Wisata Kuliner Jepang – Jepang memang menjadi salah satu negara di Asia yang menawarkan wisata kuliner yang unik bagi para turis asing, seperti negara-negara Asia lainnya, Jepang memiliki hidangan khas yang memiliki cita rasa unik dan lezat, tetapi sayangnya hidangan tradisional Jepang tidak semuanya terjamah oleh para turis asing atau bahkan terlewatkan karena terlalu banyaknya jenis-jenis hidangan yang ditawarkan oleh negeri sakura ini, berikut adalah 5 hidangan Jepang yang mungkin saja anda atau wisatawan lain belum pernah coba.

Simak Juga : 3 MIE CUP INSTAN JEPANG TERPEDAS REKOMENDASI ARTFORIA


Gyoza

5 Kuliner Khas Jepang Yang Jarang Disentuh Oleh Wisatawan Asing

image : sbs.com

Hidangan satu ini memang cukup familiar, namun sayangnya cukup banyak para wisatawan asing yang tidak meliriknya selama berlibur ke Jepang. Hidangan ini berasal dari negara China yang dibawa oleh pasukan Jepang ketika era peperangan, mendapatkan improvisasi dari para ahli masak Jepang, hidangan ini menjadi pilihan terbaik bagi yang menyukai hidangan gorengan karena diproses dengan cara digoreng dan memiliki isi yang bervariasi, mulai dari sayuran dan daging-dagingan. Tidak jauh berbeda dari hidangan pangsit dari negara China. Jenis hidangan ini memiliki 3 varian, yaitu Yakigyoza (digoreng), Suigyoza (rebus), dan Agegyoza (digoreng).

Es Krim CREMIA

5 Kuliner Khas Jepang Yang Jarang Disentuh Oleh Wisatawan Asing

image : nissei-com

Ada banyak hidangan manis di Jepang, es krim menjadi salah satu yang paling populer. Namun ada beberapa jenis rasa yang jarang terjangkau oleh para wisatawan, salah satunya adalah rasa teh hijau Macha dan bunga Lavender. Terdapat juga merk es krim yang sedang populer yaitu CREMIA yang mengandung 12.5% lemak susu, dan 25 % krim kocok, menciptakan texture es krim yang lembut. Kelezatan es krim CREMIA tidak hanya dari topingnya tetapi juga kerucutnya yang terbuat dari “langues de chat”, yang memiliki texture lebih lembut dari biasanya.

Basashi

5 Kuliner Khas Jepang Yang Jarang Disentuh Oleh Wisatawan Asing

image : blog.doemal.com

Hidangan ini memang terbilang cukup ekstrem untuk sebagian besar kalangan, tetapi menjadi pilihan bagus untuk para petualang kuliner yang ingin menguji keberaniannya. Basashi merupakan hidangan sashimi Jepang yang terbuat dari daging kuda segar, banyak yang telah mencicipinya mengatakan bila rasanya tidak jauh berbeda seperti daging rusa namun texturenya sedikit lebih kenyal, hidangan ini banyak ditemukan di beberapa prefektur seperti Aomori, Yamagata, Fukushima, Nagano dan Yamanashi.

Mentaiko

5 Kuliner Khas Jepang Yang Jarang Disentuh Oleh Wisatawan Asing

image : japan-tour.jp

Mentai atau disebut juga Mentaiko merupakan makanan khas Hakata yang berada di Prefektur Fukuoka, hidangan ini berasal dari telur ikan Pollock. Mentaiko identik dengan hidangan Tarako tetapi berbeda dari cara pengolahan, dimana Mentaiko direndam dalam bumbu dan rempah yang berbeda, terdapat beberapa varian warna dari hidangan ini, mulai dari merah muda hingga merah terang, tergantung pada produsen makanannya. Mentaiko terkadang disebut juga sebagai “Karashi Mentaiko”.

Motsunabe

5 Kuliner Khas Jepang Yang Jarang Disentuh Oleh Wisatawan Asing

image : feelfukuoka.com

Motsunabe (も つ 鍋) adalah salah satu jenis hidangan Nabemono (sebuah hidangan yang disajikan dalam panci besar dengan berbagai bahan didalamnya). Motsunabe berisi daging sapi atau daging sapi dan beberapa sayuran seperti kubis dan bawang putih. Awalnya Motsunabe adalah hidangan Fukuoka tetapi beberapa restoran pindah ke Tokyo pada era 90-an dan membuat hidangan ini populer di Tokyo.


Itulah beberapa rekomendasi hidangan kuliner Jepang yang mungkin belum tersentuh oleh turis-turis asing maupun wisatawan Indonesia di Jepang.

%d bloggers like this: