6

Seni Budaya Jepang – Tanabata adalah salah satu festival musim panas paling terkenal di Jepang – biasanya dirayakan pada 7 Juli – secara harfiah berarti “malam ketujuh.” Dikenal sebagai Festival Bintang, yang merupakan salah satu dari banyak festival Jepang yang berasal dari Cina dan telah dirayakan di Jepang sejak tahun 700an.

Simak Juga : Festival Salju Sapporo Terpaksa Berhenti Lebih Awal Karena Krisis Salju Yang Terjadi Di Hokkaido

Meskipun ada beberapa variasi tentang asal-usul Tanabata, tetap saja berputar pada dua kekasih yang harus melintasi Bima Sakti untuk bersama satu sama lain hanya untuk satu malam setiap tahun.

savvytokyo.com

Legenda Cinta Abadi & Kesabaran

Legenda mengatakan bahwa Orihime (seorang putri penenun) dan Hikoboshi (seorang gembala sapi), bertemu dan benar-benar jatuh cinta, mereka sangat mencintai satu sama lain, dan akhirnya membuat jalinan kasih, tetapi cinta, yang ada di pikiran mereka berdua adalah hanya cinta, yang dapat mengalihkan mereka dari pekerjaan mereka, membuat mereka di pandang oleh orang lain seperti terlihat malas dan kehilangan motivasi, Ayah Orihime, raja Surga, geram karena kelalaian mereka dalam urusan-urusan penting lainnya memisahkan mereka, mengirim keduanya ke sisi berlawanan dari Bima Sakti. Orihime menjadi bintang Vega dan Hikoboshi, bintang Altair.

Orihime yang Patah Hati menangis siang dan malam, dan tidak membantu ia untuk kembali ke jalan semula, seperti yang diharapkan oleh sang ayah. Tergerak oleh ari mata Orihime, raja setuju untuk mengizinkan pasangan itu bertemu sekali dalam setahun, pada tanggal 7 Juli, dan karena itulah Tanabata dilahirkan.

savvytokyo.com

Perayaan & Festival Tanabata

Orang Jepang merayakan Tanabata sekitar 7 Juli dengan menuliskan keinginan mereka di atas selembar kertas warna-warni “tanzaku” dan menggantungnya di ranting-ranting pohon bambu. Tanabata akan dirayakan pada awal Juli dan akhir Juli atau awal Agustus di beberapa daerah di Jepang, termasuk beberapa festival berikut, yang dianggap sebagai perayaan Tanabata terbesar (dan terindah) di Jepang.

Karena epidemi Covid-19, sebagian besar festival dibatalkan tetapi kamu masih dapat mengagumi pertunjukan Tanabata dan tanzaku yang indah di seluruh Jepang. Berikut ini 5 Festival Tanabata Yang Paling Romantis Di Jepang.

japan-guide.com

1. Kyo no Tanabata (Kyoto)

Meskipun diadakan di beberapa lokasi, kebanyakan orang akan mengunjungi festival ini di Horikawa dan Kamogawa, ditandai dengan cabang bambu yang didekorasi dengan indah, jalan-jalan yang penuh dengan cahaya cantik, dan berbagai pameran yang terinspirasi Tanabata.

Hirokawa memiliki terowongan yang terinspirasi dari Bima Sakti yang diterangi indah, sementara di situs Kamogawa pengunjung dapat duduk di sepanjang sungai dan menikmati pemandangan indah lonceng angin, yang dibuat menggunakan keahlian tradisional Kyoto. Festival Kyo no Tanabata diadakan pada awal Agustus di daerah Horikawa dan Kamogawa, dan sedikit lebih lama di Kastil Nijo.

tourjepangmurah.com

2. Tanabata Lantern Festival (Yamaguchi)

Berasal dari era Muromachi (1336-1573), malam musim panas Tanabata Lantern Festival menerangi lebih dari 100.000 lentera kertas, menciptakan salah satu malam paling romantis yang bisa dibayangkan. Diadakan setiap tahun pada tanggal 6 dan 7 Agustus, Anda juga akan menemukan banyak kedai makanan di malam hari, disertai dengan lagu-lagu festival yang ramai diikuti sorak-sorakan dari pengunjung.

japan-highlightstravel.com

3. Anjo Tanabata Festival (Aichi)

Anjo Tanabata Festival yang populer dan indah ini menawarkan salah satu jalan yang didekorasi dengan Tanabata terpanjang di Jepang dan juga dikenal karena memecahkan rekor jumlah terbesar dari kertas “make-a-wish” pada cabang bambu di dunia pada tahun 2013. dan acara populer lainnya adalah melepaskan balon bertuliskan “make a wish” di mana peserta menuliskan keinginan mereka di atas balon yang bertali kertas dan melepaskannya secara bersamaan di udara.

Tidak diragukan acara ini merupakan salah satu acara musim panas paling indah dan romantis yang pernah Anda lihat di Jepang!

Simak Juga : Jangan Kepedean, Ini Alasan Utama Para Gadis Jepang Dalam Memberikan Cokelat Valentine !
moshimoshi-nippon.jp

4. Shonan Hiratsuka Tanabata Festival (Kanagawa)

Festival Tanabata Shonan Hiratsuka ini akan diadakan pada awal Juli, yang waktu itu diadakan kembali di dearah tersebut setelah Perang Dunia II. Lebih dari 500 jenis dekorasi beberapa di antaranya setinggi lebih dari 50 meter menghiasi arena perbelanjaan di sekitar Stasiun JR Hiratsuka.

Parade, pertunjukan jalanan seperti dinosaurus, dan pertunjukan motor, yang dapat menghibur banyak orang, selama tiga hari.

zekkei-japan.jp

5. Sendai Tanabata Festival (Miyagi)

Dirayakan selama tiga hari pada awal Agustus, Festival Tanabata Sendai ini menampilkan berbagai acara sepanjang hari dan malam dan mungkin merupakan festival Tanabata paling terkenal di Jepang. Setiap tahun, hampir dua juta wisatawan berduyun-duyun untuk melihat ribuan harapan dan dekorasi indah digantung di sepanjang arena perbelanjaan, mulai dari Stasiun Sendai.

Festival Sendai Tanabata memiliki pemandangan yang sangat spektakuler dengan kesempatan luar biasa untuk merasakan momen dimana Jepang lebih terlihat cerah dan terindah.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

6
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: