Don’t Laugh adalah bagian pertama dari seri Boogiepop, yang totalnya terdiri dari 23 volume sejauh ini (Mei, 2019).

Kisah Boogiepop Don’t Laugh erlanjut dengan para siswa yang memiliki berbagai masalah pribadi. Light Novel ini merupakan pertama yang menggambarkan semacam sisi gelap dunia: kematian, kepribadian ganda, dan pertempuran sementara itu, sebagian besar Light Novel Jepang memiliki tema ceria dan menyenangkan.

Penulis: Kouhei Kadono (上 遠 野 浩 平)

Ilustrator: Kouji Ogata (緒 方剛 志)

5. The Melancholy of Haruhi Suzumiya

kobo.com

Cukup banyak penggemar Light Novel memandang The Melancholy of Haruhi Suzumiya (涼 宮 ハ ル ヒ の 憂鬱) sebagai novel ringan terbaik sepanjang masa, yang merupakan bagian pertama dari Seri Haruhi Suzumiya yang terdiri dari 11 volume. Sebuah novel ringan telah jauh lebih dipopulerkan dan akrab bagi kaum remaja, sejak The Melancholy of Haruhi Suzumiya dirilis pada tahun 2003 oleh jejak Kadokawa Sneaker Bunko.

Simak Juga : 6 Buku Untuk Dibaca Yang Dapat Membantu kamu Memahami Tentang Jepang

Cerita ini berfokus pada Brigade SOS termasuk lima karakter utama siswa sekolah menengah. Mereka adalah alien yang datang dari planet lain atau masa depan kecuali manusia Kyon. Sangat menarik bahwa mereka menikmati kehidupan sekolah biasa sementara fenomena supernatural ikut campur dalam kehidupan mereka, yang terjadi karena kekuatan Haruhi.

Penulis : Nagaru Tanigawa (谷川流)

Illustrator : Noizi Ito (いとうのいぢ)

 

%d bloggers like this: