A password will be e-mailed to you.

Dunia Film Jepang – Dunia perfilman Jepang memah sudah dikenal oleh dunia, beberapa genre film dari negeri sakura ini bahkan sangat terkenal di berbagai negara salah satu genre yang paling populer adalah genre horror atua sebuah film yang mengisahkan tentang hantu-hantu atau memiliki unsur spritual, film horror atau film hantu Jepang memang dikatakan sangat menyeramkan jika dibandingkan film hantu negara lain, bukan karena sosok hantunya saja yang menyeramkan namun skenario dan juga adegan-adegan yang dibuat memang membuat film-film horror Jepang patut diacungi oleh jempol.

Artforia akan berbagi mengenai 5 film horror Jepang yang paling populer di Indonesia maupun negara lainnya.

Simak Juga : 5 Film Samurai Terbaik Yang Pernah Dibuat Versi Artforia

 

Ring (The Ring)

5 Film Horror Jepang Yang Paling Populer

image : Youtube.com

Ring (リ ン グ Ringu) adalah sebuah film horor Jepang 1998 yang disutradarai oleh Hideo Nakata, yang diadaptasi dari novel berjudul Ring ciptaan Kōji Suzuki, yang isinya menggambarkan kisah mitos rakyat Jepang kuno yang bernama Banchō Sarayashiki. Film ini dibintangi oleh Nanako Matsushima, Hiroyuki Sanada, dan Rikiya Ōtaka. Ceritanya berpusat pada seorang reporter yang sedang dalam pelarian untuk menyelidiki misteri di balik rekaman video terkutuk yang membunuh penontonnya dalam 7 hari setelah menontonnya.

Produksi film ini dikatakan memakan waktu sekitar 9 bulan. Ring dan sekuelnya Rasen dirilis di Jepang pada saat yang sama. Setelah dirilis, Ring sukses besar di Jepang dan mendapatkan rating tinggi dari para kritikus. Sehingga memicu adanya pembuatan film versi barat yang dimulai pada tahun 2002 dengan judul The Ring.

Ju-On (The Grudge)

5 Film Horror Jepang Yang Paling Populer

image : empireonline.com

Ju-ON: The Grudge adalah film horor Jepang yang dirilis pada tahun 2002, film ini ditulis dan disutradarai oleh Takashi Shimizu. Film ini adalah sekuel yang ketiga dari banyaknya series Ju-ON. Film ini ditayangkan di Screamfest Film Festival pada bulan Oktober tahun 2002 dan sampai saat ini telah melahirkan beberapa sekuel serta remake Amerika yang berjudul The Grudge, yang dirilis pada tahun 2004. Film ini juga dilanjutkan oleh Ju-on: The Grudge 2, sekuel ini juga dikatakan yang paling populer diantara sekuel Ju-ON lainnya, dan memang kehadirannya yang tidak jauh dari film horror The Ring membuat film ini menjadi pesaing kuat untuk The Ring, bahkan pada tahun 2016 akhirnya dibuat sebuah film horror dimana pertarungan antara hantu Sadako dari The Ring melawan Kayako yang merupakan hantu utama dalam serial Ju-ON.

Kwaidan

5 Film Horror Jepang Yang Paling Populer

image : users.wpi.edu

Kwaidan (怪 談 Kaidan, secara harfiah memiliki arti “cerita hantu”) adalah film horor antologi Jepang yang diciptakan pada tahun 1965 dan disutradarai oleh Masaki Kobayashi. Film ini terdiri dari empat cerita yang terpisah dan tidak berhubungan. Meskipun film ini memang film yang sangat lama namun merupakan film horor yang memiliki kualitas terbaik di jamannya dan berhasil memenangkan sebuah penghargaan Khusus dalam Festival Film Cannes tahun 1965, dan juga menerima nominasi Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

One Missed Call

5 Film Horror Jepang Yang Paling Populer

image : dvd-covers.org

One Missed Call (着 信 ア リ, Chakushin Ari) adalah film horor Jepang yang disutradarai oleh Takashi Miike dan ditulis oleh Minako Daira. Film ini didasarkan pada novel Chakushin Ari ciptaan Yasushi Akimoto. Plot ceritanya terfokus pada tokoh bernama Yumi Nakamura, seorang mahasiswa psikologi muda yang temannya Yoko mendapat pesan suara aneh di ponselnya. Pesannya tertanggal dua hari di masa depan dan Yoko dapat mendengar dirinya berteriak di dalamnya. Setelah Yoko mati secara misterius, kematian temannya ini memicu serangkaian peristiwa yang menuntun Yumi untuk menemukan bahwa fenomena menyeramkan ini telah terjadi di seluruh Jepang jauh sebelum Yoko menerima panggilan misterius tersebut. Ketika Yumi menerima panggilan dengan tanggal dan waktu kematiannya, dia berjuang untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan mempelajari kebenaran di balik panggilan misterius ini. Karena populer film ini akhirnya juga menerima adaptasi barat pada tahun 2008.

Kyofu

5 Film Horror Jepang Yang Paling Populer Versi Artforia

image : almasoscuras.com

Kyōfu (恐怖) atau dikenal juga dengan judul The Sylvian Experiments adalah film horor Jepang yang dirilis pada tanggal 10 Juli tahun 2010, disutradarai oleh Hiroshi Takahashi yang dikenal sebagai penulis naskah Ring. Ceritanya mengisahkan dua ahli bedah saraf bernama Etsuko Ōta dan suaminya, Yukio, menonton film dokumenter 16mm dari percobaan rahasia yang menggunakan orang Jepang, China dan Rusia, eksperimen ini tentang elektrifikasi lobus temporal otak.

Itulah 5 film horror Jepang yang paling populer versi Artforia apakah diantara ke 5 daftar tersebut ada yang belum anda tonton?.

%d bloggers like this: