Kuliner Jepang – Popularitas Sushi dalam dunia kuliner Jepang memang tidak perlu dipertanyakan lagi, saat ini Sushi menjadi salah satu produk kuliner Jepang yang telah mendunia dan bahkan sebagian besar restoran-restoran Jepang di berbagai negara menawarkan menu ini dalam hidangan mereka, Sushi sendiri merupakan makanan yang telah lama diciptakan di Jepang dan menyimpan banyak fakta-fakta menarik yang mungkin sebagian besar pembaca belum mengetahuinya, berikut ini adalah 5 fakta unik mengenai Sushi yang harus anda ketahui.

5 Fakta Unik Mengenai Sushi

image : lapleta.com

Simak Juga : 7 Fakta Menarik Mengenai Kue Mochi

Sushi Mengandung Banyak Kesehatan Bagi Tubuh

Sushi yang terbuat dari daging ikan laut segar memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan rumput laut atau yang sering disebut Nori sebagai pelengkap dari Sushi memiliki kandungan Iodine dan juga mengandung vitamin A yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Sushi Pernah Menjadi Makanan Murah

Saat bencana gempa besar tahun 1923 dan juga peperangan yang dilakukan oleh negara Jepang, menyebabkan perekonomian Jepang rusak dan membuat standar hidup masyarakat disana berubah, Sushi saat itu pernah dijual di pinggir-pinggir jalan seperti sebuah Hot Dogs ataupun jenis jajanan pinggir jalan lainnya hingga akhirnya setelah perekonomian Jepang kembali bangkit dan stabil, beberapa restoran Sushi kembali hadir.

Sushi Mungkin Bukan Hanya Dari Jepang

Jepang memang dipercaya menjadi tempat lahirnya makanan Sushi, tetapi negara Asia Tenggeara adalah yang menjadi inspirasi dari Sushi modern, Ini dipercaya bila “Narezushi” yang merupakan salah satu jenis olahan Sushi kuno diciptakan di sebuah daerah dekat Mekong River sebelum akhirnya hadir di China dan kemudian di Jepang, Sushi yang saat ini kita sering nikmati datang dari Hanaya Yohei, seorang juru masak pada era Edo.

Menyia-nyiakan Kecap Sushi Dianggap Tidak Sopan

Cara makan memang merupakan salah satu sikap yang penting dalam kehidupan masyarakat Jepang kuno, salah satunya adalah dengan kecap Sushi. Jika seseorang terlalu banyak membuang kecap saat makan Sushi dikatakan sebuah sikap makan yang tidak sopan, cara terbaik untuk menikmati sushi adalah dengan menuangkan kecap sedikit demi sedikit.

Sushi Pernah Menjadi Barang Mahal

Jika pada bencana gempa 1923 dan perang dunia membuat Sushi menjadi makanan murah. Pada abad ke-8 justru sebaliknya, Sushi pernah menjadi sebuah hidangan yang sangat mahal dan berharga , bahkan sempat diizinkan untuk menggunakan Sushi sebagai alat pembayaran pajak kala itu.

5 Fakta Unik Mengenai Sushi

image : mashable.com

Itulah 5 fakta unik yang mungkin belum anda ketahui tentang hidangan Sushi.

%d bloggers like this: