2   +   9   =  

Tradisi Budaya Jepang – Binatang peliharaan adalah elemen penting dalam kehidupan seseorang, karena selain menjadi pendamping, hewan peliharaan juga memberikan kesenangan dan rasa nyaman bagi para majikannya. Setiap masyarakat di berbagai negara pastinya memiliki selera atau hobi yang berbeda dalam memilih binatang peliharaan, Jepang sebagai salah satu negara yang masyarakatnya antusias terhadap hewan peliharaan tentunya memiliki selera tersendiri. Berikut adalah beberapa daftar hewan peliharaan yang populer di masyarakat Jepang.

Simak Juga : E-NINJA SEBUAH OLAHRAGA ELEKTRONIK YANG UNIK DARI KOTA IGA


Anjing

5 Hewan Peliharaan Yang Populer Di Kalangan Masyarakat Jepang

image : Nippon.com

Tentu anjing menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer di Jepang, selain Jepang memiliki beberapa jenis ras Anjing khas yang terkenal seperti Shiba-Inu dan Akita-Inu, beberapa ras anjing dari negara luar juga kini telah populer di Jepang. Bahkan kehadiran mereka kini dapat ditemukan di beberapa kafetaria yang mengkhususkan layanannya dengan hewan peliharaan ini, selain itu karena penduduk Jepang yang lebih banyak lansia membuat cukup banyak anjing-anjing peliharaan ini dimasukan ke sebuah penangkaran, dan nantinya bila anjing-anjing yang masuk tersebut tidak menemukan pemilik barunya dalam waktu yang ditentukan mereka akan disuntik mati.

Memang terdengar kejam, tetapi itu salah satu cara untuk mengatur populasi hewan peliharaan anjing di Jepang. Oleh karena itu anda bisa mendapatkan dengan mudah hewan peliharaan ini di Jepang, anda juga akan sangat sering melihat para masyarakat Jepang berjalan-jalan dengan anjing mereka.

Kucing

5 Hewan Peliharaan Yang Populer Di Kalangan Masyarakat Jepang

image : timetravelturtle.com

Selain anjing, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang favorit di Jepang. Mungkin ini sama seperti di Indonesia, namun di Jepang kehadiran kucing sedikit lebih spesial karena dalam beberapa kisah mitos legenda kuno, hewan kucing dipercaya merupakan wujud dari sebuah yokai. Mereka juga banyak ditemukan dipenangkaran seperti halnya anjing, bahkan untuk anjing dan kucing di Jepang hampir setiap tahunnya disuntik mati hampir sebanyak 100.000 ekor per tahunnya, tetapi pada tahun-tahun terakhir ini jumlahnya mulai berkurang.

Karena keputusan yang terdengar kejam ini, sebuah organisasi pecinta hewan akhirnya memutuskan sebuah gerakan yang di mana mengambil hewan-hewan ini dari penangkaran di Jepang.

Kelinci

5 Hewan Peliharaan Yang Populer Di Kalangan Masyarakat Jepang

image : connietsangphotos.com

Kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan yang mungkin jarang diminati di berbagai negara, meski di beberapa negara dan salah satunya Indonesia, hewan kelinci dicap sebagai hewan peliharaan yang jarang diminati, di Jepang cukup banyak masyarakatnya yang lebih berminat untuk memiliki hewan ini dirumahnya. Harganya bervariasi mulai dari yang paling murah sebesar 3.000 Yen hingga puluhan ribu Yen. Hewan ini dapat hidup sampai 10 hingga 15 tahun, dan salah satu jenis ras favorit di Jepang adalah Netherland Dwarf Rabbits.

Serangga

5 Hewan Peliharaan Yang Populer Di Kalangan Masyarakat Jepang

image : tofugu.com

Serangga menjadi salah satu hewan terfavorit yang dijadikan sebagai peliharaan di Jepang, terutama untuk serangga Kumbang dan sejenisnya, bahkan di Jepang terdapat sebuah turnamen besar yang mengadakan pertarungan antara serangga melawan serangga, anak-anak di Jepang juga sering melakukan aktivitas menangkap serangga selama musim panas tiba.

Ikan

5 Hewan Peliharaan Yang Populer Di Kalangan Masyarakat Jepang

image : YouTube

Ikan memiliki banyak arti dalam kehidupan masyarakat Jepang, sebagai negara di Asia yang masyarakatnya paling banyak mengkonsumsi ikan, Jepang juga menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharaan favorit mereka, salah satu jenis ikan favorit yang dijadikan peliharaan di Jepang adalah ikan Koi yang dapat bernilau jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Ikan hias akan banyak ditemukan di toko-toko hewan peliharaan di Jepang, harganya dari yang murah hingga yang mahal bisa ditemukan, tidak sulit untuk mendapatkan aneka jenis ikan hias laut disini.


Itulah beberapa daftar hewan peliharaan yang terfavorit di Jepang, apakah salah satunya ada yang anda pelihara?.

%d bloggers like this: