6
4 shares, 6 points

Wisata Kuliner Jepang – Dikelilingi oleh alam yang indah bukan berarti Hokkaido menjadi daerah yang sulit untuk menikmati wisata kuliner, Hokkaido merupakan tempat yang tidak pernah kekurangan bahan dasar kuliner segar, bahan-bahan dengan kualitas super dari mulai sayuran, hingga daging-dagingan dan hasil laut dapat mudah kamu temukan di sini. Berikut ini Artforia akan membantu kamu menemukan beberapa tempat kuliner yang tidak boleh terlewatkan jika kamu sedang pergi berlibur di pulau paling utara negara Jepang ini.

Simak Juga : Penjual Teh 188 Tahun Di Kyoto Menawarkan Hidangan Penutup Hydrangea Parfait Yang Berbunga-Bunga

Chanchanyaki

5 Hidangan Khas Hokkaido Yang Tidak Boleh Terlewatkan
image : invitation-japan.com

Namanya yang unik membuat banyak wisatawan bertanya-tanya hidangan seperti apa yang ditampilkan dari nama ini, Chanchanyaki sendiri adalah sebuah menu panggangan yang menggunakan campuran daging ikan salmon dan sayuran yang dimasak bersama dalam satu wajan, bumbu utama untuk hidangan ini adalah miso. Secara tradisional, hidangan ini populer di kalangan para nelayan setempat, tetapi sekarang dianggap sebagai masakan rumahan yang dapat kamu temukan di semua sudut Hokkaido. Memang tidak ada restoran khusus untuk menu ini, tetapi kamu dapat mencicipinya di banyak Izakaya (bar Jepang) yang berada di sekitar Sapporo.

Sup Kari

5 Hidangan Khas Hokkaido Yang Tidak Boleh Terlewatkan
image : hokkaidoguide.com

Mungkin jika mendengar namanya, kamu akan berpikir ini tidak jauh berbeda dengan sup-sup kari di negara lain, namun sup kari gaya Jepang ini memiliki perbedaan yang unik, sup mereka lebih cair dan memiliki paduan isi yang lebih di dominasi dengan seafood, seperti kerang-kerangan, udang dan kepiting. Kamu memang bisa menjumpai sup kari ini di mana-mana di Jepang, tetapi asal dari hidangan kari yang istimewa ini adalah dari Sapporo, di mana lebih 200 cabang restoran menghadirkan menu ini di Hokkaido. Dipenuhi dengan bahan-bahan segar dan berkualitas, kamu juga terkadang dapat memilih sup kari sayuran atau kari tiram yang dipenuhi kerang-kerangan.

Jingisukan

5 Hidangan Khas Hokkaido Yang Tidak Boleh Terlewatkan
image : Pinterest

Jingisukan bisa dikatakan mirip dengan hidangan barbekyu, namun menggunakan daging kambing atau domba dan sayuran sebagai bahan utamanya, mereka dimasak dengan wajan besi cembung khusus. Jingisukan dapat dengan mudah ditemukan di Tokyo juga, tetapi bisa sedikit lebih mahal. Di Hokkaido, banyak restoran khusus Jingisukan yang saling bersaing, mereka biasanya menampilkan kualitasnya masing-masing. Salah satu restoran lokal yang patut kamu kunjungi untuk menikmati hidangan ini adalah Itadakimasu, yang dijalankan oleh pertanian lokal, menggunakan daging kambing yang diproduksi langsung di Hokkaido dengan harga yang relatif lebih murah dari Tokyo.

Informasi Restoran

Alamat : Nishi 5-1-6, Minami 5-jo, Chuo-ku, Sapporo-shi, Hokkaido, 北海道札幌市中央区南5条西5丁目一番地6
Website

Lokasi

Ishikari Nabe

5 Hidangan Khas Hokkaido Yang Tidak Boleh Terlewatkan
image : japanbyjapan.com

Musim dingin di Hokkaido memang berjalan lebih panjang dan dingin dari prefektur lainnya di Jepang, menjadi alasan terbesar mengapa hidangan seperti Nabe (hot pot Jepang) sangat laris di sini. Ishikari Nabe, yang terdiri dari sup miso yang dibuat dengan dashi (kaldu) kombu (rumput laut), dan dicampur dengan bahan-bahan seperti daging salmon, tahu, lobak putih, wortel, jamur shiitake, dan daun bawang adalah hidangan nabe khas Hokkaido. Kamu dapat menemukan hidangan ini dengan mudah di restoran-restoran sekitar Hokkaido, tetapi kamu mungkin ingin mencobanya di Ishikari, tempat asalnya pertama kali. Kindai-tei adalah restoran khusus ikan salmon dan trout yang telah lama berdiri sejak pertengahan abad ke-19. Disinilah dikatakan Ishikari Nabe lahir.

Alamat : 1, Shin-machi, Ishikari-shi, Hokkaidon 北海道石狩市新町1

Lokasi

Ikameshi

5 Hidangan Khas Hokkaido Yang Tidak Boleh Terlewatkan
image : wikimedia.org

Ikameshi adalah hidangan yang terbuat dari cumi-cumi yang dalamnya diisi dengan nasi dan kemudian dimasak. Beras khusus yang biasanya digunakan untuk membuat Mochi biasanya digunakan untuk membuat hidangan ini, setelah selesai mereka hanya diberikan bumbu kecap. Shibata Shoten, sebuah toko di Stasiun Mori, menjual Ekiben (kotak makan siang khas Jepang) yang di dalamnya terdapat Ikameshi.


Itulah beberapa hidangan kuliner khas Hokkaido yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang berlibur di Prefektur bagian utara Jepang ini.

Source : Tsunagu Japan

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

6
4 shares, 6 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: